Membahas Soal Ujian Sekolah Tahun 2003

Ditulis oleh: Soal dan Jawaban -
Ujian sekolah (uas) atau ujian kelulusan adalah salah satu momen penting yang harus dipersiapkan secara mendalam. Benar bahwa nantinya sistem ujian nasional akan dirubah tetapi tetap saja kita harus memastikan bahwa apa yang kita pelajari tidak hilang ditelan waktu.

Hasil belajar harus membekas. Konsep ilmu harus tertanam dalam. Maka dari itu sebagai siswa tentu kita harus berusaha sebaik mungkin. Tetap menggali ilmu sebanyak dan sedalam mungkin. 

Ini bukan hanya masalah pengambilan nilai atau penilaian. Ini juga dapat digunakan sebagai ajang introspeksi diri terhadap sistem belajar yang telah kita terapkan. 

Ini adalah akhir tapi bukan yang terakhir yang dapat saya berikan berkaitan dengan soal ujian sekolah. Kali ini soal UAS tahun 2003 menjadi penutup pembahasan pada kelompok soal ujian sekolah untuk SMA yang telah dibahas. 

Pada pembahasan soal ujian sekolah 2003 ini saya tidak dapat menyertakan pembahasan secara langsung dan juga download soal ujiannya. Lain waktu akan saya update lebih lengkap lagi, nah sekarang silahkan pelajari beberapa soal pelajaran dibawah ini sebagai permulaan.

A. Koleksi Pembahasan Soal 2003

Ada banyak referensi yang bisa dimanfaatkan sebagai media belajar online. Soal-soal yang dulu pernah diberikan. Tentunya bisa gunakan. Untuk sekedar menguji dan mengukur kemampuan. Atau untuk bahan informasi tambahan.

Pada bagian ini akan diberikan beberapa tambahan referensi untuk rekan semua. Nanti rekan pelajar semua bisa memilih mana yang akan dipelajari. 

Tapi, sebelum kita mulai memilih kita juga bisa melakukan pemanasan dengan mengerjakan beberapa latihan berikut. Di bawah ini ada lima buah soal (untuk cuplikan) yang bisa langsung dikerjakan. Silahkan dicoba ya.


Di atas merupakan salah satu contoh soal yang bisa digunakan untuk latihan bersama. Kalau tidak salah, jumlah soal seluruhnya ada sekitar 40 soal. Untuk pelajaran mtk di atas. Pelajaran lainnya bagaimana?

Ada, selain matematika juga ada banyak latihan lain. Yang mau berlatih fisika, ada. Yang kimia ada, yang bahasa Indonesia ada. Pokoknya lengkap. Kalau yang membutuhkan silahkan langsung dipilih saja melalui tautan yang disediakan dibawah ini. 

  1. Matematika
  2. Fisika
  3. Kimia
  4. Biologi
  5. Ekonomi
  6. Bahasa Indonesia
  7. Bahasa Inggris
  8. PKN 

Banyak bukan? Ya banyak. Tapi bukan hanya untuk dipilih saja. Silahkan digunakan sebagai bahan latihan untuk persiapan mengikuti ujian. Tahun ini ujiannya agak berbeda. Ujian berbasis komputer tetapi kan sudah disiapkan dengan baik. 

B. Kumpulan Soal Ujian Sekolah

Selain soal-soal diatas, saya mengingatkan kepada rekan semua bahwa pembahasan soal ini merupakan rangkaian pembahasan mengenai kumpulan soal ujian sekolah. Karena itu rekan dapat melihat soal-soal ujian lainnya melalui beberapa link dalam pembahasan sebelumnya sebagai berikut:
  1. Soal Ujian Sekolah Tahun 2007
  2. Soal Ujian Sekolah Tahun 2006
  3. Soal Ujian Sekolah Tahun 2005
  4. Soal Ujian Sekolah Tahun 2004
  5. Soal Ujian Sekolah Tahun 2003
Selain itu rekan pelajar juga dapat melihat koleksi soal lainnya yang dikategorikan berdasarkan jenjang sekolahnya. Siapa tahu rekan juga memiliki adik atau kakak yang membutuhkan soal-soal latihan serupa. Soal lainnya silahkan lihat juga berikut:
  1. Soal Ujian Sekolah SD
  2. Soal Ujian Sekolah SMP
  3. Soal Ujian Sekolah SMA
Akhirnya selesai juga berbincang panjang lebar mengenai soal ujian akhir sekolah, lelah tidak akan terasa jika rekan dapat mengambil manfaat dari apa yang dibahas pada blog ini, dan mendapatkan hasil yang memuaskan. Salam belajar dan semoga sukses menjadi orang yang berguna bagi nusa bangsa dan Negara…