Kumpulan Contoh Soal Ujian Nasional (UN) Terbaru

Ditulis oleh: Soal dan Jawaban -
Kumpulan Contoh Soal Ujian Nasional (UN) Terbaru - Perhelatan ujian nasional menjadi momok bagi sebagian besar pelajar di Indonesia. Hal itu antara lain karena kurangnya pengetahuan tentang soal ujian nasional sehingga siswa menjadi kurang percaya diri dan akibatnya hasil nilai ujian menjadi tidak maksimal dan tidak sesuai dengan harapan. 

Untuk itulah kali ini saya akan mencoba membahas mengenai contoh soal UN terbaru agar dapat menjadi sumber referensi belajar bagi rekan pelajar yang akan segera menghadapi ujian nasional atau UN atau yang sekarang dikenal UNBK.

Tidak ada cara lain untuk melalui ujian nasional kecuali dengan belajar, salah satunya dengan mempelajari Soal Latihan agar kita memiliki tingkat kepercayaan diri yang tinggi serta kemampuan menjawab soal yang memadai untuk mencapai kelulusan.

Untuk alasan diatas, berikut ini akan dibagikan contoh soal terlengkap yang dapat didownload dan kita jadikan bahan belajar guna menghadapi ujian nasional. Mari kita siapkan bersama dengan baik agar hasilnya sesuai harapan.

A. Contoh Prediksi Soal

Sebagai permulaan ada baiknya rekan pelajar berlatih mengerjakan soal-soal prediksi ujian yang dapat kita peroleh dari buku ataupun sumber belajar lainnya. Jika memungkinkan, rekan pelajar juga dapat melihat dan mempelajari beberapa koleksi soal prediksi yang ada dibawah ini. 


Banyaknya kebutuhan akan soal latihan mengakibatkan pembahasan mengenai soal ini begitu berat, bahkan sampai artikel ini dipublikasikan berbagai contoh yang diperlukan pun belum siap untuk di gunakan. Akan sangat melelahkan, dan akan sangat menyita waktu, meskipun begitu website ini akan terus berusaha yang terbaik.

Upaya memperlengkap bahan dan referensi belajar tidak akan pernah berhenti, akan terus di bahas berbagai soal-soal yang bisa dijadikan bahan latihan bagi para pelajar. Untuk itu, mohon dukungan dan kesabaran rekan semua dalam mengakses semua soal yang dibutuhkan.

B. Kumpulan Soal Ujian Nasional Terbaru

Selain mempelajari soal-soal prediksi rekan juga dapat mempelajari tipe-tipe soal yang pernah diujikan melalui soal-soal ujian dari tahun sebelumnya. Untuk yang berminat mempelajarinya silahkan lihat beberapa kumpulan soal ujian berikut.
  1. Soal Ujian UNBK SMA Tahun 2019
  2. Soal Ujian SMA Tahun 2018
  3. Soal Ujian SMA Tahun 2017
  4. Soal Ujian Matematika IPA dari Tahun 1986 s.d 2007 
  5. Soal Ujian Matematika IPS Tahun 1986 s.d 2000 
  6. Soal Ujian Bahasa Indonesia Tahun 1986 s.d 2006 
  7. Soal Ujian Bahasa Inggris Tahun 1986 s.d 2006 
  8. Soal Ujian Fisika Tahun 1986 s.d 2006 
  9. Soal Ujian Kimia Tahun 1986 s.d 2006 
  10. Soal Ujian Biologi Tahun 1986 s.d 2006 
  11. Soal Ujian Ekonomi Tahun 1986 s.d 2006 
  12. Soal Ujian Geografi Tahun 2005 s.d 2006 
  13. Soal Ujian Sejarah Tahun 1998 s.d 2006 
  14. Soal Ujian Sosiologi Tahun 1986 s.d 2006 

Masih acak-acakan namun mudah-mudahan dalam waktu dekat berbagai latihan tersebut bisa segera siap untuk rekan semua yang membutuhkan. Selain yang di atas ada beberapa Kumpulan Soal Ujian Nasional Ebtanas yang bisa dipelajari.

Selain soal-soal diatas, berikut ini juga soal ujian ebtanas (evaluasi tahap akhir nasional) yang dapat rekan pelajari di rumah.
  1. Kumpulan Soal-Soal Ebtanas, UAN (UN), SMK 
  2. Kumpulan Soal-Soal Ebtanas, UAN (UN), SMP 
  3. Kumpulan Soal-Soal Ebtanas, UAN (UN), SD 

Dengan latihan dan mempelajari soal-soal UN diatas diharapkan kita mempunyai mental kuat dan mampu mengerjakan soal ujian nasional (UN) dengan hasil yang memuaskan. Semua itu bisa dicapai dengan rajin belajar dengan rutin dan terus semangat.


Tidak ada nilai bagus yang bisa diraih tanpa kerja keras, apalagi untuk mendapatkan ilmu yang bermanfaat. Nilai bisa saja berharga tetapi ilmu adalah hal yang paling utama. Mudah-mudahan kita tidak hanya mencari nilai tetapi ilmu. Semoga kita dapat lulus dengan hasil yang memuaskan.