Contoh Soal Mid Bahasa Indonesia Kelas VI SD

Ditulis oleh: Soal dan Jawaban -
Contoh Soal Mid Bahasa Indonesia Kelas VI SD - belajar itu harus terus menerus dan rutin. Jangan hanya satu malam. Jangan hanya di kelas dan jangan hanya kalau diminta oleh bapak atau ibu di rumah. Adik-adik harus aktif dan rajin belajar sendiri.

Bisa dengan membaca buku dan bisa juga dengan berlatih mengerjakan soal - soal. Banyak kok manfaatnya. Nanti adik-adik bisa lebih mudah memahami pelajaran yang diajarkan guru di sekolah.

Semakin banyak kita melakukan latihan pemahaman dan pemecahan masalah itu akan semakin memperkuat dan mempertajam kemampuan kita.

Dalam belajar latihan pemecahan masalah ini dapat dilakukan dengan jalan latihan mengerjakan soal-soal. Makanya kita selalu mengajak adik-adik semua berlatih bersama. Kali ini juga begitu. 

Salah satu soal yang dapat digunakan untuk latihan contohnya soal mid mata pelajaran Bahasa Indonesia untuk siswa kelas xi sekolah dasar. Untuk itu, kali ini saya akan menguraikan mengenai contoh soal mid untuk pelajaran Bahasa Indonesia Kelas VI.

A. Cuplikan Soal Mid Bahasa Indonesia

Bagi adik-adik sekolah dasar yang tidak memiliki banyak waktu untuk menyalin semua soal-soal yang akan saya bagikan berikut ini saya sertakan cuplikan soal mid pelajaran Bahasa Indonesia yang dapat langsung dipelajari. Langsung saja silahkan simak cuplikannya berikut: (Kumpulan Soal dan Jawaban)

Kumpulan Soal Ulangan Bahasa Indonesia Kelas 6 SD Semester 1 
Bacalah teks bacaan dibawah ini!

33 Sekolah Dasar di Gunung Kidul Ditutup 
Pada tahun 2001 hingga sekarang, 33 sekolah dasar (SD) di Kabupaten Gunung Kidul Daerah Istimewa Yogyakarta, ditutup karena jumlah siswanya semakin berkurang. Sekolah Dasar yang ditutup itu, kemudian digabung dengan SD yang berdekatan. Sekolah dasar yang ditutup pada tahun 2001 ada 12 sekolah, kemudian menyusul 20 SD pada tahun 2002.

Penutupan sekolah dasar yang ada di daerah ini menyebabkan sebagian besar gedung sekolah itu rusak tidak terurus. Sejumlah gedung sekolah yang masih layak digunakan telah diminta oleh pemerintah desa setempat untuk kegiatan masyarakat.

Dinas Pendidikan Gunungkidul tidak berkeberatan jika gedung sekolah itu digunakan untuk kegiatan masyarkat desa, meskipun secara administrasi masih milik pemerintah kabupaten sehingga apabila pemerintah desa akan menggunakan gedung tersebut harus melalui proses perijinan. Adapun pemanfaatan gedung-gedung bekas sekolah dasar tersebut, belum diputuskan oleh pemerintah daerah setempat.

1. Sekolah dasar di Kabupaten Gunung Kidul Daerah Istimewa Yogyakarta, ditutup karena ….
a. jumlah siswanya semakin berkurang
b. sebagian besar gedung sekolah rusak
c. akan digunakan oleh masyarakat desa
d. gedung sekolah tersebut tidak terurus

2. Sekolah dasar Gunung Kidul secara administrasi milik ….
a. Masyarakat Desa
b. Pemerintah Desa
c. Pemerintah Kabupaten
d. RT / RW setempat

3. Pokok pikiran dalam wacana tersebut adalah ….
a. Dinas Pendidikan Gunung kidul tidak berkeberatan jika gedung sekolah itu digunakan untuk kegiatan masyarkat
b. Di Kabupaten Gunung Kidul Daerah Istimewa Yogyakarta banyak sekolah dasar yang ditutup.
c. Penutupan sekolah dasar yang ada di daerah ini menyebabkan sebagian besar gedung sekolah itu rusak
d. Sekolah dasar yang ditutup pada tahun 2001 ada 12 sekolah, kemudian menyusul 20 SD pada tahun 2002

4. "Oh, Kutilang, lama sekali aku merindukan suaramu …,” bisik Putri Intan. Bambam sangat gembira. Ia mendekati Putri Intan sambil mengibas-ngibaskan ekornya.
Tokoh dari kutipan Cerita diatas adalah ….
a. Kutilang
b. Putri Malu
c. Putri Intan
d. Merpati

5. Riska tidak pernah berbicara kasar terhadap siapa pun. Jika bertemu guru ia selalu memberi salam. Riska selalu menolong teman-temannya.
Sifat Riska dalam cerita tersebut adalah ....
a. Riska anak yang manja
b. Riska anak yang baik dan ramah
c. Riska suka mencari muka
d. Riska anak yang ramah (Kumpulan Soal dan Jawaban)

Namanya juga soal Bahasa Indonesia, pastinya panjang-panjang bangget ya…. Itu tadi cuplikan soal mid yang dapat adik-adik pelajari dirumah. Untuk soal lainnya silahkan lihat dibawah ini.

B. Salin Kumpulan Soal Mid Kelas VI 

Untuk dapat mempelajari soal mid diatas, silahkan salin atau download soal yang ada melalui tautan yang disediakan.

Sebagai tambahan lagi, berikut soal Mid kelas vi lainnya yang telah sebelumnya dibahas dalam blog ini. Silahkan coba dilihat-lihat dahulu soal lainnya dibawah ini siapa tahu dapat juga dipelajari sebagai bahan latihan.
  1. Contoh Soal Mid IPS SD Kelas VI
  2. Contoh Soal Mid IPA Kelas VI
  3. Contoh Soal Mid PKN Kelas VI
  4. Contoh Soal Mid Matematika Kelas VI

Jangan santai. Pelajaran bahasa Indonesia kan soalnya panjang - panjang. Kalau tidak latihan maka kita bisa ketinggalan teman lain. Eh, jangan salah. Teman lain meski sering bermain tapi tidak lupa belajar kok. Kamu saja yang tidak tahu.

Contoh Soal Mid Bahasa Indonesia Kelas VI 

Demikian lengkap sudah pembahasan kali ini, semoga soalnya dapat bermanfaat dan adik-adik dapat lebih pintar dan berhasil dalam belajarnya. Jangan lupa tetap semangat dan rajin mengerjakan latihan soal dan pembahasan.