Kumpulan Soal Kelompok Sosial dan Jawaban Terlengkap

Ditulis oleh: Soal dan Jawaban -
Soal Kelompok Sosial dan Jawaban - Mempelajari soal sering juga dijadikan tugas untuk siswa sebagai contoh untuk pembahasan sosiologi tentang kelompok sosial. Untuk menambah referensi belajar kali ini akan di share kumpulan soal tentang kelompok sosial dan jawaban (kunci jawaban).

Soal-soal sosiologi terlengkap ini akan dibuat dalam beberapa pembahasan agar lebih mudah dalam mempelajari soal tersebut, selain itu sobat pelajar juga akan dengan leluasa menyalin untuk dipelajari di rumah.

Sebelum kita lebih jauh berlatih dengan berbagai soal latihan untuk materi kelompok sosial ini maka ada baiknya sedikit kita ingat kembali apa yang dimaksud dengan kelompok sosial.

Seperti dilansir dari wikipedia, kelompok sosial adalah kumpulan manusia yang memiliki kesadaran bersama akan keanggotaan dan saling berinteraksi. Kelompok diciptakan oleh anggota masyarakat. Kelompok juga dapat memengaruhi perilaku para anggotanya.

Menurut Robert Bierstedt, kelompok memiliki banyak jenis dan dibedakan berdasarkan ada tidaknya organisasi, hubungan sosial antara kelompok, dan kesadaran jenis. Bierstedt kemudian membagi kelompok menjadi empat macam:
  1. Kelompok statistik, yaitu kelompok yang bukan organisasi, tidak memiliki hubungan sosial dan kesadaran jenis di antaranya. Contoh: Kelompok penduduk usia 10-15 tahun di sebuah kecamatan.
  2. Kelompok kemasyarakatan, yaitu kelompk yang memiliki persamaan tetapi tidak mempunyai organisasi dan hubungan sosial di antara anggotanya.
  3. Kelompok sosial, yaitu kelompok yang anggotanya memiliki kesadaran jenis dan berhubungan satu dengan yang lainnya, tetapi tidak terikat dalam ikatan organisasi. Contoh: Kelompok pertemuan, kerabat.
  4. Kelompok asosiasi, yaitu kelompok yang anggotanya mempunyai kesadaran jenis dan ada persamaan kepentingan pribadi maupun kepentingan bersama. Dalam asosiasi, para anggotanya melakukan hubungan sosial, kontak dan komunikasi, serta memiliki ikatan organisasi formal. Contoh: Negara, sekolah. (Sumber: Wikipedia)

Dengan kembali mengingat materi pelajaran ini maka tujuan dari latihan ini akan semakin lengkap dan sempurna karena pada hakekatnya latihan soal bertujuan untuk meningkatkan pemahaman kita terhadap berbagai materi yang sudah kita pelajari sebelumnya. Nah, untuk pendukungnya kita bisa juga mencari tambahan bahan referensi misalnya:

1) Download soal soal kelompok sosial
2) Contoh soal kelompok sosial
3) Makalah kelompok sosial
4) Macam-macam kelompok sosial
5) Kelompok sosial menurut para ahli
6) Syarat kelompok sosial
7) Kelompok sosial dalam masyarakat multikultural
8) Dinamika kelompok sosial

Sekarang, dengan tambahan di atas maka tidak ada alasan lagi bagi kita untuk tidak belajar lebih giat. Dengan berbagai dukungan materi dan bahan tersebut maka latihan seperti ini hanya akan menjadi pelengkap untuk evaluasi dan uji coba dari apa yang telah kita kuasai. Sudah siap, mari kita kerjakan berbagai soal tersebut!

