Kisi- Kisi Soal Sejarah Kelas XI IPS

Ditulis oleh: Soal dan Jawaban -
Kisi- Kisi Soal Sejarah Kelas XI IPS - Pagi ini saya disuguhkan dengan pertanyaan Sejarah mengenai kapitalisme, imperialism dan juga merkantilisme. Kemudian saya mencari sedikit mengenai kisi-kisi soal sejarah yang memuat soal tentang kapitalisme, soal imperialism dan soal merkantilisme untuk kelas xi ips.

Namun tak banyak yang dapat saya temukan untuk soal sejarah tersebut jadi saya putuskan untuk membahas mengenai Kisi- Kisi Soal Sejarah Kelas XI untuk siswa jurusan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS). Berikut ulasan lengkap kisi-kisi tersebut.

Pada pembahasan sebelumnya situs soal dan jawaban memang banyak membahas mengenai soal seperti ini.

Tidak heran karena contoh-contoh soal seperti pada Kisi- Kisi Soal Sejarah ini memang banyak kita butuhkan untuk berlatih.

Soal seperti ini dapat kita gunakan sebagai bahan latihan penguatan dan juga bahan latihan untuk meningkatkan rasa percaya diri dalam menghadapi ujian atau ulangan. 

Dengan latihan-latihan seperti ini diharapkan kita dapat mengetahui bagian mana saja yang belum dipahami sehingga sesegera mungkin kita dapat mempelajari kembali bagian tersebut. Selain itu contoh soal seperti ini juga sangat penting untuk latihan kita dalam menjawab soal. 

A. Kisi- kisi Sejarah XI IPS Semester 2 

Karena penasaran dengan soal-soal yang dipertanyakan pada saya tadi pagi itulah, saya langsung mencari sumber referensi yang memuat kisi-kisi soal sejarah dan akhirnya saya menemukan beberapa sumber yang membagikan soal tersebut.

Berikut dapat sobat pelajar lihat mengenai kisi-kis- untuk semester 2 mata pelajaran sejarah kelas xi sekolah menengah atas (SMA).

A. Pilihan Ganda
  1. Jelaskan pengertian imperator, imperium, dan imperialisme serta kapitalisme? 
  2. Sebutkan tujuan imperialisme kuno? 
  3. Jelaskan pengertian merkantilisme? 
  4. Sebutkan prinsip-prinsip dan dampak dari merkantilisme? 
  5. Sebutkan pendapat Adam Smith yang merupakan reaksi dari merkantilisme? 
  6. Sebutkan latar belakang dan sebab-sebab terjadinya Revolusi Industri? 
  7. Apakah yang dimaksud dengan Factory Sistem? 
  8. Siapakah penemu Mesin Uap?
  9. Jelaskan pendapat Otto Bourer tentang Nasionalisme? 
  10. Sebutkan unsur-unsur tumbuhnya Nasionalisme? 
  11. Sebutkan pengaruh berkembangnya Liberalisme dalam bidang politik? 
  12. Sebutkan faktor-faktor pendorong semangat Nasionalisme di Asia- Afrika? 
  13. Sebutkan isi Perjanjian Nanking? 
  14. Gerakan Nasionalisme India bertujuan tidak hanya untuk mencapai kemerdekaan tetapi juga untuk pembaharuan-pembaharuan India yaitu :… 
  15. Pada masa penjajahan belanda terlihat jelas adanya diskriminasi dalam bidang pendidikan, hal ini bisa kita lihat tujuan pendidikan pada masa itu yaitu….. 
  16. Sebelum Kongres Pemuda II usaha untuk mempersatukan organisasi-organisasi pemuda indonesia hasilnya kurang memuaskan. Hal ini disebabkan oleh…. 
  17. Perhimpunan Indonesia (PI) menjalankan azas swadaya dalam perjuanganya. Hal ini berarti...

Bagaimana, apakah soal di atas bisa dikerjakan semua? Kalau bisa dikerjakan semua itu berarti kita sudah paham dengan materi yang sudah diajarkan bapak dan ibu guru di sekolah.

Kalau ada yang tidak bisa dikerjakan maka sebaiknya kita catat dan kita langsung membaca atau mengulang kembali bagian pelajaran tersebut. 

Setelah di atas kita mengerjakan 17 soal pertama sekarang kita akan melanjutkan ke beberapa soal berikutnya. Latihan yang berikut terdiri dari 5 soal esai dimana kita akan diminta untuk mengerjakan soalnya dengan benar. Kalau sudah siap mari kita kerjakan langsung soal tersebut di bawah ini.

B. Essay
  1. Sebutkan dampak Revolusi Industri di bidang politik, sosial, dan ekonomi? 
  2. Jelaskan tentang konsep Demokrasi Parlementer? 
  3. Jelaskan ajaran Mahatma Gandhi dalam Nasionalisme di India? 
  4. Jelaskan tentang The Boston Tea Party 
  5. Buatlah peta proses pendaratan tentara Jepang di Indonesia? 

Beberapa soal diatas merupakan kisi-kisi yang saya dapatkan dari sumber lain yang berbaik hati mencantumkan mengenai kisi-kisi semester 2 sejarah untuk sobat kelas xi.

Jika dirasa perlu silahkan dipelajari sebagai persiapan menghadapi ujian semester. Sebagai tambahan, kisi-kisi soal diatas hanya sebagai contoh rangkuman materi yang bisa saja muncul pada ujian semester namun tidak dapat digunakan sebagai acuan pasti mengenai soal-soal yang akan diujikan untuk sobat sekalian.

B. Salin Soal Sejarah Kelas XI SMA

Sebagai tambahan, sobat pelajar juga dapat melihat kisi-kisi soal lainnya yang pernah dibahas dalam blog ini sebagai berikut:
  1. Kisi-Kisi Soal Uas SMA terbaru
  2. Kisi-Kisi Soal Uas SMA Semester 1
  3. Kisi-Kisi Soal Uas SMA Semester 2
  4. Kisi-Kisi Soal Uas Tryout IPA IPS
  5. Kumpulan Kisi-Kisi Soal Uas SMA terlengkap
Masih ada banyak soal kisi-kisi yang saya dapatkan namun saya tidak dapat menampilkannya langsung disini. Untuk itu bagi sobat yang ingin mempelajari kisi-kisi ini dapat menyalinnya secara lengkap melalui tautan yang ada dibawah ini.

Kisi - Kisi Soal Sejarah Kelas 11


Tautan tersebut berisi kisi-kisi soal sejarah kelas xi untuk siswa SMA. Silahkan disalin dan dipelajari di rumah masing-masing sebagai bahan latihan soal. Semoga dapat bermanfaat bagi sobat pelajar semua…