Soal dan Pembahasan Soal SNMPTN 2009

Ditulis oleh: Soal dan Jawaban -
Soal dan Pembahasan, Soal SNMPTN (SBMPTN) tahun 2009. Tak jemu dan tak bosan kita akan belajar mengenai soal dan pembahasan. Kali ini mengenai soal SNMPTN atau soal seleksi masuk perguruan tinggi negeri tahun 2009. 

Khusus untuk rekan yang belum memiliki soal snmptn/sbmptn tahun 2009 ini dapat mengikuti pembahasan kali ini sampai selesai. 

Juga mendownload atau menyalin soal yang dihendaki pada akhir pembahasan ini. Lumayan, satu dua soal bisa menambah koleksi yang sudah ada.

Semakin banyak soal-soal yang kita pelajari makan akan semakin luas pemahaman kita. Kalau berat bisa dipilih mana yang belum paham saja. 

Meski tergolong dari tahun yang sudah lama tapi jenis atau tipe soalnya mungkin tak jauh beda. Dengan begitu akan semakin mempertajam kemampuan. Silahkan simak artikel soal dan pembahasannya berikut ini.

A. Kumpulan Soal dan Pembahasan

Kumpulan soal ini akan terdiri dari beberapa mata pelajaran. Meski tidak semua namun saya rasa soal-soal ini akan sedikit membantu. 

Bisa digunakan dalam mempersiapkan diri mengikuti tes snmptn. Selengkapnya mengenai soal yang ada pada kumpulan soal yang saya maksud adalah sebagai berikut:
  1. Soal Pelajaran Matematika 
  2. Soal Pelajaran Bahasa Indonesia 
  3. Soal Pelajaran Bahasa Inggris 
  4. Soal Pelajaran Matematika IPA 
  5. Soal Pelajaran Biologi 
  6. Soal Pelajaran Kimia 
  7. Soal Pelajaran Geografi 
  8. Soal Pelajaran Sosiologi 
  9. Soal Pelajaran Ekonomi 
  10. Soal Pelajaran Sejarah 

Diantara rekan semua mungkin ada yang sudah mempelajari salah satu dari soal di atas. Makanya tinggal dipilih saja sesuai kebutuhan. 

Nanti bisa dikombinasikan dengan berbagai soal lain yang sudah dimiliki. Misalnya ditarget dari tahun 2009 ini kita ambil sepuluh soal saja. Itu juga sudah lumayan.

Jika ada koleksi lain yang belum ditambahkan mungkin akan segera diupdate secepatnya agar dapat dipergunakan untuk belajar.

B. Download Soal SNMPTN 2009 dan Pembahasan

Berminat dengan soal-soal ini? Berarti rekan harus menyalinnya terlebih dahulu. Kemudian nanti dapat mempelajarinya di rumah atau di tempat yang rekan suka. 

Setidaknya ada 10 mata pelajaran yang akan disiapkan disini. Masing-masing bisa dipilih sesuai kebutuhan. Untuk soal-soal yang dapat didownload adalah seperti dibawah ini:
  1. Matematika
  2. Bahasa Indonesia
  3. Bahasa Inggris
  4. Matematika IPA
  5. Biologi 
  6. Kimia 
  7. Geografi
  8. Sosiologi
  9. Ekonomi
  10. Sejarah

Soalnya saja juga boleh. Kan bisa digunakan sebagai bahan uji coba. Nanti bisa dikerjakan seolah-olah sedang mengikuti ujian. 

Dengan begitu kita bisa sekaligus mengukur kemampuan kita. Kalau sudah biasa tidak akan berat kok. Lagi pula ini hanya untuk latihan dan persiapan. 

Setidaknya latihan seperti ini bisa meningkatkan rasa percaya diri kita. Jadi kita tidak akan takut menghadapi ujian masuk perguruan tinggi. 

Bisa dipelajari juga lebih dalam dengan melihat kunci jawaban atau pembahasannya sekaligus. Jadi, jangan lupa untuk mendownload juga kunci jawaban dan pembahasan soal-soalnya melalui tautan yang saya sediakan.

Soal SNMPTN Tahun 2009 dan Pembahasan

Lain waktu saya akan melakukan update secara berkala untuk soal-soal yang rekan butuhkan khususnya soal tes perguruan tinggi. Semoga dapat bermanfaat.