10 Soal Kelompok Sosial Dan Jawabannya

Ditulis oleh: Soal dan Jawaban -
Latihan yang akan kita kerjakan kali ini adalah latihan yang khusus untuk pelajar sekolah menengah atas (SMA). Latihan ini akan berkaitan dengan pelajaran sosiologi yaitu tentang soal tentang kelompok sosial. Maka dari itu soal-soal yang akan kita kerjakan berikut hanya soal khusus yang semuanya berkaitan dengan materi sosiologi tersebut.

Jadi bagi yang belum begitu paham dengan topik pembahasan ini bisa berlatih dengan latihan yang akan disiapkan. 

Untuk kawan pelajar yang sedang membutuhkan soal latihan khususnya soal tentang kelompok sosial, kali ini saya akan memberikan 10 soal sosiologi beserta jawaban, dimana soal ini akan membahas poin khusus saja.

Seperti tertera jelas pada judul latihan ini maka jumlah soal latihan yang akan kita kerjakan sudah ditentukan dan tidak lebih dari jumlah tersebut. Tapi sebelum itu jangan lupa untuk mencoba juga beberapa latihan lain yaitu:


Jangan kaget, hari ini dengan tema di atas kita akan belajar dan mengasah kemampuan kita di bidang pelajaran ini dengan latihan yang berbentuk soal pilihan ganda (pg). Jadi di latihan kali ini kita tidak akan berlatih dengan soal esai karena ini khusus untuk soal pg saja. 

Lain waktu mungkin akan diberikan latihan terpisah untuk soal-soal bentuk lainnya. Perlu diingat, latihan seperti ini akan efektif jika kita juga rajin belajar dan membaca berbagai materi yang dipelajari. Ya sudah, sekarang mari kita mulai belajar kita dengan soal berikut!

A. Soal Pilihan Ganda Kelompok Sosial

Materi kelompok sosial ini kalau tidak salah merupakan materi kelas xi sekolah menengah atas dimana siswa lebih mendalami mengenai kelompok sosial.

Dengan mempelajari soal ini rekan pelajar dapat meningkatkan pemahaman dan penguasaan yang lebih mendalam.

Nantinya rekan semua akan lebih mudah dalam menjawab soal-soal yang berkaitan dengan materi sosiologi kelompok sosial ini.

Baik saat ulangan harian, ujian tengah semester, ujian semester maupun ujian akhir. Sobat pelajar yang berminat, silahkan simak soal-soal tersebut dibawah ini. 

1. Kumpulan individu yang memiliki hubungan dan saling berinteraksi sehingga mengakibatkan tumbuhnya rasa kebersamaan dan rasa memiliki merupakan pengertian dari …
a. Stratifikasi sosial
b. Kelompok sosial
c. c. Deferensiasi sosial
d. d. Golongan sosial

2. Kelompok sosial adalah sejumlah orang yang saling berhubungan dalam sebuah struktur … merupakan pendapat dari …
a. Mayor Polak
b. Paul B. Horton
c. Wilo Huky
d. Robert K Merton

3. Menurut Ferdinand Tunnies, kelompok di dalam masyarakat dibedakan menjadi dua yaitu …
a. Gemeinschaft dan Gesselschaft
b. Gesselschaft dan Out Group
c. Primer dan sekunder
d. Mekanik dan organic

4. Prasangka yang tidak berdasarkan pada pengetahuan, pengalaman dan bukti yang memadai tentang seseorang dari daerah atau suku tertentu disebut …
a. Strereo sound
b. Stereo system
c. Antipati
d. Antagonis
e. Stereotip

5. Dasar manusia membentuk kelompok-kelompok disebut …
a. Gregatiousness
b. Gesselschaft
c. Gemeinschaft
d. Kelompok primer
e. Kelompok sekunder

6. Perhatikan beberapa ciri berikut!
a) Memiliki pola interaksi
b) Memiliki struktur
c) Memiliki pola prilaku yang sama

Merupakan ciri-ciri dari …
a. Kelompok sosial
b. Patembayan
c. Paguyuban
d. Individu
e. kelompok

7. Definisi kelompok sebagai kumpulan orang yang saling berinteraksi sesuai dengan pola yang telah mapan merupakan pendapat …
a. Soerjono Soekamto
b. Paul B Horton
c. Selo Sumarjan
d. Robert K Merton
e. Mayor Polak

8. Sejumlah orang yang mempunyai solidaritas berdasarkan nilai bersama dan memiliki kewajiban moral untuk menjalankan peran yang diharapkan di sebut …
a. Paguyuban
b. Kelompok sosial
c. Patembayan
d. System kemasyarakatan
e. Perkumpulan

9. Paul B Horton mendifinisakan kelompok sosial sebagai …
a. Kumpulan manusia secara fisik
b. Kumpulan manusia secara biologis
c. Kumpulan manusia secara kimiawi
d. Superorganik
e. Warisan biologis

10. Keterikatan dan ketergantungan antara manusia satu dengan yang lainnya mendorong manusia untuk membentuk kelompok-kelompok masyarakat yang disebut sebagai …
a. Patembayan
b. Budaya sosial
c. Kelompok sosial
d. Kelompok solidaritas organik
e. Kelompok solidaritas mekanik 

Pastinya bisa dikerjakan semua dong latihan di atas? Bagus kalau memang bisa semua, dan jika ada beberapa soal yang sulit maka sebaiknya di tandai saja.

Nanti setelah selesai berlatih kita akan cari jawaban dari soal-soal yang sulit tersebut di berbagai buku cetak maupun catatan yang kita miliki.

B. Kunci Jawaban 10 Soal di atas

Sudah selesai semua, tiba waktunya bagi kita untuk mengetahui seberapa bagus hasil yang sudah kita kerjakan. Untuk kunci jawaban dari 10 soal yang saya berikan di atas, silahkan sobat cocok kan hasil kerja sobat semua dengan jawaban dibawah ini.

Sebaiknya jangan terlalu percaya pada kunci jawaban yang ada di bawah, yang terpenting adalah kita berupaya semaksimal mungkin untuk memahami berbagai jawaban benar yang ada untuk masing-masing soal.

1. Kelompok sosial
2. Mayor Polak
3. Gemeinschaft dan Gesselschaft
4. Stereotip
5. Gregatiousness
6. Kelompok sosial
7. Robert K Merton
8. Perkumpulan
9. Kumpulan manusia secara fisik
10. Kelompok sosial

Jawaban di atas bisa juga sekaligus kita jadikan bahan belajar dan sarana untuk mengukur pemahaman yang kita miliki. Bagaimanakah jawaban tersebut menurut kita, apakah benar atau salah?

Apakah kita benar-benar memahami jawaban dari setiap soal tersebut? Pastikan kita mengecek jawaban benar sesuai pada buku pelajaran yang dimiliki.


Demikian 10 Soal Kelompok Sosial Dan Jawabannya untuk materi sosiologi kelompok sosial, semoga dapat menambah referensi belajar sobat semua. Jangan lupa untuk membagikan juga beberapa soal tersebut kepada rekan lain yang membutuhkan. Pastikan untuk berkunjung lagi besok dengan berbagai latihan terbaru yang penting untuk kita pelajari. Itu saja, selamat berlatih!