Membahas Soal Ujian Nasional SMA Tahun Lalu

Ditulis oleh: Soal dan Jawaban -
Mempersiapkan diri dengan soal - soal ujian nasional SMA dari tahun lalu kan penting juga. Pada pembahasan kali ini saya akan mencoba mengetengahkan uraian mengenai soal ujian sma untuk tahun-tahun yang telah lewat atau tahun lalu. 


Uraian ini dimaksudkan untuk mengingatkan sobat pelajar sekolah menengah atas (SMA) untuk mempersiapkan diri dalam menghapapi ujian nasional atau UNAS (UN)/UNBK dengan banyak berlatih mengenai soal-soal ujian dan latihan soal lainnya. 

Ada beberapa soal tahun lalu yang akan dibahas disini, silahkan simak selengkapnya pembahasan soal ujian sma berikut. (Kumpulan Soal dan Jawaban)

A. Kumpulan Soal Ujian Tahun Lalu 

Ada banyak contoh-contoh yang sudah dibahas di situs ini. Maka dari itu dibuat sebuah koleksi tersendiri agar lebih mudah. Pertama-tama silahkan disimak ulasan yang saya berikan untuksoal ujian tahun lalu dalam bentuk kumpulan soal dengan uraian singkatnya berikut.

Soal Ujian Nasional Tahun 2011/2012
Pada pembahasan ini saya akan membahas dan memberikan sidikit contoh soal untuk tahun pelajaran 2011/2012 yang telah lewat. Jika sobat berminat maka sebaiknya sobat menyimak ulasannya secara detail.

Di dalam pembahasan tersebut sobat akan mendapatkan banyak informasi bermanfaat yang dapat dipergunakan untuk mempersiapkan UAN atau ujian nasional. 

Di sana, sobat setidaknya mungkin akan menemukan sedikit contoh atau cuplikan soal ujian, tautan untuk menyalin soal-soal tahun lalu dan informasi lain yang saya rasa layak untuk sobat ketahui.

Selain itu, saya juga selalu mengusakan untuk tidak lupa membahas dan atau membagikan kunci jawaban atau pembahasan pada setiap soal yang ada. Jadi, jangan sampai sobat melewatkan soal ujian untuk tahun 2011/2012 tersebut.

Soal Ujian Nasional Tahun 2010/2011
Sama seperti pembahasan sebelulmnya pada pembahasan untuk soal tahun 2010 ini tentunya sobat akan mendapatkan contoh soal yang dapat dipejari di rumah. Selain itu juga akan disediakan link download soal-soal yang ada serta kunci dan pembahasan yang beredar.

Jika saya memang tidak dapat memberikan informasi-informasi yang menurut saya penting tersebut, sobat juga tidak perlu khawatir karena saya pastikan bahwa saya setidaknya akan berusaha memerikan beberapa alternatif yang dapat dilakukan guna mempersiapkan ujian dengan mata seperti misalnya memberikan alternatif referensi untuk pembahasan soal dan atau download soal.

Soal Ujian Nasional Tahun 2009/2010
Untuk soal ujian yang diujikan pada tahun 2009 kebawah kemungkinan besar saya akan langsung memberikan tautan salin soal yang dapat digunakan untuk menyalin soal yang ada dan tidak terlalu banyak memberikan uraian-uraian lain. Jadi, sobat dapat langsung mempelajarinya di tempat masing-masing.

Soal Ujian Nasional Tahun 2008/2009
Soal tahun 2008/2009 mungkin akan menjadi paket soal ujian terakhir untuk sementara ini yang akan saya bahas. Hal ini dikarenakan data base soal dan jawaban yang sedang disusun masih terlalu banyak, jadi, mohon pengertian dan kesabarannya. 

Meski demikian tidak menutup kemungkinan saya akan memberikan ulasan untuk soal-soal tahun lalu yang lain selain soal dari tahun-tahun yang sudah dibahas tersebut. Mohon doanya agar semua yang saya usahakan ini lancar tanpa halangan apapun.

Dengan adanya latihan soal dari soal ujian tahun lalu ini saya berharapa uraian saya mengenai Soal Ujian Nasional (UN) SMA Baru Lengkap dapat benar-benar bermanfaat dan lengkap sehingga ikut membahantu dan peran dalam mencerdaskan generasi penerus bangsa. 

Untuk sobat pelajar semua, agar yang saya lakukan tidak sia-sia maka tetaplah semangat dan rajin belajar agar memperoleh nilai maksimal dan tidak mengencewakan. 

Cara untuk mendapatkan contoh tersebut bagaimana? Silahkan cari menggunakan kotak pencarian. Atau, bisa langsung melihat koleksinya melalui kategori soal ujian. Ada banyak pilihan disana. 

B. Pembahasan Soal Ujian Nasional SMA 

Selain menggunakan soal terdahulu sebagai sarana mengukur kemampuan juga bisa untuk pendalaman materi. Makanya banyak yang mengajak untuk membahas soal-soal tersebut. Kita pun demikian. 

Pada kesempatan lain saya juga telah membahas soal ujian nasional untuk sobat SMA. Akan dibagikan soalnya berikut pembahasan soal sekaligus jawabannya. Makanya jangan sampai ketinggalan ya. Rincian pembahasannya sebagai berikut.


Jika dirasa perlu, silahkan langsung meluncur ke pembahasan yang dipilih untuk mempelajari soal-soal yang disediakan. Bisa dipilih untuk soal yang mana yang akan dipelajari lebih dalam. Dengan mengikuti pembahasan tentunya diharapkan pemahaman kita bisa lebih baik lagi.

Dengan pemahaman yang lebih baik maka pada akhirnya kita akan lebih percaya diri dalam menghadapi ujian akhir kelulusan. Bisa lulus dengan hasil yang bagus tentu menjadi harapan semua bukan?