Soal SNMPTN 2012 Dan Pembahasan Beserta Kunci Jawaban Semua Pelajaran

Ditulis oleh: Soal dan Jawaban -
Soal SNMPTN atau SBMPTN sering dibutuhkan. Beberapa waktu yang lalu sibuk dengan ujian-ujian yang diadakan di sekolah. Mulai dari tryout sampai ujian kompetensi. 

Saatnya kita mengintip dan mempelajari soal snmptn 2012 untuk melihat dan mempelajari soal dan pembahasannya guna mengetahui tipe-tipe soal yang akan kita kerjakan saat kita mengikuti tes snmptn.

Harap-harap cemas memang saat kita akan menghadapi tes yang satu ini karena sebagian dari masa depan kita akan ditentukan dari hasil tes dari soal snmptn ini. 

Demi untuk memperlancar dan mempersiapkan diri dengan baik maka tidak ada salahnya kita melihat-lihat soal-soal tes snmptn tahun lalu yang nantinya pasti akan berguna bagi kita.

A. Mengintip Soal SNMPTN 2012

Soal-soal apasaja yang dapat kita pelajari guna mempersiapkan tes masuk perguruan tinggi negeri nanti? Tentunya soal-soal yang berkaitan dengan tes masuk. 

Masuk perguruan tinggi bisa melalui tes dan non-tes. Ada yang SBMPTN dan juga SNMPTN. Sesuai dengan apa yang akan kita tuju saat mendaftar perguruan tinggi. 

Biasanya ada beberapa poin yang diuji dalam seleksi. Sebut saja ada tes untuk mengetahui potensi akademik. Ada juga tes kemampuan dasar. 

Selin itu ada lagi yang namanya tes kemampuan bidang studi. Dari namanya mungkin sudah bisa dilihat tujuan tes tersebut. 

Pokoknya calon mahasiswa harus mengikuti alur yang ditentukan. Untuk lebih jelasnya kita intip saja soal-soal yang mungkin berguna bagi kita berikut ini:


1) Soal Tes Potensi Akademik untuk jurusan IPA dan IPS 
2) Soal Tes Kemampuan Dasar untuk jurusan IPA dan IPS
3) Soal Test Bidang Studi IPA 
4) Soal Test Bidang Studi IPS 

Empat soal diatas tentunya dapat kita gunakan untuk melihat gambaran seberapa sulit dan seberapa banyak tipe soal yang akan kita hadapi saat tes nanti. 

Memski soal-soal yang akan kita kerjakan nanti tidaklah sama dengan soal di atas. Namun tetap saja soal-soal di atas akan memberikan gambaran dan perluasan pengetahuan. 

Meningkatkan tingkat percaya diri kita dalam mengerjakan soal nantinya tentunya. 


B. Kumpulan Soal Dan Pembahasan SNMPTN

Soal-soal berikut dapat rekan lihat-lihat dulu, jika memang dirasa perlu silahkan menyalin soal-soal snmptn 2012 yang akan dipelajari. 

Jangan lupa untuk mempelajarinya di rumah saja agar lebih nyaman dan banyak cemilannya. Berikut soal-soal yang dapat disalin dan dipelajari di rumah:

Soal Tes Potensi Akademik IPA dan IPS

Download Soal Tes Kemampuan Dasar untuk jurusan IPA dan IPS
Matematika Dasar

Bahasa Indonesia

Salin Soal Bahasa Inggris

Download Soal Test Bidang Studi IPA
Matematika IPA

Fisika

Kimia

Biologi

Download Soal Test Bidang Studi IPS
Ekonomi

Geografi

Sejarah

Sosiologi

Hanya itu saja yang dapat disajikan pada pembahasan mengenai Mengintip Soal SNMPTN 2012 Dan Pembahasan kali ini.


Semoga apa yang menjadi rencana dan cita-cita rekan pelajar semua dapat berjalan dengan lancar dengan bantuan soal-soal yang kita bahas disini. Salam sukses selalu.