Pembahasan Soal Ujian Nasional (UN) Tahun 2011-2012 Beserta Kunci Jawaban

Ditulis oleh: Soal dan Jawaban -
Berbicara mengenai ujian nasional (un) bagi sebagian rekan pelajar memang menjadi hal yang sangat menakutkan. Namun demikian saya sangat menyarankan agar rekan bersikap terbuka. Selalu mempersiapkan diri dengan melakukan pembahasan soal. 

Baik itu soal-soal latihan, soal ujian terdahulu maupun soal-soal prediksi. Nah, untuk membantu memberikan sedikit referensi belajar kali ini saya akan memberikan sedikit Soal Ujian Nasional (UN) 2011-2012. 

Kenapa harus tahun itu, kan sudah lama sekali? Ya namanya juga referensi. Biasanya juga kita berlatih dengan soal-soal yang dari tahun - tahun lalu. 

Tujuannya kan untuk memberikan gambaran bagaimana bentuk-bentuk soalnya. Sekaligus untuk latihan. Bisa untuk uji coba juga kok.

Jangan hanya satu soal saja. Kalau kita hanya belajar satu jenis soal nanti pemahaman kita kurang dalam. Bagus kalau kita bisa memelajari sebanyak mungkin.

Kalau ada yang baru kan bisa didalami terlebih dahulu. Kalau sudah waktunya ujian kita tidak akan bisa berbuat apa-apa. Kecuali mungkin menyesal. Makanya, semangat! Silahkan ikuti penjelasan saya berikut ini.

A. Kumpulan Pembahasan Soal dari tahun 2011

Pada kesempatan ini saya akan sedikit berbicara mengenai kumpulan pembahasan soal, yaitu tentunya soal ujian. Dengan ini rekan dapat memiliki lebih banyak variasi soal.

Dapat dipelajari dan tentunya sangat menguntungkan guna mempersiapkan pelaksanaan ujian nasional. Jangan hanya mengandalkan satu dua soal saja. 

Ujian kan tidak akan sama dari tahun ke tahun. Makanya kita harus persiapkan dengan baik. Berikut beberapa kumpulan pembahasan soal yang saya maksud.

1) Kumpulan Soal UN SD Tahun 2011-2012 

2) Kumpulan Soal UN SMP Tahun 2011-2012 
3) Kumpulan Soal UN SMA Tahun 2011-2012 
Dengan melihat beberapa kumpulan tersebut, rekan dapat menentukan soal mana yang akan dipelajari. 

Kita usahakan selengkap mungkin. Ada yang untuk tingkat sekolah dasar. Untuk menengah pertama sampai untuk sekolah menengah atas. 

Jika rekan adalah siswa SD maka hendaknya mempelajari soal UN SD. Jika rekan adalah siswa SMP silahkan mempelajari soal un smp. 

Untuk pelajar sekolah menengah atas maka rekan dapat mencoba mempelajari soal-soal ujian nasional (un) untuk SMA. Jadi semua kebagian.

B. Salin Download Soal UN 2011-2012

Bagaimana caranya agar rekan dapat mempelajari soal-soal tahun 2011-2012 tersebut? Tentunya, rekan harus menyalin soal tersebut terlebih dahulu. 

Caranya silahkan download melalui tautan yang ada. Beberapa soal yang dapat rekan salin untuk dipelajari di rumah adalah sebagai berikut:

Soal Ujian Nasional SD Tahun 2011-2012

Soal Ujian Nasional SMP MTs Tahun 2011-2012

Soal Ujian Nasional SMA Tahun 2011-2012

Saya rasa cukup ini saja dulu artikel mengenai Pembahasan Soal: Ujian Nasional (UN) 2011-2012 kali ini. Saya sangat berharap rekan dapat memanfaatkan soal-soal di atas dengan sebaik-baiknya. 

Sehingga dapat membantu dalam mempersiapkan tes ujian nasional (UN) yang akan segera diselenggarakan. Selamat belajar dan semoga sukses…