Latihan Soal Mid Bahasa Indonesia SMA, Kunci Jawaban dan Pembahasan

Ditulis oleh: Soal dan Jawaban -
Mau latihan soal Mid pelajaran Bahasa Indonesia SMA? Pada kesempatan yang sedang mendekati ujian mid semester ini, saya akan melanjutkan pembahasan mengenai latihan soal mid yang pada kesempatan ini akan membahas pelajaran Bahasa Indoensia SMA. 

Agar lebih matang dalam menyiapkan mid semester ada baiknya rekan pelajar mengikuti pembahasan soal dan jawaban kali ini. 

Untuk sekarang mungkin belum semua ada. Rencananya kita akan menghadirkan berbagai soal latihan untuk kegiatan ulangan tengah semester atau mid. Latihan tersebut untuk kelas 1, 2 dan 3 SMA.

Rekan pelajar nantinya juga akan mendapatkan contoh serta tautan untuk menyalin soal-soal yang disediakan sebagai bahan latihan.

A. Contoh Latihan Soal Mid

Berat rasanya untuk menuliskan contoh soalnya disini. Namun demi untuk membantu memberikan sedikit sumber belajar tambahan saya akan tetap membagikan contoh soal tersebut.

Untuk persiapan mid yang dapat rekan pelajari. Sebelum itu, kita bisa langsung mengerjakan atau berlatih dengan beberapa soal yang disediakan. 

Berikut kita tambahkan beberapa soal uraian atau esai. Mudah-mudahan bisa digunakan sebagai pemanasan. Bagi yang siap berlatih silahkan langsung dikerjakan.

Contoh Soal B. Indo Kelas x
  1. Jawablah pertanyaan dibawah ini dengan benar! 
  2. Apa yang dimaksud dengan observasi? 
  3. Sebutkan lima macam keterangan! 
  4. Sebutkan unsur-unsur yang terdapat pada cerpen jelaskan! 
  5. Apa yang dimaksud dengan membaca scaning/memindai? Berikan contohnya! 
  6. Sebutkan lima macam pengembangan paragraf! 
  7. Sebutkan perbedaan-perbedaan karya sastra lama dengan karya sastra modern! 
  8. Buatlah puisi yang bertemakan: Bulan Ramadhan! 
  9. Hal-hal apa saja yang perlu diketahui / dikuasai oleh seorang pembawa acara? Sebutkan min. 3! 
  10. Buatlah contoh paragraf deskripsi! 
  11. Sebutkan dan jelaskan tentang kalimat korelatif? 
Saya ingatkan bahwa yang akan saya bagikan setelah ini hanyalah merupakan contoh latihan saja bukan merupakan bocoran soal mid. 

Jadi rekan tidak sepatutnya menggunakan soal tersebut untuk keperluan bocoran soal. Jika ada kesamaan dengan soal mid yang nantinya rekan ikuti. 

Hal tersebut hanya merupakan kebetulan semata dan bukan disengaja oleh saya. Langsung saja berikut contoh latihan soal mid yang saya maksud.

Saya tentunya tidak akan serta merta membahas latihan soal mid Bahasa Indonesia SMA ini secara keseluruhan. 

Untuk itu bagi rekan pelajar SMA kelas x yang ingin mendapatkan soal-soal latihan guna mempersiapkan tes semester nanti silahkan melihat pembahasannya melalui pembahasan yang telah saya lakukan sebelumnya. 

Untuk siswa kelas x sma silahkan lihat soal mid Bahasa Indonesianya pada pembahasan mengenai Mid Bahasa Indonesia SMA Kelas X.

Mid Bahasa Indonesia SMA Kelas XI. Jika rekan merupakan siswa kelas XI sekolah menengah atas, maka sebaiknya melihat latihan soal midnya pada pembahasan mengenai Mid Bahasa Indonesia SMA Kelas XI

Mid Bahasa Indonesia SMA Kelas XII. Untuk pelajar kelas xii yang sebentar lagi mengikuti Ujian Nasional, silahkan lihat latihan soal mid yang dibutuhkan. Yaitu untuk Mid Bahasa Indonesia SMA Kelas XII.

Sebagai tambahan, rekan kelas xii juga dapat melihat latihan soal un dan atau soal tes masuk perguruan tinggi melalui pembahasan berikut:

1) Kumpulan Soal UN Terlengkap 
2) Kumpulan Contoh Soal SNMPTN Terlengkap

Ya, mudah-mudahan meski sedikit bisa memperkaya referensi kita. Semangat deh. Kalau melihat adik - adik pelajar semangat maka senang rasanya.

Keringat bercucuran juga tidak akan terasa letih. Demi masa depan. Benar tidak? Pokoknya silahkan dipilih saja mana yang akan digunakan untuk latihan.

B. Salin Latihan Soal Mid Bahasa Indonesia

Pada pembahasan mengenai soal-soal yang saya sebutkan diatas, rekan semua dapat menyalin soal yang dibutuhkan agar dapat mempelajarinya dirumah karena saya memang sengaja memberikan latihan soal yang dapat disalin atau di download oleh rekan pelajar semua.


Hal tersebut bukan karena alasan lain tatapi hanya karena ingin membantu dan memberikan kesempatan bagi rekan pelajar sebagai generasi penerus agar mampu mendapatkan hasil belajar yang maksimal.

Untuk yang terakhir, jika rekan ingin selalu mendapatkan update terbaru setiap soal dan pembahasan yang ada di blog ini, silahkan berlangganan dengan email rekan semua melalui form langganan yang ada dikanan atas.