A. Soal Pilihan Ganda Tentang Kelompok Sosial 

Jenis soal pertama yang akan dibahas melalui artikel kali ini adalah soal pilihan ganda. Beberapa soal pilihan ganda ini akan disajikan untuk sobat pelajar yang membutuhkan lengkap dengan kunci jawabannya. Agar tidak terlalu panjang, soal-soal tersebut saya bagi menjadi beberapa file sebagai berikut:
  1. 10 Soal Kelompok Sosial Dan Jawabannya 
  2. 20 Soal Latihan Kelompok Sosial 
  3. 40 Soal Sosiologi tentang Kelompok Sosial 
Masing-masing dari soal tersebut disediakan secara terpisah khusus untuk sobat pelajar jurusan IPS yang ingin berlatih dengan soal-soal latihan. Untuk melihat soal tersebut silahkan pilih soal yang diinginkan melalui tautan di atas dan cari tautan (link) untuk menyalin soal yang diinginkan.

Bagian pertama merupakan soal dengan tema kelompok sosial yang terdiri dari sepuluh soal latihan. Dengan 10 soal kelompok sosial tersebut maka kita bisa tes kemampuan dan pemahaman kita terhadap berbagai materi yang kita pelajari.

Pada bagian ketiga kita bisa mencari tahu bagian mana yang belum kita pahami dengan mencoba mengerjakan 20 soal latihan yang diberikan.

Semakin banyak soal maka kita akan semakin berlatih untuk menggunakan waktu secara efektif dalam mengerjakan setiap nomor soal.

Pada bagian ketiga akan ada 40 soal sosiologi yang itu berarti akan ada poin-poin yang berkaitan dengan tema materi yang kita butuhkan.

Berlatih dengan banyak latihan tentu bukan sesuatu yang buruk tetapi sebaliknya akan menambah wawasan kita. Jadi, jika sudah siap silahkan gunakan seluruh soal di atas untuk berlatih.

B. Kumpulan Soal Esai Kelompok Sosial 

Untuk soal esai, saya sementara ini hanya akan membagikan beberapa soal saja sebagai bahan latihan karena menurut saya soal esai sangatlah tidak dapat ditebak dan membutuhkan pendalaman materi yang cukup untuk mengerjakannya.

Untuk itu sobat dapat melengkapi beberapa soal pilihan ganda yang sudah ada dengan tipe soal ini agar variasi belajarnya lebih mantap lagi. Soal esainya sebagai berikut:
  1. 5 Soal Latihan Esai tentang Kelompok Sosial 
  2. 10 Soal Esai Kelompok Sosial dan Pembahasannya 
Pada bagian pertama latihan ini hanya akan diberikan latihan yang berjumlah 5 soal esai. Ini hanya untuk pemanasan untuk mengukur seberapa jauh pemahaman kita terhadap pelajaran ini.

Selanjutnya nanti kita akan berlatih dengan latihan yang lebih banyak dan semuanya dalam bentuk soal uraian atau esai.

Jika dimungkinkan saya tentunya akan memberikan beberapa soal lain agar referensi belajar sobat semua dapat lebih lengkap dan beragam. Untuk sementara ini saya rasa 15 soal esay dan jawabannya tentang kelompok sosial tersebut sudah lebih dari cukup.

Jika sobat pengunjung baru di blog ini mungkin sobat akan kaget dan merasa kecewa karena soal yang dibahas tidak ditemukan dalam uraian yang ada namun sobat tidak perlu khawatir dan risau apalagi kecewa.

Seluruh soal yang dibahas disini akan disajikan melalui tautan salin (download) sehingga uraian ini tidak terlalu panjang dan sobat juga bebas mempelajarinya di rumah masing-masing.

Soal tentang Kelompok Sosial dan Jawaban

Untuk soal kelompok sosial terlengkap ini juga demikian, sobat dapat meluncur langsung ke soal yang diinginkan untuk kemudian mencari tautan atau link untuk menyalin atau mendownload soal yang dibutuhkan. So, tunggu apa lagi, silahkan langsung pilih soal yang diinginkan dan salin selagi masih hangat, he e e e...