Soal Ulangan Semester IPS Kelas 3 SD

Ditulis oleh: Soal dan Jawaban -
Contoh Soal Ulangan Semester IPS Kelas 3 SD - Berikut kita akan belajar atau berlatih dengan contoh soal ulangan semester khususnya untuk mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial. Latihan ini merupakan latihan untuk adik-adik sekolah dasar kelas 3 yang sebentar lagi akan menghadapi ujian kenaikan kelas.

Kunci kesuksesan agar pintar adalah selalu rajin belajar. Di sekolah kita belajar dengan mendengarkan berbagai materi yang diberikan oleh bapak dan ibu guru. Kita mendengarkan penjelasan-penjelasan yang diberikan agar kita mengerti dan paham tentang materi pelajaran tersebut.

Di rumah kita juga harus rajin, kita bisa membiasakan diri dengan mengulang berbagai pelajaran yang kita peroleh di sekolah.

Rajin membaca kembali catatan kita dari sekolah, rajin membaca buku - buku pelajaran yang ada serta rutin berlatih dengan soal dan jawaban bisa membantu kita menjadi siswa yang berprestasi dan pintar.

Untuk itulah, agar kita memiliki referensi yang lebih banyak untuk belajar maka kita akan membahas beberapa contoh soal semester IPS sebagai bahan latihan kita di rumah.

Soal latihan tersebut bisa kita gunakan untuk mencari tahu apakah kita sudah paham dengan pelajaran yang diberikan atau belum.

Selain itu, tentu latihan ini bisa berguna sebagai sarana untuk mengingat dan memahami kembali berbagai materi pelajaran yang sudah diajarkan. Dengan banyak berlatih menggunakan latihan-latihan ini secara rutin maka kita bisa menjadi lebih paham dengan pelajaran tersebut.

Untuk latihan kali ini akan ada 15 soal latihan pelajaran IPS yang bisa kita kerjakan. Semua soal latihan tersebut terbagi menjadi dua bagian yaitu latihan bagian A dan bagian B. Pada bagian A akan terdapat 10 soal dan pada bagian B akan terdiri dari 5 soal esai.

Jika kita bisa mengerjakan semua soal tersebut itu berarti kita sudah paham dengan materi pelajaran kelas 3 tersebut dan jika ada yang tidak bisa dikerjakan maka kita perlu mengulang kembali dan mempelajari lagi catatan yang kita miliki. Soal-soal tersebut selengkapnya seperti di bawah ini.

A. Isilah titik-titik dibawah ini dengan jawaban yang tepat!
  1. Lingkungan buatan dibuat oleh ….
  2. Pembangkit listrik tenaga air (PLTA) adalah manfaat dibangunnya ….
  3. Bau dari sampah yang membusuk menimbulkan … udara
  4. Gambar atau bagan yang menjelaskan suatu tempat, lokasi disebut ….
  5. Jarum kompas selalu menunjukkan arah …
  6. Untuk mengetahui .... ruang di dalam gedung kita membutuhkan denah.
  7. …. adalah arah antara utara dan timur.
  8. Matahari terbit dari arah …
  9. Lawan dari utara adalah …
  10. Arah anak panah pada denah menunjukkan arah …

Ingat, kalau ada soal yang tidak bisa dikerjakan kita cukup menandai saja soal tersebut karena setelah selesai nanti kita akan mencari jawaban dari soal tersebut dengan membuka kembali buku catatan dan buku cetak yang kita miliki.

Dengan begitu setelah selesai mengerjakan latihan ini maka kita bisa paham dengan seluruh materi tersebut. Sekarang mari kita lanjutkan ke soal bagian B, mari kita kerjakan dengan baik dan benar soal tersebut di bawah ini.

B. Jawablah pertanyaan berikut dengan benar!
  1. Sebutkan 2 manfaat dari bendungan bagi manusia tiga saja !
  2. Sebutkan 2 ( dua ) akibat penebangan liar di hutan !
  3. Sebutkan 2 manfaat air sungai !
  4. Sebutkan 2 (dua) cara menjaga kelestarian lingkungan sungai !
  5. Sebutkan 4 ( empat ) arah mata angin !

Demikianlah latihan kita kali ini. Selain Contoh Soal Semester IPS SD di atas masih ada beberapa soal sd lainnya yang bisa kita pelajari. Mari kita lihat dan pelajari juga beberapa latihan lainnya sesuai kebutuhan kita.

Soal Ulangan Semester IPS Kelas 3 SD

Pilih saja soal lain yang ingin kita kerjakan di bagian akhir tulisan ini, mudah-mudahan bisa menjadi bahan tambahan untuk belajar kita di rumah.