Contoh Soal Mid IPS Kelas 3 SD Semester 1

Ditulis oleh: Soal dan Jawaban -
Soal Mid IPS Kelas 3 SD - Berikut ini adalah koleksi selanjutnya untuk pelajar sekolah dasar (SD) yaitu soal latihan untuk mempersiapkan Ujian Tengah Semester (UTS) atau mid yang sebentar lagi akan dilaksanakan. Mau nilai bagus, caranya ya dengan belajar yang rajin. Tidak ada cara lain.

Adik-adik semua memang perlu belajar di rumah. Tidak usah lama-lama juga tidak apa-apa, tapi harus rutin. Dibuat jadwal untuk latihan. Bisa membaca buku cetak atau berlatih bersama ayah dan ibu mengenai pelajaran.

Kalau jadwalnya rutin tidak akan berat kok, hasilnya juga lebih bagus dari pada diborong. Makanya kita mengajak adik - adik semua belajar bersama dengan latihan-latihan seperti ini.

Selain adik-adik, mungkin bapak dan ibu guru ada yang membutuhkan referensi soal. Berikut bisa juga dijadikan bahan tambahan untuk sarana belajar anak-anak didik di kelas. Ada dua jenis soal yang bisa digunakan, soal isian dan soal uraian.

Soal berikut merupakan soal isian dan soal pertanyaan atau uraian. Tidak dilengkapi dengan kunci jawaban jadi bisa digunakan untuk pemantapan persiapan semester. Lain waktu akan kita lengkapi lagi dengan pembahasannya sekaligus.

I. Isilah titik-titik dibawah ini dengan jawaban yang tepat!
1. Sampah harus dibuang ke....
2. Sungai dan danau termasuk lingkungan....
3. Peristiwa pengikisan tanah oleh hujan disebut....
4. Arah mata angin antara utara dan timur adalah....
5. Laut, gunung, dan sungai termasuk lingkungan....
6. Contoh lingkungan buatan yang dimanfaatkan untuk menanam padi....
7. Gotong royong adalah....
8. Agar memudahkan siswa dalam membersihkan kelas maka dibuatlah jadwal.....
9. Pencemaran udara disebut.............udara.
10. Manusia adalah mahluk sosial karenanya manusia tidak dapat hidup....

Kalau ada kesulitan dalam mengerjakan soal IPS sd di atas ada baiknya adik-adik semua berkonsultasi atau bekerja kelompok di sekolah dengan teman-teman lain. Jangan lupa buka lagi buku pelajaran yang membahas materi yang ada di soal. Selanjutnya silahkan kerjakan beberapa pertanyaan berikutnya di bawah.

II. Jawablah pertanyaan dibawah ini dengan tepat!
11. Apa yang dimaksud dengan lingkungan alam? Berikan 3 contohnya!
12. Apa yang dimaksud dengan lingkungan buatan? Berikan 3 contohnya!
13. Apa yang dimaksud dengan denah?
14. Buatkan 8 petunjuk arah mata angin!
15. Apa yang dimaksud dengan kerjasama?


Setelah selesai silahkan coba kerjakan soal pilihan ganda Mid IPS Kelas 3 SD yang ada di bagian bawah, mudah-mudahan bisa menjadi referensi belajar yang bermanfaat, selamat mengerjakan kumpulan soal uts sd semester ganjil, soal-soal uts sd.