5 Soal Latihan Esai tentang Kelompok Sosial

Ditulis oleh: Soal dan Jawaban -
Untuk melengkapi soal latihan sosiologi yang telah dibahas kali ini akan diberikan contoh soal esai beserta jawabannya untuk latihan pendalaman materi. Pada soal dan jawaban tersebut kita hanya akan membahas beberapa soal saja yaitu hanya berjumlah 5 soal latihan.

Soal latihan ini diharapkan bisa meningkatkan pemahaman kita terhadap materi yang sudah pernah kita pelajari sebelumnya.

Sebenarnya latihan kali ini adalah latihan untuk mata pelajaran sosiologi sma namun demikian jika ada rekan lain yang bukan dari sma misalnya smk atau ma bisa juga menggunakan latihan ini sebagai bahan belajar pendukung.

Jadi tidak hanya siswa sekolah menengah saja melainkan semua yang ingin tahu lebih banyak mengenai materi kelompok sosial maka bisa juga memanfaatkannya sebagai bahan belajar. Selain materi ini ada juga beberapa materi lain yang juga bisa kita pelajari yaitu:


Dengan beberapa tambahan di atas maka Soal Esai tentang Kelompok Sosial ini bisa lebih lengkap lagi sebagai bahan belajar pelajaran sosiologi yang kita butuhkan. Sekarang mari kita kerjakan soal tersebut selengkapnya di bawah ini.

5 Soal esai tentang kelompok sosial

Tidak banyak, hanya berjumlah 5 soal jadi tidak akan membuat kita pusing, tidak percaya? Berikut soal latihan esai untuk sobat semua yang sedang mendalami materi sosiologi mengenai kelompok sosial. Silahkan dikerjakan dengan baik.
  1. Kelompok sosial terbagi menjadi 2 bagian yaitu ...
  2. Menurut Charles Horton Cooley kelompok sosial dibedakan menjadi Kelompok Primer dan Kelompok Sekunder. Sebutkan pengertiannya dan berikan contoh!
  3. Kelompok Formal adalah ...
  4. Kelompok Informal adalah ...
  5. Berikan contoh untuk Kerumunan yang berlawanan dengan norma hukum (Lawless Crowd)
Jika ada salah satu soal yang dianggap sulit atau tidak bisa diselesaikan dengan baik maka yang perlu kita lakukan adalah mencari informasi berkaitan pada buku cetak atau catatan yang kita miliki. Langkahnya adalah untuk mencari penjelasan yang mengarah pada soal tersebut untuk kemudian memahaminya.

Kunci Jawaban 5 Soal Esai Sosiologi

Kalau sudah mencoba mengerjakan soal latihan di atas silahkan bandingkan dengan jawaban yang saya punya dibawah ini.
  1. Kelompok Sosial Teratur dan Kelompok Sosial tak teratur
  2. Kelompok Primer Adalah suatu kelompok dimana para anggota mengenal sesama anggota, kerjasama erat dan bersifat pribadi dimana interaksi sosial dilakukan secara Face to face. Contoh: antar satu divisi dalam suatu perusahaan. Kelompok Sekunder Adalah kelompok sosial yang terdiri dari banyak orang antara siapa hubungannya tidak perlu berdasarkan pengenalan secara pribadi dan sifatnya tank begitu langgeng. Contoh: antar divisi dengan divisi lain di perusahaan
  3. Suatu kelompok yang mempunyai peraturan yang tegas dan sengaja diciptakan oleh anggotanya untuk mengatur anggotanya. Contoh: Perkumpulan Dokter Gigi Indonesia (PDGI)
  4. Suatu kelompok yang memiliki struktur keanggotaan tertentu, terbentuk secara btak sengaja karena pertemuan yang berulang-ulang. Contoh: Arisan Ibu-ibu
  5. Kerumunan yang bersifat emosional, Contoh Demonstrasi Ricuh dan Kerumunan yang bersifat im-moral, Contoh: Kumpulan orang mabuk
Pada soal pertama kita diminta untuk menyebutkan, hanya menyebutkan mengenai dua bagian kelompok sosial, maka dari itu jawabannya adalah kelompok sosial teratur dan kelompok sosial tak teratur.

Selanjutnya pada soal kedua kita diminta untuk menyebutkan pengertian dari kelompok primer dan kelompok sekunder. Maka jawabannya kita akan menyebutkan saja pengertian pembagian dua kelompok sosial tersebut.

Pada soal ketiga dan keempat berturut-turut kita diminta untuk menyebutkan juga mengenai definisi atau pengertian yaitu pada soal nomor 3 kita diminta menyebutkan pengertian kelompok formal dan pada soal nomor 4 kita diminta untuk menyebutkan pengertian kelompok informal.


Pada soal terakhir kita diminta untuk menyebutkan contoh untuk kerumuman yang berlawanan dengan norma humum khususnya menurut Lawless Crowd. Jadi pada soal ini kita akan menyebutkan contohnya saja tanpa perlu menjelaskannya. 

Semoga latihan soal kali ini mengenai soal esai kelompok sosial dapat bermanfaat bagi sobat pelajar semua. Jangan lupa untuk sering-sering berkunjung ke blog ini.