Contoh Soal UTS IPA SD Kelas 3 dan Jawaban

Ditulis oleh: Soal dan Jawaban -
Contoh Latihan Soal UTS IPA SD Kelas 3, 12 Soal Campuran - Yang akan kita pelajari kali ini adalah berkaitan dengan mata pelajaran ilmu pengetahuan alam. Seperti sudah disebutkan, kita akan belajar dan berlatih dengan beberapa contoh soal uts atau soal mid untuk pelajaran IPA tersebut.

Latihan kali ini merupakan latihan khusus untuk adik-adik pelajar sekolah dasar khususnya yang duduk di kelas 3 sekolah dasar (SD)

Tidak banyak soal latihannya namun sudah lengkap karena sudah ada soal pilihan ganda (pg), soal isian dan juga soal esai pertanyaaan. Makanya di judul disebutkan bahwa latihan kita terdiri dari 12 soal campuran.

Meski khusus untuk pelajar sekolah dasar tentu saja kita yang lain bisa juga berlatih dengan beberapa latihan ini untuk menguji wawasan kita atas berbagai pengetahuan dasar yang kita miliki. 

Kita semua sudah tahu bahwa semakin banyak berlatih maka akan semakin bagus. Karena itulah kali ini kita menyempatkan diri untuk berlatih soal uts IPA SD dan jawaban yang sudah disiapkan. Supaya tidak menghabiskan waktu terlalu lama mari kita mulai kerjakan latihan tersebut di bawah ini, 

Jawablah Pertanyaan di Bawah ini dengan Benar!
1. Benda berbentuk bulat bergerak dengan cara....
a. Meluncur
b. Menggelinding
c. Berputar
Jawaban: B. Menggelinding

2. Sumber energi pada televisi adalah....
a. Makanan
b. Listrik
c. Minyak
Jawaban: B. Listrik

3. Benda dapat jatuh kebawah karena adanya gaya ...
4. Jika dilempar ke dinding bole bergerak ...
5. Strika dapat menghasilkan energi ...
6. Permukaan lintasan yang kasar membuat benda bergerak akan lebih ...
7. Bentuk bumi adalah ...
8. Tuliskan 3 ciri dari mahluk hidup?
9. Tuliskan 2 hal yang mempengaruhi gerak benda?
10. Tuliskan salah satu cara yang dapat dilakukan untuk menghemat energi?
11. Tuliskan pengaruh cuaca bagi kehidupan manusia?
12. Tuliskan cara yang dapat dilakukan untuk melestarikan alam?

Bagaimana, bisa dikerjakan semua? Pasti bisa dong, kan sudah sering berlatih dan belajar bersama di situs soal dan jawaban ini. Sekarang karena sudah selesai maka kita sebaiknya lanjut ke beberapa soal lain yang ada di bagian bawah.

Supaya tidak harus internetan terus maka beberapa soal lain bisa langsung di cetak saja agar dapat dipelajari dengan santai.

Contoh Latihan Soal UTS IPA SD Kelas 3 dan Jawaban

Jangan lupa, banyak-banyaklah berlatih dengan mengerjakan soal untuk melengkapi kegiatan belajar yang sudah kita kerjakan di rumah seperti membaca, belajar kelompok dan lain sebagainya.

Dengan sering belajar mengulang pelajaran yang diberikan dan berlatih dengan soal maka kita akan lebih mudah mengingat berbagai materi tersebut.