Koleksi Soal Suku Banyak Lengkap

Ditulis oleh: Soal dan Jawaban -
Pembahasan pamungkas mengenai topik ini adalah ulasan berikut. Kita akan memberikan dan membagikan kumpulan latihan soal suku banyak yang lengkap. Latihan tersebut juga dapat di download atau disalin atau langsung dikerjakan.


Dalam koleksi soal ini saya akan berusaha memberikan kumpulan soal mengenai suku banyak selengkap-lengkapnya bahkan jika memungkinkan saya akan bagikan ratusan atau ribuan soal, hee e e ….(lebay aja). 

Pokoknya secara singkat rasa ingin mengatakan bahwa ulasan suku banyak lengkap kali ini merupakan gabungan dari pembahasan soal-soal yang terlah lebih dahulu dibagikan. 

Jadi sobat akan mendapatkan bukan Cuma 5, 10 atau 20 soal tetapi lebih dari itu. Sobat juga akan mendapatkan bukan hanya soal pilihan ganda melainkan juga soal esay yang ada pada koleksi blog ini. (Kumpulan Soal dan Jawaban)

Sebagai tambahan saja, jika rekan ingin melihat koleksi lainnya sebelum mendownload koleksi paling lengkap ini maka rekan dapat melihat soal lainnya yang ada dibagian akhir. Pertama, mari berlatih dengan beberapa soal untuk pemanasan.

A. Contoh koleksi soal suku banyak

Agar lebih mengesankan dihati, sebaiknya sobat lihat-lihat dulu cuplikan soal yang akan sobat pelajari dirumah ini. Cuplikan koleksi ini tentunya diambil dari koleksi soal lengkap yang dapat disalin dan di download pada bagian akhir ulasan saya. Berikut cuplikan soalnya:

1. Suku banyak f(x) = 3x3 – 75x + 4 dibagi oleh (x + k) dengan k > 0. Jika sisanya 4, maka nilai kadalah …..
a. –5
d. 4
b. 0 
e. 5
c. 3

2. Jika x3 – 12x + k habis dibagi dengan (x – 2), maka bilangan tersebut juga habis dibagi dengan ….
a. x + 1 
d. x + 2
b. x + 1 
e. x + 4
c. x – 3

3. Suku banyak f(x) = x3 + 5x2 – 3x + 9 dibagi (x – 2), maka hasil baginya adalah ….
a. x2 – 7x + 11
b. x2 + 7x – 11
c. 2x2 + 11x + 7
d. x2 + 7x + 11
e. 2x2 – 11x + 7

4. Jika suku banyak –x4 + 3x3 + x2 + x – 1 dibagi (x – 2) tersisa –19, tentukan nilai p.
5. Jika x3 + 2x2 – x + k habis dibagi (x + 3), tentukan nilai 2k2 + k.
6. Tentukanlah himpunan penyelesaian dari f(x) = 2x3 + 5x2 – 4x – 3 = 0.
7. Diketahui f(x) = (x + 1)(x – 2)(x + 3). Tentukanlah:
a. derajat sukunya,
b. koefisien-koefisien variabel,
c. suku tetapnya.

8. Jika suku banyak f(x) = 2x4 + ax3 – 3x2 + 5x + b dibagi (x2 – 1) menghasilkan sisa (6x + 5) maka nilai a ⋅ b = ….
a. 8 
d. –3
b. 6 
e. –6
c. 1

Untuk pemanasan sudah disediakan beberapa bahan latihan yang bisa rekan semua kerjakan. Silahkan langsung dikerjakan. Untuk mengukur sejauh mana pemahaman kita. Lihat hasilnya, nanti bisa dikoreksi bersama-sama.

B. Download soal suku banyak paling lengkap

Nah, setelah melihat cuplikan diatas, kini giliran sobat semua untuk menyalin dan atau download soal suku banyak lengkap yang ada di blog tercinta ini. Silahkan download melalui tautan salin berikut ini: (Kumpulan Soal dan Jawaban)

Boleh dipilih satu persatu sesuai kebutuhan. Boleh disalin semua jika memang membutuhkan banyak referensi. Ada yang bisa langsung dikerjakan dan ada juga yang disertai dengan penyelesaian atau pembahasannya.

Pokoknya tinggal dilihat saja mana yang dibutuhkan. Kalau yang ada dibagian bawah ini masih kurang silahkan cek juga dibagian akhir pembahasan. Kita akan selalu memperbarui dan melengkapi koleksi yang sudah ada.


Tautan itu khusus untuk pelajar yang berniat membahas seluruh soal yang ada. Jika tidak berniat membahasnya maka sobat dapat menyalin soal diatas saja sebagai bahan latihan di rumah. Semoga bermanfaat dan salam pendidikan selalu…