Contoh Soal Hiperbola dan Jawabannya

Ditulis oleh: Soal dan Jawaban -
Contoh Soal Hiperbola dan Jawabannya - Membahas suatu materi pasti akan ada latihan soal apalagi jika pelajarannya adalah matematika. Nah kali ini khusus untuk pembahasan tentang hiperbola dimana kita akan berlatih menggunakan contoh yang diberikan.

Contoh ini dibuat dan dikerjakan oleh pelajar sesuai dengan kemampuan dan pemahaman nya tentang materi tersebut. Masih ingat bukan apa yang dimaksud dengan hiperbola?

Pastinya dong, kalau masalah pengertian kan paling mudah untuk di hafal, beda dengan menghafal rumus-rumus. Sekedar mengingatkan saja, hiperbola adalah himpunan titik-titik yang selisih jaraknya terhadap dua titik tertentu tetap besarnya.

Jika jarak kedua titik tertentu tersebut adalah d, maka selisih jarak tersebut lebih kecil dari d. Berdasarkan definisi di atas kita dapat melukis hiperbola titik demi titik.

Kita tidak akan membahas panjang lebar mengenai materi, jika ragu dan merasa belum begitu memahami mengenai materi ini anda bisa membuka kembali catatan yang ada. Supaya tidak terlalu lama silahkan anda langsung berlatih dengan contoh soal hiperbola berikut ini.

Soal Hiperbola dan Jawabannya
1. Diketahui hiperbola dengan pusat (0,0) mempunyai asimtot y = 6/5 x dan koordinasi fokus (3,0). Persamaan hiperbola tersebut….

Pada sumbu x:
a2 x2 – b2 y2 = a2 b2
62 x2 – 52 y2 = 52 62
36x2 – 25y2 = 25 . 36
36x2 – 25y2 = 900
36x2 – 25y2 – 900 = 0


2. Hiperbola dengan pusat (0,0) mempunyai asimtot y = 2/3 x dan koordinasi titik fokus (0,2). Persamaan hiperbola tersebut:

Pada sumbu y:
b2 x2 – a2 y2 = a2 b2
32 x2 – 22 y2 = 32 22
92 x2 – 4 y2 = 9 . 4
92 x2 – 4 y2 = 36
92 x2 – 4 y2 – 36 = 0 

Bukan hanya soal di atas saja yang bisa anda pelajari, ada beberapa soal lain yang bisa anda kerjakan atau anda pahami.

Beberapa Contoh Soal Hiperbola dan Jawaban lain bisa anda lihat langsung pada gambar soal yang ada di bawah ini.

Contoh Soal Hiperbola dan Jawabannya

Anda bisa mencoba memahami, menelaah atau mengoreksi hasil jawaban yang ada pada contoh di atas. Jika mungkin, cobalah temukan jawaban yang salah dari beberapa latihan tersebut.

Dengan begitu langkah anda dalam mempelajari materi tentang hiperbola yang disertai dengan soal bisa lebih maksimal lagi.

Jangan lupa, banyak lho manfaat dari berlatih, tidak perlu disebutkan satu per satu bukan? Maka dari itu jika anda ingin pandai maka giatlah belajar dan berlatih.

Buang kebiasaan mengganggu, jangan pelihara rasa malas. Ingat kata ini, "malas kok dipelihara, kambing tu di pelihara bisa gemuk, bisa dijual!"


Supaya tidak menyesal dikemudian hari silahkan berlatih dengan Contoh Soal Hiperbola dan Jawabannya di atas, mudah-mudahan bisa lebih paham.

Jika sudah anda bisa belajar dengan beberapa soal matematika lainnya yang ada di bagian bawah. Anda bisa mencatat alamat website ini agar lebih mudah mencari soal dan jawaban yang dibutuhkan. Trims.