Kumpulan Soal Latihan UN Bahasa Inggris SMP dan Kunci Jawaban Serta Pembahasan

Ditulis oleh: Soal dan Jawaban -
Mau soal latihan UN Bahasa Inggris SMP? Saat akan menghadapi ujian nasional (UN) kita harus benar-benar mempersiapkan secara matang baik itu penguasaan materi maupun mental kita. 

Untuk itu kali ini kita akan membahas mengenai soal latihan ujian akhir khusus pelajaran Bahasa Inggris SMP. Siapa yang mau ikutan?

Loh, jangan lemas gitu geh. Harus semangat. Tidak usah pusing dengan hal - hal lain. Apalagi takut hasilnya nanti jelek. 

Yang paling penting bagi kita itu adalah belajar. Terus belajar. Apapun hasilnya kita harus tetap semangat. Jangan kalah dengan malas.

Jangan takut dengan bayangan. Mumpung masih ada waktu sedikit. Kita gunakan dengan sebaik-baiknya. Langsung saja mari kita simak pembahasan mengenai Soal Latihan UN: Bahasa Inggris SMP berikut ini.

A. Contoh Soal Latihan UN

Sebelum kita membahas lebih lanjut mengenai soal latihan UN ini berikut saya sertakan beberapa soal latihan sebagai contoh yang dapat dilihat dan dipelajari. 

Dengan melihat contoh ini rekan pelajar dapat lebih mudah untuk memutuskan akan mempelajari soal latihan ini selengkapnya atau tidak. Berikut contoh soal latihannya.

UN-SMP-07-01
X : Get up, please. Riko.
Y : In a minute, Mom. I'm still sleepy.
X : Come on. Have a shower right now, or you'll be late for school.
Where does the dialogue take place?

A. In the office
B. At home
C. In class
D. In the library

UN-SMP-07-02
Dony : ... do you go fishing?
Deni : Once a week.

A. How far
B. How long
C. How often
D. How many

UN-SMP-07-03
Lidya : What a lovely purse!
Anne : Thank you, I ... it myself.
Lidya : Did you?
Anne : Yes, I did.

A. make
B. made
C. am making
D. was making
UN-SMP-07-04
Mr. Wilman : Mr. Enoch, do you mind having dinner
at my house this evening?
Mr. Enoch : That sounds good.
Mr. Wilman : Are you sure?
Mr. Enoch : …

A. I'm positive
B. Fine, go ahead
C. I'm afraid I can't
D. No, I can't

UN-SMP-07-05
Rita : Hi, friends! Tomorrow is a holiday. What shall we do?
Ratih : How about going to Ramayana Department store?
Emi : ... What about swimming.
Rita : OK, so what time shall we go?
Emi : Nine o'clock.

A. That’s not a good idea
B. I agree with you
C. That's fine
D. You're right

Bisa tidak? Itu tadi hanya contoh kok. Supaya kita tidak grogi dan takut ketika nanti waktunya ujian maka kita bisa mempelajari soal-soal dari tahun-tahun yang lalu.

Tidak usah semua juga tidak apa-apa. Yang penting kita bisa rutin. Syukur kalau bisa dipelajari semua. Gambarannya bisa lebih menyeluruh. Lebih percaya diri.

Yang bisa mengerjakan soal di atas bisa lanjut. Yang kesulitan bisa dipelajari lagi agar paham. Siapa tahu nanti kita menghadapi soal seperti itu.

B. Kumpulan Soal Latihan UN Bahasa Inggris Terbaru

Ada banyak soal UN yang dapat rekan pelajari dari berbagai sumber. Untuk membantu rekan semua dalam mempersiapkan ujian nasional smp berikut ini saya sertakan beberapa kumpulan soal latihan un pelajaran bahasa inggris terbaru. 

Yang dibawah ini koleksi dari tahun - tahun yang sudah cukup lama. Lumayan bisa untuk tambahan referensi. Jadi bahan belajar kita bisa lebih lengkap lagi. Berikut kumpulan soal tersebut.
  1. Soal UN Bahasa Inggris SMP Tahun 2000 
  2. Soal UN Bahasa Inggris SMP Tahun 2001 
  3. Soal UN Bahasa Inggris SMP Tahun 2002 
  4. Soal UN Bahasa Inggris SMP Tahun 2003 
  5. Soal UN Bahasa Inggris SMP Tahun 2004
  6. Soal UN Bahasa Inggris SMP Tahun 2005
  7. Soal UN Bahasa Inggris SMP Tahun 2006
  8. Soal UN Bahasa Inggris SMP Tahun 2007
Masih ada kumpulan soal latihan lain yang sebenarnya saya miliki namun untuk kali ini beberapa kumpulan soal latihan tersebut saya rasa sudah cukup. 

Lain waktu tentunya saya akan memperbarui lagi koleksi ini hingga rekan pelajar dapat mempelajari referensi yang lebih banyak.

Soal-soal latihan un yang kita bahas disini dapat rekan salin atau download untuk dipelajari dirumah. Jadi rekan tidak perlu cemas dan khawatir tidak dapat memilikinya.

Untuk menyalin soal latihan tersebut silahkan mengikuti tautan yang ada. Agar lebih mudah rekan juga dapat berlangganan pembaruan soal dan pembahasan dari blog ini. Semoga pembahasan kita kali ini dapat membantu rekan semua.