Soal Ujian Nasional (UN) SMA Baru Lengkap

Ditulis oleh: Soal dan Jawaban -
Dalam rangka mempersiapkan ujian nasional untuk sekolah menengah atas (SMA), kali ini kita akan melengkapi soal dan pembahasan yang ada dengan soal ujian nasional SMA yang baru dan lengkap. Meski sudah banyak dibahas dan dibagikan di media online.

Namun untuk soal ujian nasional kali ini, saya akan mencoba memberikan ulasan yang sedikit berbeda dari yang telah ada agar lebih baru dan lengkap lagi untuk bahan dan sumber belajar dan persiapan UN.

Mudah-mudahan dengan latihan soal-soal seperti ini dapat meningkatkan percaya diri dan tentunya hasil yang lebih optimal lagi.

Sebelum kita lebih jauh membahas masalah ini perlu ditegaskan bahwa soal yang akan kita pelajari berikut ini adalah soal-soal latihan saja dan sama sekali bukan soal yang akan kita kerjakan untuk ujian nanti.

Soal latihan ini hanya sebagai sarana bagi kita untuk meningkatkan pemahaman berbagai materi yang sudah kita pelajari sebelumnya. 

Jadi jangan sampai ada yang salah dan beranggapan yang berbeda. Dengan berlatih mengerjakan berbagai latihan ini diharapkan kita bisa lebih mahir dalam menjawab soal.

Cepat dalam menggunakan waktu yang disediakan dan paham dengan berbagai materi yang telah kita pelajari sebelumnya. Untuk mendukung proses latihan ini agar hasilnya lebih baik jangan lupa juga untuk membuka kembali berbagai catatan yang dimiliki.

A. Persiapan UN SMA Baru dan Lengkap 

Berlatih dengan soal-soal ujian bukanlah satu-satunya persiapan yang harus dilakukan oleh sobat pelajar SMA. Masih banyak hal lain yang tak kalah penting yang juga harus dilakukan guna memantapkan persiapan test ujian ini.

Meski bukan hal yang baru, namun saya yakin persiapan tidak akan lengkap jika tidak didukung dengan berikut. Saya merasa perlu untuk mengingatkan sobat semua tentang beberapa hal penting ini.

Beberapa hal lain yang juga harus diperhatikan oleh sobat pelajar sebelum menghadapi test UN adalah sebagai berikut:

Kesiapan Mental
Kesiapan mental yang saya maksud disini adalah bahwa sobat pelajar yang akan mengikuti ujian hendaknya menghilangkan dan atau mengendalikan segala jenis emosi buruk yang dapat mempengaruhi dan mengganggu kegiatan ujian.

Apabila sedang mengalami emosi yang buruk hendaknya sobat belajar dan berusaha untuk menekan dan menghilangkannya sesegera mungkin. Beberapa emosi yang dapat mengganggu proses ujian nasional seperti marah, depresi, rasa takut yang berlebihan, putus asa dan lain-lain.

Kesiapan Fisik
Selain mengendalikan emosi sebelum menghadapi ujian agar dapat mengerjakan soal dengar pikiran jernih sobat pelajar juga harus menjaga kesiapan fisik yaitu kesehatan tubuh.

Sudah banyak sekali kasus dimana seorang siswa gagal lulus ujian dan atau bahkan tidak dapat mengikuti ujian dikarenakan sakit atau mengalami hal buruk yang berkaitan dengan fisik seperti kecelakaan.

Untuk mempersiapkan ujian ini hendaknya sobat sedikit lebih berhati-hati dalam beraktivitas agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan yang dapat mengganggu kegiatan UN SMA yang akan diikuti.

B. Cuplikan Contoh Soal Ujian Nasional 

Sebagai perbandingan dan sumber belajar berikut ini silahkan dipelajari sebuah cuplikan contoh soal untuk ujian nasional. Cuplikan berikut merupakan contoh soal dari tahun sebelumnya yang merupakan soal untuk mata pelajaran bahasa Inggris. Berikut selengkapnya latihan tersebut!

Text (For questions no 1-3)
On Wednesday, my students and I went to Yogyakarta. We stayed at Dirgahayu hotel which is not far from Malioboro.

