Soal Mid Sejarah Kelas X SMA

Ditulis oleh: Soal dan Jawaban -
Sebagai bahan latihan menghadapi mid semester, kali ini saya akan membagikan Soal Mid Sejarah Kelas X SMA untuk dipelajari dan dipahami dirumah. Dengan memperbanyak latihan soal dan mengerjakan soal-soal seperti ini rekan pelajar akan lebih percaya diri dalam mengerjakan soal.

Serta menambah pengetahuan dan pemahaman mengenai materi mid semester yang mungkin akan diujikan. Berikut pembahasan soal mid semesternya.

Berlatih dengan menggunakan soal-soal tetap di butuhkan meski kita sudah rajin mempelajari berbagai materi sejarah yang sudah diajarkan di sekolah.

Berlatih soal mid akan melatih kita terampil dalam menjawab soal, lebih jauh lagi latihan seperti ini juga akan menguatkan mental kita dalam menghadapi ujian mid semester pelajaran sejarah yang akan segera kita hadapi.

Berlatih seperti ini juga akan membantu kita mengingat kembali berbagai materi yang pernah kita pelajari tersebut karena mengerjakan soal adalah sarana bagi kita untuk menerapkan berbagai hal yang telah di pelajari sebelumnya.

Pada kesempatan ini yang akan kita pelajari adalah contoh soal mid untuk pelajaran sejarah khususnya kelas X sekolah menengah atas.

Jadi jelas bahwa latihan ini hanyalah contoh saja dan bukan soal untuk mid yang akan datang. Kerjakan latihan ini dengan baik dan pelajari kembali materi soal yang tidak dapat dikerjakan.

Sehingga kita bisa lebih paham mengenai semua materi pelajaran yang sudah dipelajari. Yang akan kita kerjakan ada dua jenis soal yaitu yang pertama soal pilihan ganda dan soal esai. Soal latihan tersebut terdiri dari 10 soal seluruhnya, silahkan dikerjakan.

A. Soal Mid: Sejarah Kelas X SMA Pilihan Ganda

Masih ingat bukan dengan berbagai materi yang sudah di ajarkan oleh bapak dan ibu guru di sekolah? Nah, soal pertama yang dapat dipelajari adalah soal pilihan ganda, berikut saya sajikan contoh soal pilihan ganda yang dapat dipelajari.

1. Di bumi belum ada tanda-tanda kehidupan adalah ciri-ciri zaman…
a. Paleozoikum
d. Neozoikum
b. Arkaikum
e. Mesolitikum
c. Mesozoikum

2. Jenis manusia purba yang ditemukan oleh Eugene Dubois tahun 1889 di Trinil Jawa Timur yaitu…
a. Megantropus Paleojavanicus
d. Homo wajakensis
b. Pithecanthropus erectus
e. Pithecanthropus soloensis
c. Homo sapien

3. Menurut peralatan yang digunakan, pembabakan masa Prasejarah Indonesia adalah sebagai berikut:…
a. Zaman Nirleka dan Batu
b. Zaman food gathering dan food producing
c. Zaman Berburu dan Meramu
d. Zaman batu dan zaman logam
e. Zaman Perundagian dan zaman Sedentair

4. Zaman sejarah di tiap Negara berbeda-beda yang ditandai dengan…
a. adanya fosil manusia purba
b. adanya fosil purba pandu sebagai petunjuk
c. adanya bukti tulisan
d. ditemukannya benda-benda hasil budaya
e. mempunyai kebudayaan yang bernilai tinggi

5. Hasil kebudayaan pada zaman Neolitikum yang berupa alat dari batu adalah…
a. moko dan dolmen
d. kapak pendek dan chopper
b. kapak persegi dan kapak lonjong
e. menhir dan sarkofagus
c. nekara dan candrasa

Itulah tadi 5 soal esai pelajaran sejarah yang dapat kita gunakan untuk latihan menghadapi ulangan mid semester. Sekarang mari kita lanjutkan berlatih dengan soal mid sejarah kelas X SMA tersebut ke bagian dua yaitu soal esai.

B. Soal Mid: Sejarah Kelas X SMA Esay

Selain soal pilihan ganda, soal esay juga merupakan soal penting yang harus dipersiapkan dalam mengikuti ujian mid semester, untuk itu berikut ada beberapa soal prediksi yang mungkin dapat diujikan dalam ujian mid semester mata pelajaran sejarah.
  1. Jelaskan keadaan bumi pada zaman paleozoikum! 
  2. Sebutkan cirri-ciri manusia purba jenis meganthropus paleojavanicus! 
  3. Bagaimana pendapat Prof. Muh. Yamin mengenai masyarakat awal Indonesia dan apa yang menjadi pendukungnya? 
  4. Sebutkan dua sistem pemerintahan yang pernah dianut dalam kehidupan kenegaraan Cina Kuno! 
  5. Siapa pendukung kebudayaan lembah Sungai Gangga? 
Sebagai tambahan, silahkan lihat juga soal-soal mid yang lain khusus untuk rekan pelajar sekolah menengah atas dibawah ini:

Soal-soal yang ada disini dapat rekan download dan pelajari dirumah melalui tautan link yang ada. Jika tidak terdapat link tautan download maka rekan dapat langsung melakukan copy paste untuk dipelajari dirumah.

Kumpulan Soal Mid Sejarah Kelas X

Jangan lupa untuk selalu cek update terbaru soal-soal dan pembahasa yang dibahas di blog ini, dan semoga soal-soal yang saya bahas kali ini dapat bermanfaat bagi rekan pelajar semua.