Kumpulan Soal Ujian Sekolah SMA dan Pembahasan

Ditulis oleh: Soal dan Jawaban -
Saat-saat mendekati kegiatan ujian sekolah biasanya banyak rekan siswa yang membutuhkan berbagai contoh soal ujian dari tahun-tahun sebelumnya. Berbagai contoh soal tersebut biasanya digunakan untuk belajar dan mempersiapkan diri untuk menghadapi ujian tersebut.

Karena sebelumnya di situs ini juga sudah banyak di bahas berbagai contoh tersebut maka kali ini akan kita rangkum berbagai kumpulan soal ujian sekolah (UAS) tersebut dalam satu pembahasan.

Karena ujian sekolah sudah sangat dekat, maka tidak ada salahnya jika meluangkan sedikit waktu untuk melihat beberapa kumpulan soal ujian sekolah untuk sekolah menengah atas (SMA). Jika mungkin dengan berbagai soal tersebut rekan pelajar dapat mempelajari pembahasan soalnya juga.

Dengan pembahasan ini rekan pelajar akan dihantarkan untuk melihat beberapa koleksi soal ujian sekolah dan juga kumpulan soal dan pembahasan yang dapat dipergunakan sebagai latihan dan tes kemampuan yang dimiliki.

Pada pembahasan kita kali ini, saya akan memberikan sedikit gambaran mengenai kumpulan soal yang dapat dipelajari dan juga mengenai tempat mendownload atau salin naskah ujian yang dapat kita jadikan latihan.

A. Kumpulan Soal Ujian Sekolah SMA 

Mungkin rekan telah banyak mendapatkan kumpulan soal ujian sekolah, namun untuk lebih memberikan banyak referensi, jika masih dimungkinkan, rekan dapat melihat-lihat dan mempelajari beberapa kumpulan soal ujian sma yang ada dibawah ini:
  1. Contoh Soal dan Pembahasan Ujian Sekolah
  2. Prediksi Soal Ujian Sekolah SMA
  3. Kumpulan Soal Ujian Sekolah Online

Selain tiga buah pembahasan di atas sebenarnya masih banyak lagi pembahasan lain yang khusus berisi berbagai latihan-latihan untuk persiapan uas.

Sebagian ada yang terdiri dari berbagai soal terdahulu saja tanpa dilengkapi dengan kunci jawaban dan sebagian lagi ada yang sudah dilengkapi dengan jawaban dan bahkan pembahasannya sekaligus.

Bagi rekan yang ingin mempersiapkan diri menghadapi ujian kelulusan dan atau ujian kenaikan kelas bisa mencari sendiri berbagai soal yang dibutuhkan di sini.

Untuk lebih mudah rekan semua bisa langsung melihat dibagian kategori soal ujian atau uas. Dikategori tersebut sudah dibahas berbagai macam latihan untuk belajar bersama.

Di sini tidak mungkin dibahas atau dicantumkan seluruh latihan yang dibutuhkan, maka dari itu dibuatlah pembahasan ini.

Intinya pembahasan ini bisa menjadi informasi dan panduan bagi rekan pelajar semua yang sedang mencari berbagai latihan soal tersebut. Jadi diharapkan tidak perlu bersusah payah dan nyasar ke sana ke mari untuk mencari bahan latihan.

B. Contoh Soal Ujian Sekolah SMA 

Agar lebih yakin dengan apa yang akan dihadapi nanti, berikut saya sertakan contoh soal ujian sekolah Mata Pelajaran Fisika. Silahkan disimak contohnya berikut:

1. Suatu segi empat setelah diukur dengan menggunakan alat yang berbeda panjang 0,42 cm, lebar 0,5 cm. Maka luas segi empat tersebut dengan penulisan angka penting adalah ........
A. 0,41
B. 0,21
C. 0,20
D. 0,021
E. 0,2

2. Sebuah benda 2 kg bergerak pada permukaan licin dengan kecepatan 2 ms-1. Pada benda dilakukan usaha 21 joule, maka kecepatan benda tersebut akan berubah menjadi ........
A. 1 ms-1
B. 2 ms-1
C. 3 ms-1
D. 5 ms-1
E. 17 ms-1

3. Sebuah truk yang sedang bergerak dengan kecepatan 10 ms-1 ditabrak oleh sebuah mobil yang sedang berjalan dengan kecepatan 20 ms-1. Setelah tabrakan kedua mobil itu berpadu satu sama lain. Jika massa truk 1400 kg dan massa mobil 600 kg, kecepatan kedua kendaraan setelah tabrakan adalah ........
A. 6 ms-1
B. 9 ms-1
C. 11 ms-1
D. 13 ms-1
E. 17 ms-1

Di atas hanya nukilan atau cuplikan sebagian dari soal latihan yang bisa kita gunakan untuk belajar. Kalau yang lengkap tentu tidak hanya terdiri dari 3 soal saja melainkan bisa sampai 50 soal ujian tergantung mata pelajarannya. 

C. Download Soal dan Pembahasan Ujian Sekolah 

Untuk mempelajari soal-soal yang saya maksud dalam pembahasan ini rekan dapat mencari tautan download yang disediakan pasa masing-masing pembahasan soal yang ada.

Rekan dapat memilih dan menyalin satu persatu soal-soal tersebut dan mempelajarinya dirumah agar ujian sekolah nanti berjalan lebih baik dengan hasil yang memuaskan.

Sebagai tambahan, rekan yang sedang mempersiapkan ujian akhir sekolah juga dapat melihat-lihat beberapa kumpulan soal seleksi masuk perguruan tinggi yang pernah saya bahas sebelumnya seperti dibawah ini:
  1. Kumpulan Soal Ujian Nasional Terbaru
  2. Pembahasan Soal UN 2011-2012
  3. Mengintip Soal SNMPTN 2012 dan Pembahasannya
  4. Kumpulan Soal SNMPTN Terlengkap
  5. Soal dan Pembahasan SNMPTN Tahun Lalu
  6. Prediksi Soal SNMPTN Terkenal

Selain meluangkan waktu lebih banyak untuk mempelajari kembali berbagai materi yang sudah diajarkan sebaiknya rekan pelajar juga terus berlatih dengan variasi soal yang lebih banyak.

Latihan mengerjakan soal bukan hanya akan membuat kita bisa lebih paham pelajarannya namun secara tidak langsung juga akan meningkatkan rasa percaya diri. Ini penting untuk tetap membuat kita tenang dan konsentrasi dalam mengikuti ujian.

Mengingat pentingnya ujian maka jangan lupa juga untuk mengukur kemampuan fisik dan selalu menjaga kesehatan.


Jangan sampai ada hal yang tidak diinginkan terjadi saat kita hendak melaksanakan ujian akhir sekolah tersebut. Itu dulu saja untuk pembahasan singkat kita kali ini. Semoga dapat bermanfaat dan salam sukses selalu untuk rekan pelajar semua.