On Thursday, we visited the temples in Prambanan. There are three big temples, the Brahmana, Syiwa and Wishnu Temples. They are really amazing. We visited only Brahmana and syiwa temples because Wisnu temple is being renovated

On Friday morning, we went to Yogyakarta keraton. We spent two hours there. we were lucky because we led by a smart and friendly guide. Then we continued our journey to Borobodur. We arrived there at 4 pm. At 5 p.m we heard an announcement that Borobudur gate was closed. In the evening, we left for Jakarta by Wisata bus. (Kumpulan Soal dan Jawaban)

1. The text mainly discusses ….
a. the writer’s trip to Yogyakarta
b. the writer’s first visit to Prambanan
c. the writer’s impression about the guide
d. the writer’s experience at Yogyakarta keratin
e. the writer’s impression about Borobudur

2. Which temple is being renovated?
a. Syiwa
b. Wisnu
c. Brahma
d. Borobudur
e. Syiwa and wisnu

3. Which of the following statement is TRUE?
a. the writer and the students went to Yogyakarta for having a research
b. the writer went to Borobudur first and then to keraton
c. the writer was very disappointed with the guide
d. Malioboro is very far from Dirgahayu Hotel
e. the writer left for Jakarta on Friday

Text (For questions no 4 - 6)
A fox fell into a well and couldn’t get out. By and by a thirsty goat comes along. Seeing the fox in the well, it asked if the water was good. “Good,” said the fox,” it’s the best water I’ve tasted in all my life. Come down and try it yourself”.

The goat was thirsty so he got into the well. When he had drunk enough, he looked around but there was no way to get out. Then the fox said,” I have a good idea. You stand on your hind legs and put your forelegs against the side of the well. Then, I’ll climb on your back. From there, I’ll step on your horns and I can get out. And when I’m out. I’ll help you out of the well.”

The goat did as he was asked and the fox got on his back and climbed out of the well. Then he coolly walked away. The goat called out loudly after him and reminded him of his promise to help him out. The fox merely turned to him and said,” If you only had thought carefully about getting out, you wouldn’t have jumped into the well “.

The goat felt very sad. He called out loudly. An old man walking nearby heard him and put a plank into the well. The goat got out and thanked to the old man

4. The text tells the story of ….
a. a fox
b. a goat
c. a fox and a goat
d. an old man and the fox
e. the goat and an old man

5. Paragraph two mainly tells ….
a. how the fox helped the goat
b. why the fox got into the well
c. how the fox got out of the well
d. the fox’s idea to get out of the well
e. how both the goat and the fox got out of the well

6. “The goat did as he was asked ….” (p.3) 
What does the above sentence mean?
a. The goat drunk enough and looked around 
b. The goat came down to the well and drank
c. The goat called out loudly after the fox got out
d. The goat waited someone who might help him
e. The goat stood on his hind legs and put his forelegs against the side of the well

C. Kumpulan Contoh Soal Ujian Nasional 

Guna memenuhi sebagian sumber referensi belajar melalui soal sobat dapat mengikuti beberapa ulasan penting mengenai soal ujian nasional.

Saya secara khusus telah merangkum kumpulan beberapa ulasan berikut untuk persiapan latihan soal. Ulasan-ulasan mengenai contoh soal tersebut sebagai berikut:
  1. Soal Ujian SMA Tahun Lalu
  2. Salin Contoh Soal dan Pembahasan Ujian Nasional SMA 
  3. Kisi – Kisi Soal Ujian Nasional SMA 
  4. Soal Ujian Nasional SMA IPS 
  5. Soal Ujian Nasional SMA IPA 
Bagi sobat yang hendak mempersiapkan ujian dengan berlatih soal dan jawaban dapat melihat beberapa pembahasan di atas.

Melalui Soal Ujian Nasional (UN) SMA Baru Lengkap tersebut saya berusaha mengumpulkan beberapa referensi tambahan guna proses persiapan yang sedang dilakukan oleh sobat semua.


Semoga dengan mengikuti pembahasan-pembahasan diatas sobat dapat lebih percaya diri dalam menghadapi ujian dan mendapatkan hasil yang memuaskan sesuai harapan masing-masing.