Soal TIK Kelas 4 SD dan Jawaban

Ditulis oleh: Soal dan Jawaban -
Soal TIK Kelas 4 SD dan Jawaban - Hari ini kita akan berlatih dengan soal TIK SD yaitu khusus untuk pelajar kelas 4. Latihan kali ini akan terdiri dari 10 soal tik yang semua soal tersebut merupakan soal isian. Soal ini bisa digunakan untuk bahan latihan dan juga untuk menguji kemampuan kita dalam pelajaran yang telah di pelajari sebelumnya.

Hanya sepuluh soal tapi tentu tidak segampang itu dikerjakan kecuali jika kita memang sebelumnya sudah giat belajar.

Latihan berikut dapat dikatakan merupakan sarana kita untuk mengetahui sejauh mana kemampuan yang telah di miliki. Setelah setiap hari belajar maka giliran kita ukur seberapa jauh yang kita ingat dengan mengerjakan soal latihan ini.

Inti dari latihan ini bertujuan untuk mengingatkan kembali beberapa materi terdahulu agar kita lebih paham, maka dari itu latihan sudah disertai dengan kunci jawaban yang bisa dipahami benar salahnya. Supaya tidak terlalu lama mari kita kerjakan langsung Soal TIK Kelas 4 tersebut!

Pada soal pertama kita diminta untuk menyebutkan nama perangkat komputer yang tidak bisa kita lihat langsung dan tidak dapat kita sentuh. Pada soal kedua kita diminta untuk menyebutkan contoh sistem operasi yang di gunakan dalam komputer.

Selanjutnya, pada soal nomor 3 kita diminta untuk memberikan contoh sistem aplikasi yang ada di komputer. Pada soal ke empat kita diharuskan menyebutkan perangkat lunak yang digunakan untuk pengolahan kata, sedangkan di soal nomor 5 kita diminta menyebutkan pengolah kata selain microsoft.

Pada soal ke enam kita diminta untuk menyebutkan menu bar pada program microsoft word 2007 secara lengkap, soal nomor 7 meminta kita untuk menyebutkan letak menu save/save as pada menu bar mana.

Di soal ke delapan kita harus menyebutkan menu clip board terletak di menu bar apa. Selanjutnya pada soal ke sembilan kita diminta untuk menyebutkan letak page setup dapa menu bar.

Pada soal terakhir, masih sama dengan soal sebelumnya kita juga diminta untuk menyebutkan menu footnote terletak atau terdapat dalam menu bar apa.

Latihan Soal TIK Kelas 4 SD
Isilah titik-titik dibawah ini dengan benar!
  1. Perangkat komputer yang tidak terlihat langsung oleh indera penglihatan kita disebut .....
  2. Perangkat lunak untuk sistem operasi contohnya .....
  3. Perangkat lunak untuk sistem aplikasi contohnya .....
  4. Perangkat lunak pengolah kata contohnya .....
  5. Perangkat lunak pengolah kata yang bukan buatan Microsoft .....
  6. Menu bar Microsoft Word 2007 terdiri dari .....
  7. Save/Save As sub menu yang terdapat pada menu bar .....
  8. Clip board merupakan sub menu dalam menu bar .....
  9. Page setup terdapat dalam menu bar .....
  10. Footnote terdapat dalam menu bar .....

Itulah latihan yang harus kita kerjakan untuk sesi kali ini. Silahkan dikerjakan dengan baik menurut kemampuan masing-masing.

Tidak perlu mencontek dan melihat catatan, kerjakan saja sesuai yang kita bisa karena nanti setelah selesai kita akan membahasnya satu persatu apa jawaban soal latihan tersebut.

Jawaban Soal TIK Kelas 4 SD
Kalau sudah dikerjakan semua kita bisa mencatat berapa soal yang bisa dikerjakan dan berapa yang tidak. Setelah itu kita bisa mencocokkan hasil tersebut dengan jawaban yang ada di bawah ini. Berikut adalah kunci jawaban untuk soal latihan di atas. 
  1. Software
  2. Windows
  3. Winamp
  4. Microsoft Word 
  5. Abiword
  6. Menu Home, Menu Insert, Menu Page Layout, Menu Reference, Menu Mailings, Menu Review, Menu View
  7. File
  8. Insert
  9. Page Layout
  10. Insert

Dalam melakukan pengecekan yang perlu diingat adalah kita harus memahami apa jawaban dari masing-masing soal di atas. Bagaimana caranya?

Caranya adalah dengan membuka kembali berbagai catatan dan buku cetak yang kita miliki. Cari tahu apakah jawabannya benar atau tidak kemudian pahami dengan bantuan penjelasan pada buku catatan kita.


Dengan begitu maka latihan soal TIK SD Kelas 4 atau soal ulangan sd ini bisa memberikan hasil yang maksimal karena kita bisa lebih banyak memahami berbagai materi yang kita pelajari tersebut.

Sekarang, setelah selesai belajar dengan Soal TIK Kelas 4 SD dan Jawaban di atas jangan lupa untuk mengerjakan juga beberapa latihan lain di bagian bawah. Di bagian bawah ada beberapa soal pelajaran komputer lainnya yang bisa kita kerjakan. Itu saja, selamat belajar!