Contoh Soal Suku Banyak Sederhana

Ditulis oleh: Soal dan Jawaban -
Contoh Soal Suku Banyak Sederhana - menyambung soal sebelumnya mengenai contoh soal suku banyak terlengkap, kali ini saya akan meneruskan untuk memberikan contoh soal mengenai materi suku banyak yang sederhana. 

Jadi, saya telah mencoba mengkaji soal-soal yang ada untuk kemudian menyusunnya menjadi soal sederhana yang dapat digunakan sebagai pemanasan dalam berlatih soal. (Kumpulan Soal dan Jawaban)

Contoh soal sederhana ini hanya akan terdiri dari beberapa soal saja dan perlu diingat soal-soal tersebut tidak akan diberikan kunci jawaban. Hal ini dimaksudkan agar sobat dapat lebih berkonsentrasi mencari jawaban untuk setiap soal-soal yang ada tanpa terganggu dengan kunci jawaban yang telah ada. 

Sebelum mengerjakan soal-soal tersebut, ada baiknya juga sobat melakukan sedikit review menganai materi suku banyak agar lebih menyegarkan ingatan sobat. Selain itu, sobat juga dapat menyiapkan materi-mari yang berkaitan degan soal tersebut untuk digunakan sebagai acuan saat mengalami kesulitan dalam mengerjakan latihan yang ada.

A. Contoh Soal Suku Banyak Mudah

Sobat pelajar yang sudah tidak sabar dalam mengerjakan soal ini – sepertinya tidak mungkin ya, sobat pelajar tidak sabar untuk mengerjakan soal – dapat langsung melihat-lihat soal-soal yang saya maksud dibawah ini.

1. Diketahui f(x) = (x + 1)(x – 2)(x + 3). Tentukanlah:
a. derajat sukunya,
b. koefisien-koefisien variabel,
c. suku tetapnya. (Kumpulan Soal dan Jawaban)

2. Tentukan nilai suku banyak x4 – 2x3 + x2 – 1 untuk x = –1.
3. Tentukan hasil bagi dan sisa hasil bagi, jika suku banyak x3 – 3x2 + x – 3 dibagi (x + 1) dengan cara Horner.

4. Tentukanlah hasil bagi dari (2x3 – x2 + 3x – 9) dibagi (2x + 1).

5. Tentukanlah nilai p jika f(x) = 2x3 + 5x2 – 4x + p habis dibagi (x + 1).

6. Carilah p supaya [x2 – 7x + P] / [x2 – 3x + 2] dapat disederhanakan.

7. Carilah sisanya, jika 2x4 – 3x2 – x + 2 dibagi x2 – x – 2.

8. Jika f(x) dibagi (x – 1) sisanya 3 dan dibagi (x – 2) sisanya 4, maka tentukan sisanya jika f(x) dibagi x2 – 3x + 2.

9. Tentukanlah nilai p supaya (x + 1) faktor dari x4 – 5x3 + 2px2 + x + 1.

10. Salah satu akar persamaan: 2x3 + 7x2 + bx – 10 = 0 adalah 2. Tentukanlah:
a. nilai b,
b. akar-akar yang lain.

11. Tentukanlah himpunan penyelesaian dari f(x) = 2x3 + 5x2 – 4x – 3 = 0.

12. Jika x3 + 2x2 – x + k habis dibagi (x + 3), tentukan nilai 2k2 + k.

13. Jika suku banyak –x4 + 3x3 + x2 + x – 1 dibagi (x – 2) tersisa –19, tentukan nilai p.

14. Suku banyak f(x) = 2x5 + ax4 + 2x3 + x2 – x – 1 habis dibagi (x – 1). Jika f(x) dibagi x2 – x – 2, tentukan sisanya.

15. Diketahui x1, x2, dan x3 adalah akar-akar persamaan 2x3 – 4x2 – 18x + 36 = 0.

Tentukanlah:
a. x1 + x2 + x3
b. x1 ⋅ x2 + x1 ⋅ x3 +x2 ⋅ x3
c. x1 ⋅ x2 ⋅ x3

Lima belas soal, banyak juga ya untuk pelajaran matematika. Tidak apa-apa, kan bisa dikerjakan sedikt demi sedikit. Lumayan bisa untuk tambahan referensi belajar dan diskusi kelompok. Silahkan dikerjakan dengan baik.

B. Kumpulan Contoh Soal Suku Banyak

Lain waktu kita akan terus berusaha memberikan berbagai contoh soal yang lebih bervariasi. Tidak hanya satu dua soal saja. Sebanyak mungkin. Bahkan bukan hanya soal. Kita juga berencana untuk mengajak rekan semua belajar dengan kunci jawaban dan pembahasan soal yang dibagikan. 

Dengan begitu kita tidak akan kekurangan bahan latihan. Kan lumayan. Tetapi, sementara ini mungkin contohnya belum begitu banyak. Tapi cukuplah untuk latihan sehari-hari. Sembari menunggu contoh lainnya jangan lupa untuk mempelajari soal lain yang sudah disiapkan. 

Sebagai tambahan, jika sobat ingin melihat soal-soal lainnya silahkan coba lihat soal terkait suku banyak dibawah ini. Sudah ada beberapa yang lebih dulu dibagikan untuk bahan belajar kita semua di rumah. Silahkan dikerjakan juga ya. 

3) Soal suku banyak 
4) Soal suku banyak sbmptn 
5) Contoh soal teorema faktor 
6) Contoh soal teorema faktor kelas 11 
7) Soal dan pembahasan suku banyak pdf 
8) Contoh soal teorema sisa dengan pembagi (x-a) (x-b) 
9) Contoh soal polinomial beserta jawabannya 


Mungkin ada yang mencari soal dan pembahasan polinomial pdf, atau mungkin juga tentang persamaan suku banyak. Silahkan dicek saja dibagian bawah. Agar tidak terlalu pusing dalam mengerjakan soal, saya rasa kita sudahi saya pembahasan soal kali ini. Dengan beberapa soal diatas semoga sobat makin memahami materi suku banyak yang dipelajari.