40 Soal Sosiologi tentang Kelompok Sosial

Ditulis oleh: Soal dan Jawaban -
Berikut adalah soal pilihan ganda tentang kelompok sosial terakhir yang akan dibagikan dari blog ini. Soal ini berjumlah 40 soal dengan kunci jawaban, semoga dapat memberikan referensi untuk latihan di rumah.

Ada yang suka dengan pelajaran ini? Ya, pelajaran sosiologi adalah salah satu pelajaran yang cukup menarik. Lebih santai karena kita tidak terlalu berkaitan dengan angka-angka. Jadi lebih santai. Seperti apa ya?

Yang jelas kita tidak akan membahas secara keseluruhan. Kita hanya akan belajar untuk latihan-latihan yang berhubungan dengan materi tertentu. Materi yang dipilih kali ini adalah tentang kelompok sosial.

Duh, ada yang sudah semangat itu. Ya, bagus. Artinya kita semangat belajar dan ingin bisa. Mudah-mudahan semangat ini terus berkobar sampai kita sukses.

A. Sekilas Mengenai Soal Sosiologi Kelompok Sosial

Kelompok sosial merupakan salah satu materi sosiologi yang harus dipelajari oleh sobat pelajar sma, selain tentang kelompok sosial masih ada materi lain yang harus dipelajari dan dipahami. 

Namun kali ini kita akan membahas secara khusus soal mengenai materi kelompok sosial untuk menguji pemahaman sobat semua mengenai materi yang sudah diajarkan.

Agar mendapatkan gambaran beberapa soal yang dapat dikerjakan berikut silahkan sobat pelajar baca beberapa cuplikan dan contoh dari soal sosiologi yang akan dibahas secara lengkap disini. Berikut sekilas soal yang akan kita pelajari secara mendalam.

1. Prasangka menurut Bonton memiliki makna yang hampir serupa dengan istilah …
a. Antagonis dan antipati
b. Protogonis dan melankoli
c. Gossip dan simpati
d. Animisme dan antipati
e. Anarkisme dan simpati

2. Robert K Merton menyebutkan 3 kriteria suatu kelompok dan salah satunya adalah …
a. Memiliki pola interaksi
b. Adanya kesadaran dari kelompok yang bersangkutan
c. Bersistem dan berproses
d. Adanya hubungan timbal balik
e. Adanya suatu faktor pengikat suatu kelompok

3. Prasangka yang tidak berdasarkan pada pengetahuan, pengalaman dan bukti yang memadai tentang seseorang dari daerah atau suku tertentu disebut …
a. Strereo sound
b. Stereo system
c. Antipati
d. Antagonis
e. Stereotip

4. Sejumlah orang yang mempunyai solidaritas berdasarkan nilai bersama dan memiliki kewajiban moral untuk menjalankan peran yang diharapkan di sebut …
a. Paguyuban
b. Kelompok sosial
c. Patembayan
d. System kemasyarakatan
e. Perkumpulan

5. a) Memiliki pola interaksi
b) Memiliki struktur
c) Memiliki pola prilaku yang sama

Merupakan ciri-ciri dari …
a. Kelompok sosial
b. Patembayan
c. Paguyuban
d. Individu
e. kelompok

6. Kumpulan individu yang memiliki hubungan dan saling berinteraksi sehingga mengakibatkan tumbuhnya rasa kebersamaan dan rasa memiliki merupakan pengertian dari …
a. Stratifikasi sosial
b. Kelompok sosial
c. Deferensiasi sosial
d. Golongan sosial

Pada soal yang akan dibagikan sobat pelajar akan memiliki kesempatan untuk mengerjakan soal sebanyak 40 soal pilihan ganda yang lengkap dengan kunci jawaban untuk didiskusikan.

B. Salin Download 40 Soal tentang Kelompok Sosial

Langsung saja silahkan sobat yang membutuhkan soal tentang kelompok sosial ini untuk mendownload (salin) soal lengkapnya melalui tautan berikut.

40 Soal tentang Kelompok Sosial


Masih banyak soal-soal lain yang akan dibagikan melalui blog ini, jadi bagi sobat yang konsisten dengan latihan soal untuk meningkatkan penguasaan materi pelajaran silahkan sering-sering berkunjung ke blog ini. 


Blog ini akan selalu di update untuk memberikan referensi terlengkap untuk soal dan jawaban yang dibutuhkan. Bukan hanya pelajaran sosiologi, tetapi semua pelajaran akan diusahakan. Supaya lengkap dan mudah belajarnya.