Latihan Soal MID Sejarah SMA Kelas X

Ditulis oleh: Soal dan Jawaban -
Latihan Soal MID Sejarah SMA Kelas X - Sebelum mid semester ada baiknya kita memperbanyak latihan soal untuk mid semester. Hal ini jelas selain meningkatkan pemahaman kita terhadap materi semester juga akan meningkatkan rasa percaya diri kita untuk mengikuti ujian mid semester.

Untuk sekedar latihan saya akan membagikan beberapa contoh latihan soal mid mata pelajaran sejarah untuk sma kelas x, berikut selengkapnya.

Contoh berikut akan dibuat dalam dua bagian meski tidak begitu banyak. Bagian pertama adalah untuk soal pilihan ganda (pg). Berikutnya ada juga soal esai atau isian. Jadi adik-adik bisa memilih atau mengerjakan keduanya.

Sebenarnya latihan ini juga akan dilengkapi dengan kunci jawaban dan pembahasan. Tetapi karena waktu yang masih kurang berpihak maka sementara akan kita bagikan soalnya terlebih dahulu.

Lain waktu akan kita tambahkan soal yang lengkap dan juga jawaban serta pembahasan dari soal-soal tersebut. Seperti apa latihan ini, mari kita pelajari langsung bersama-sama.

A. Latihan Soal Pilihan Ganda MID Sejarah SMA Kelas X

Untuk latihan soal pilihan ganda ada beberapa soal yang dapat kita gunakan untuk persiapan menghadapi mid semester yang terdiri dari 20 soal pilihan ganda. Soalnya akan kita bagikan agar adik-adik semua bisa mempelajarinya di rumah.

Soal latihan ini jika dibagikan langsung dihalaman ini tentu akan sangat panjang. Oleh sebab itu kita berikan dulu cuplikan beberapa soalnya saja. Adik-adik bisa menyalin soal selengkapnya di tautan yang disediakan. Berikut contoh latihan soal tersebut.

A. Berilah tanda silang huruf a, b, c, d atau e pada jawaban yang paling benar!

1. Paham Renaissance pertama kali berkembang di Negara…
a. Italia 
d. Prancis
b. Belanda 
e. Portugal
c. Inggris

2. Yang dimaksud kolonialisme adalah …
a. paham alih kewarganegaraan 
d. paham kepemilikan
b. paham dalam perekonomian 
e. paham mengenai penjajah
c. paham pengusahaan kemanusiaan

3. Sistem ekonomi yang berlaku di Eropa sekitar abad ke-15 adalah …
a. merkantilisme 
d. kapitalisme
b. kolonialisme 
e. liberalisme
c. sosialisme

Itu tadi hanya tiga soal sebagai contoh. Bisa dikerjakan kalau mau sebagai pemanasan. Kalau kira-kia sudah ingin mempelajari soal di atas silahkan disalin saja melalui tautan download yang tersedia. 

B. Latihan Soal Essay MID Sejarah SMA Kelas X

Untuk latihan soal yang essay, sebenarnya saya mempunyai banyak koleksi yang dapat digunakan untuk belajar, namun agar tidak terlalu panjang berikut akan saya bagikan beberapa contoh latihan soal essay pelajaran sejarah yang saya maksud.

B. Jawablah pertanyaan-pertanyaan dibawah ini dengan benar!
  1. Apa yang melatarbelakangi munculnya faham merkantilisme di Eropa? 
  2. Jelaskan perbedaan antara imperialisme kuno dan imperialisme modern! 
  3. Sebutkan penyelewengan-penyelewengan tanam paksa! 
  4. Jelaskan pengertian nasionalisme secara umum! 
  5. Apa peranan kota-kota besar dengan kemunculan golongan terpelajar?

Sebagai tambahan rekan pelajar juga dapat melihat beberapa koleksi soal mid SMA berikut ini agar dapat mencoba mempelajarinya di rumah:
  1. Soal Mid Sejarah SMA Kelas X
  2. Soal Mid Sejarah SMA Kelas XI
  3. Soal Mid Sejarah SMA Kelas XII

Semakin banyak latihan tentunya akan semakin baik dan dapat meningkatkan pemahaman dan penguasaan materi yang akan diujikan. Semoga beberapa contoh diatas dapat berguna dan membantu bagi kelancaran proses mid semester yang sebentar lagi akan dilaksanakan.