Soal Mid UTS Pelajaran IPA SD Kelas 3

Ditulis oleh: Soal dan Jawaban -
Latihan Soal Mid UTS Pelajaran IPA SD Kelas 3 - Bagi adik-adik pelajar sekolah dasar atau SD yang ingin belajar dan berlatih dengan soal dan jawaban bisa menggunakan latihan yang akan diberikan kali ini.

Latihan berikut adalah latihan mid semester atau juga latihan uts khususnya untuk mata pelajaran ilmu pengetahuan alam. Latihan ini untuk adik-adik kelas 3 SD namun bagi kelas lain yang ingin latihan dengan soal ini juga tidak apa-apa.

Agak banyak tapi tidak terlalu banyak karena kita hanya akan berlatih mengerjakan 15 soal IPA SD yang semua soalnya tersebut merupakan soal isian dengan campuran 5 soal esai.

Soalnya gampang dan mudah kok apalagi jika kita sudah rajin belajar baik di sekolah maupun di rumah. Jadi tidak perlu malas dan takut untuk berlatih bersama-sama teman lain.

Selain itu latihan ini juga dapat digunakan oleh rekan guru yang sedang membutuhkan soal-soal untuk latihan anak didiknya di sekolah.

Dengan berbagai contoh soal berikut rekan guru bisa lebih mudah menyeleksi soal mana saja yang cocok untuk digunakan sebagai latihan bagi siswa-siswi di sekolah. Ini tentu akan meringankan sedikit beban kita dalam menyiapkan sarana belajar bagi semua murid.

Sekedar tambahan saja, latihan uts ini bisa digunakan untuk pelajar kelas 3 sd semester 2. Soal tersebut selengkapnya seperti di bawah ini!

A. Isilah titik-titik dibawah ini dengan jawaban yang sesuai!
1. Air yang mengalir memiliki energi........
2. Kincir angin dapat bergerak karena energi.........
3. Kincir angin dapat digunakan untuk.........
4. Sumber energi yang tidak akan habis yaitu..... 
5. Agar tidak cepat habis, pemakaian energi harus.......
6. Dua telapak tangan yang digesek-gesekan akan terasa...........
7. Energi panas berasal dari benda yang..........
8. Jika es dipanaskan akan berubah menjadi........
9. Gerak air berpindah tempat dari sungai ke laut disebut.......
10. Apabila bola basket dilempar ke tembol maka akan mengalami gerak.........
11. Daerah daratan yang paling tinggi adalah........
12. Laut yang sangat luas disebut.........
13. Lembah yang dalam dan sempit yang dindingnya curam disebut........
14. Perahu layar dapat bergerak maju karena di dorong oleh....
15. Tanpa adanya roda, mobil tidak akan bisa.........

Kalau ada soal yang sulit dan tidak bisa di jawab silahkan di catat atau ditandai saja. Nanti kalau sudah selesai latihan kita bisa mendiskusikan dan mencari jawaban dari soal-soal tersebut. Caranya kita bisa membuka kembali buku pelajaran atau buku cetak yang ada.

Selain itu kita juga bisa mencari jawaban dan penjelasan untuk soal tersebut di buku catatan kita. Selanjutnya mari kita kerjakan 5 Soal Contoh Mid UTS IPA SD berikutnya.

B. Jawablah pertanyaan dibawah ini dengan jawaban yang benar!
16. Sebutkan dua alat rumah tangga yang menggunakan energi listrik?
17. Sebutkan 5 sumber energi yang terdapat di sekitar kita?
18. Sebutkan hal-hal yang mempengaruhi gerak benda?
19. Apa kegunaan energi matahari bagi kehidupan kita?
20. Apa yang dimaksud dengan gerak mengalir? Berikan contohnya!

Selesai, intinya dengan latihan soal mid uts ini kita akan belajar memahami berbagai pelajaran yang sudah diajarkan oleh bapak dan ibu guru di sekolah. Sehingga kita bisa lebih paham dengan berbagai materi yang diajarkan tersebut.

Soal Mid UTS Pelajaran IPA SD Kelas 3

Jangan takut salah, jangan ragu untuk bertanya jika memang ada soal yang belum dipahami jawabannya. Dengan begitu latihan ini akan bermanfaat bagi kita semua.