Soal Mid Pelajaran Sejarah Kelas XI SMA dan Jawaban Serta Pembahasan

Ditulis oleh: Soal dan Jawaban -
Masih tentang soal mid. Kali ini kita akan membahas tentang soal sejarah kelas XI SMA. Soal-soal ini dapat digunakan sebagai latihan dalam menghadapi ujian mid semester untuk rekan sekolah menengah atas kelas xi. 

Soal ini terdiri dari soal pilihan ganda dan juga soal esay. Tetapi tidak dilengkapi dengan pembahasan agar rekan dapat belajar mencari dan menyelesaikan soal-soal tersebut.

Kan bisa untuk persiapan ujian mid semester. Walaupun hanya ujian tengah semester tetapi yang namanya pengambilan nilai kan tetap penting. Hasil belajar kita kan dilihat dari nilai yang didapat.

Benar bukan? Makanya, sebagai seorang pelajar kita harus selalu semangat. Dibawa santai saja. Tinggal diatur waktunya. Jangan diborong. Kita bagi saja waktu yang ada. 

Misalnya, sehabis sekolah kita istirahat dulu. Setelah istirahat kita bermain atau santai barang sejenak. Baru setelah itu kita sisakan waktu untuk berlatih. Belajar mandiri.

Jika dilakukan secara rutin itu tidak akan berat. Apalagi kalau sudah jadi kebiasaan dari kelas satu. Pasti ringan dan menyenangkan. 

Ya sudah. Langsung saja dimulai. Jangan lupa disiapkan juga pendampingnya agar tidak tegang. Bisa sambil santai atau nonton tv. Berikut pembahasan mengenai Soal Mid: Sejarah Kelas XI SMA selengkapnya.

A. Contoh Soal Mid: Sejarah Kelas XI SMA Pilihan Ganda

Karena soal-soal pilihan ganda maka agak sedikit panjang. Berikut ini saya berikan contoh soal pilihannya saja agar dapat dilihat dan langsung dipelajari. 

Tetapi jangan khawatir, jika rekan berminat mempelajari, seluruh soalnya dapat disalin atau didownload melalui tautan yang disediakan. Berikut contohnya.

1. Paham Renaissance pertama kali berkembang di Negara…
a. Italia
d. Prancis
b. Belanda
e. Portugal
c. Inggris

2. Yang dimaksud kolonialisme adalah …
a. paham alih kewarganegaraan
d. paham kepemilikan
b. paham dalam perekonomian
e. paham mengenai penjajah
c. paham pengusahaan kemanusiaan

3. Sistem ekonomi yang berlaku di Eropa sekitar abad ke-15 adalah …
a. merkantilisme
d. kapitalisme
b. kolonialisme
e. liberalisme
c. sosialisme

4. Motivasi kedatangan bangsa Barat ke dunia Timur dapat diungkap melalui selogan berikut ini, yaitu …
a. Vini, Vidi, Vici
d. Gold, Gospel, Glory
b. Liberte, Egalite, Franternite
e. Devide at Impera, Pax Nerlandica
c. Kolonialisme, Imperialisme, Monopolisme

5. Mekanisme merupakan suatu kebijakan politik dan ekonomi dari Negara-negara imperialis dengan tujuan …
a. menjalin kerja sama ekonomi antara penjajah dengan rakyatnya
b. meningkatkan ekonomi rakyat jajahan
c. membuka peluang usaha bagi rakyatnya
d. memperkuat angkatan bersenjatanya
e. menumpuk kekayaan yang berwujud logam mulia

Di atas adalah beberapa nomor soal yang diambil dari tipe soal pilihan ganda. Bisa dikerjakan semua tidak? Tentunya bisa dong. 

Nah, kalau sudah jangan lupa lihat juga yang esai ya. Kan supaya lengkap satu paket. Kita bisa belajar dengan menyeluruh. 

Contoh Soal Mid: Sejarah Kelas XI SMA Esay, Untuk soal esay saya juga hanya akan memberikan beberapa contoh soal yang mungkin dapat dipelajari untuk persiapan ujian. 

Kita bisa belajar menjelaskan dengan baik dan benar mengenai materi yang ditanyakan. Langsung saja berikut contoh soal esaynya.

1) Apa yang melatarbelakangi munculnya faham merkantilisme di Eropa? 
2) Jelaskan perbedaan antara imperialisme kuno dan imperialisme modern! 
3) Sebutkan penyelewengan-penyelewengan tanam paksa! 
4) Jelaskan pengertian nasionalisme secara umum! 
5) Apa peranan kota-kota besar dengan kemunculan golongan terpelajar? 

Lima soal juga bisa dijelaskan sampai panjangnya satu lembar kertas sendiri kok. Tapi ingat ya, soal seperti di atas perlu dielaborasikan dengan tepat dan cermat. 

Kita bisa menjelaskan sesuai yang diminta dalam soal. Tidak perlu bertele-tele. Tidak harus panjang-panjang asal jawabannya sesuai saja.

B. Kumpulan Soal Mid: Sejarah Kelas XI SMA

Ada banyak soal mid sejarah yang akan kita bahas di blog ini. Saya sengaja membuat sebuah kumpulan soal mid sejarah agar rekan pelajar lebih mudah.

Rekan bisa mudah dalam menyeleksi dan mempelajari soal-soal tersebut. Berikut beberapa koleksi yang dapat rekan pelajar dalami untuk persiapan ujian semester.
4) Kumpulan Soal Pilihan Ganda Sejarah Kelas XI
5) Kumpulan Esay Sejarah Kelas XI
6) Kumpulan Soal Sejarah Kelas XI Terbaru
7) Soal Sejarah Kelas XI dan Pembahasannya

Mengingat keterbatasan sumber daya, beberapa kumpulan soal diatas saya rasa sudah cukup untuk saat ini. 

Untuk kumpulan soal lain akan segera diupdate sesegera mungkin karena saya tahu soal-soal tersebut sangatlah membantu rekan pelajar dalam memahami setiap materi pelajaran yang berkaitan.


Sebagai tambahan, silahkan lihat juga soal-soal mid yang lain khusus untuk rekan pelajar sekolah menengah atas.

Download Soal Mid: Sejarah Kelas XI SMA, Untuk rekan yang ingin mempelajari soal-soal yang ada, rekan pelajar tidak perlu khawatir. 

Saya akan segera menyediakan tautan unduh atau link download yang dapat digunakan untuk menyalin kumpulan soal yang diperlukan.

Sebagai balasannya, saya akan merasa tersanjung jika rekan pelajar sudi berlangganan soal-soal terbaru yang akan dibahas selanjutnya. Semoga hasil belajar rekan semua dapat lebih memuaskan selalu.