Contoh Soal Teks Prosedur dan Jawaban

Ditulis oleh: Soal dan Jawaban -
Contoh Soal Teks Prosedur dan Jawaban - Belajar teori saja tidak cukup, perlu banyak berlatih dengan contoh soal jika kita ingin benar-benar menguasai suatu materi tertentu. Kali ini kita akan berlatih untuk materi atau pokok bahasan tentang teks prosedur.

Di sekolah bapak dan ibu guru telah menjelaskan panjang lebar mengenai materi ini, di rumah kita sudah mengulang kembali berbagai materi yang diajarkan dan sekarang giliran kita untuk berlatih soal jawaban dengan mengerjakan Contoh Soal Teks Prosedur untuk pemahaman lebih lanjut.

Pembahasan mengenai Soal Teks Prosedur dan Jawaban ini juga akan mengasah kemampuan kita dalam menyelesaikan masalah yaitu menjawab berbagai pertanyaan yang diajukan. Pembahasan mengenai soal kali ini juga berhubungan erat dengan beberapa uraian lain yaitu mengenai:

1) Teks procedure dan soal
2) Soal procedure text dan kunci jawaban
3) Soal procedure text smp kelas 9
4) Contoh soal procedure text
5) Contoh soal procedure text smp kelas 7
6) Contoh soal procedure text how to make fried rice
7) Contoh soal procedure text pilihan ganda beserta jawabannya

Dari beberapa uraian di atas jelas sekali bahwa inti dari uraiannya adalah mengenai pokok bahasan atau materi tentang teks prosedur atau dalam bahasa Inggris sering disebut dengan procedure text. 

Tapi jangan salah, uraian atau latihan ini bukanlah untuk pelajaran bahasa Inggris melainkan untuk pelajaran Bahasa Indonesia. 

Dalam latihan kali ini soal yang akan kita kerjakan adalah soal yang berbentuk uraian atau esai. Soal tersebut terdiri dari 4 nomor yang masing-masing harus kita jawab dengan benar. Soal latihan tersebut yaitu seperti di bawah ini.

Contoh Soal Teks Prosedur
1.  Jelaskan perbedaan teks prosedur dan teks prosedur kompleks!
2.  Sebutkan dan jelaskan struktur teks prosedur!
3.  Jelaskan kaidah kebahasaan teks prosedur kompleks!
4. Buatlah teks prosedur kompleks!

Empat nomor soal tersebut adalah soal tentang teks prosedur dan juga teks prosedur kompleks. Dalam latihan tersebut ada uraian yang harus kita jelaskan dan ada juga contoh teks yang harus kita buat. 

Jika ada soal yang memang tidak bisa kita kerjakan atau susah untuk kita kerjakan itu berarti kita belum begitu memahami mengenai materi ini. 

Solusinya, jika kita ingin paham maka kita harus mau untuk belajar kembali dengan membaca catatan dan buku cetak yang ada.

Jawaban Soal Teks Prosedur
1.   Teks prosedur adalah jenis teks yang menunjukkan dan menjelaskan sebuah proses dalam membuat atau mengoperasikan sesuatu melalui langkah-langkah secara sistematis dan teratur sedangkan teks prosedur kompleks adalah teks yang terdiri atas banyak langkah-langkah itu berjenjang dengan sub-langkah pada setiap langkahnya.

2.      Struktur teks prosedur ada dua yaitu tujuan dan langkah-langkah.
a. Tujuan yaitu hasil akhir yang akan dicapai.
b. Langkah-langkah yaitu cara- cara yang ditempuh agar tujuan itu tercapai atau urutan yang tidak dapat diubah urutannya.

3. Kata hubung (konjungsi) yang sering digunakan yaitu : jika,apabila,atau,seandainya

4.      Cara membuat botol kaca
a. kaca untuk botol di buat dari pasir, batu gamping, dan abu soda dengan menempuh langkah-langkah sebagai berikut.
b. pertama, ketiga bahan tersebut di campur secara proporsional.
c. kemudian, campuran itu dipanaskan dalam tungku pada suhu yang sangat tinggi.
d. setelah itu, campuran adonan itu dibentuk menjadi botol dengan cetakan.
e. kadang-kadang pecahan-pecahan kaca ditambahkan
f. selanjutnya, untuk memperkuat kaca botol-botol tersebut, botol-botol itu dipanaskan kembali, lalu di dinginkan.
g. akhirnya botol-botol itu siap untuk digunakan.


Untuk lebih mudah dalam belajar dari latihan ini maka setelah selesai mengerjakan Contoh Soal Teks Prosedur dan Jawaban tersebut jangan lupa untuk memahami pembahasan yang disertakan. 

Pembahasan atau kunci jawaban di atas tidak pasti benar jadi yang terpenting kita memahami mengenai materi yang ditanyakan dalam soal latihan tersebut.

Pendek saja, mudah-mudahan latihan kita kali ini bisa menambah pengetahuan serta pemahaman kita khusus untuk materi tentang Teks Prosedur pelajaran bahasa Indonesia.


Jika masih membutuhkan soal lain untuk materi ini kita bisa mempelajari contoh lain seperti soal pilihan ganda (PG) yang ada di bagian akhir tulisan ini. Itu saja, selamat mengerjakan.