Soal Gelombang Elektromagnetik dan Jawabannya

Ditulis oleh: Soal dan Jawaban -
Rekan sedang membutuhkan soal tentang gelombang elektromagnetik? Kebetulan sekali kali ini kita akan membahas mengenai soal gelombang elektromagnetik dan jawabannya. Silahkan disimak jika memang rekan sedang membutuhkannya karena selain soal tentunya disediakan juga kunci jawaban untuk soal tersebut.

Selain itu akan dibahas juga mengenai beberapa kumpulan soal gelombang elektromagnetik yang pernah dibahas sebelumnya.

Soal tentang materi fisika yang satu ini memang banyak kita butuhkan saat belajar di sekolah. Soal-soal seperti ini biasanya digunakan untuk berbagai keperluan baik.

Untuk siswa maupun untuk pendidik atau guru. Beberapa kegunaan dari Soal Gelombang Elektromagnetik seperti ini antara lain sebagai berikut:

a) Untuk tugas individu siswa
b) Untuk tugas kelompok
c) Sebagai bahan belajar tambahan bagi siswa
d) Sebagai sarana latihan
e) Sebagai sarana uji coba dan tes

Mengingat berbagai kegunaan dari soal tersebut tentunya kita tahu benar bahwa soal latihan seperti ini sangatlah penting untuk kita miliki.

Biasanya kita mendapatkan berbagai latihan seperti ini dari sumber yang diberikan oleh guru misalnya buku LKS, buku paket dan lain sebagainya.

Dulu kita hanya terpaku pada beberapa sumber saja namun sekarang kita bisa menambah referensi soal latihan seperti ini dari media lain seperti internet. 

A. Contoh Soal Gelombang Elektromahnetik dan Jawabannya

Berikut ini beberapa contoh soal tentang gelombang electromagnet yang akan kita bahas. Silahkan diamati dan dibaca contoh soalnya.

Contoh soal
1. Gelombang elektromahnetik termasuk dalam gelombang apa? Jelaskan!
Jawab: termasuk gelombang tranversal ynag tidak memerlukan medium rambat sehingga dapat merambat dalam ruang hampa dengan kecepatan c= =2,998 x 108 m/s yang sama dengan kecepatan cahaya.

2. Tuliskan hipotesis Maxwell!
Jawab: apabila perubahan magnetic dapat menimbulkan medan listrik, maka sebaliknya perubahan medan listrik pun akan dapat menimbulkan medan magnetik.

3. Sebutkan sifat-sifat gelombang elektromagnetik!
Jawab: dapat mera,bat dalam ruang hampa, merupakan gelombang transversal, merambat dalam arah lurus (tak terpengaruh medan listrik dan medan magnetik) serta dapat mengalami peristiwa pemantulan, pembiasan, interferensi, difraksi, dan polarisasi.

4. Tuliskan hubungan cepat rambat, panjang gelombang dan frekuensi gelombang elektromanetik!
Jawab: c=ƒλ

5. Semua gelombang elektromagnetik merambat dalam vakum dengan cepat rambat yang sama, yaitu?
Jawab: c= 3 x 108 m/s

6. Gelombang elektromagnetik terdiri dari?
Jawab: terdiri dari medan listrik dan medan magnetik yang berubah secara periodik dan serempak dengan arah getar tegak lurus satu sama lain dan semua tegak lurus terhadap arah rambat gelombang

7. Siapa orang yang pertama kali menguji hipotesis Maxwell?
Jawab: Heinrich Hertz

8. Sebutkan spektrum gelombang elektromagnetik berdasarkan kenaikan frekuensi atau penurunan panjang gelombang?
Jawab: gelombang radio, gelombang mikro, sinar inframerah, sinar tampak (cahaya), sinar ultraviolet, sinar-X, sinar gamma.

9. Gelombang radio memiliki jangkauan frekuensi yang cukup luas yang biasanya dihasilkan oleh?
Jawab: rangkaian osilator dalam alat-alat eletronika

10. Gelombang radio dihasilkan oleh?
Jawab: muatan-muatan listrik yang dipercepat melalui kawat-kawat penghantar.

B. Kumpulan Soal Gelombang Elektromahnetik dan Jawabannya

Selain soal yang sedang kita bahas disini, rekan pelajar juga dapat melihat-lihat beberapa kumpulan soal gelombang elektromagnetik yang sebelumnya pernah dibahas disini. Berikut beberapa kumpulan soal yang telah dibahas tersebut

Itulah beberapa kumpulan soal yang dapat digunakan sebagai latihan selain soal-soal yang sedang kita bahas sekarang.

Lain waktu saya akan selalu memberikan update terbaru pada soal-soal yang kita bahas disini. Bagi yang ingin mempelajari soal-soal tentang materi gelombang elektromagnetik tersebut bisa langsung menuju soal latihannya melalui tautan yang ada di bagian atas. 

Di akhir nanti, kita bisa menyalin latihan-latihan ini untuk dipelajari di rumah. Dengan begitu akan lebih mudah bagi kita untuk memahami berbagai jenis soal yang diberikan.

Jangan lupa, kalau ada soal yang sulit dan tidak dapat dikerjakan maka pelajari lagi poin atau materi yang berhubungan dengan soal tersebut.

C. Download Soal Gelombang Elektromahnetik dan Jawabannya

Jika rekan ingin membahas soal-soal ini dirumah, maka rekan semua dapat mendownload atau menyalin soal-soal tersebut untuk dipelajari di rumah.

Soal Gelombang Elektromagnetik dan Jawaban
[Download]

Rekan dapat menyalinnya melalui tautan yang sudah disiapkan dan jangan lupa rekan dapat berlangganan soal-soal dari blog ini sehingga rekan akan selalu mendapat update terbaru soal yang dibahas disini.