Soal TPA Terbaru dan Pembahasan

Ditulis oleh: Soal dan Jawaban -
Meski sedikit sibuk update ini saya sempatkan untuk membahas mengenai soal tes potensi akademik (tpa) yang banyak dibutuhkan. Pada update ini akan dibahas contoh terbaru yang disertai dengan pembahasan atau jawaban dari soal TPA, silahkan simak selengkapnya berikut.

Ingat, banyak sekali manfaat yang bisa di dapat dengan memperbanyak belajar dengan latihan-latihan seperti ini. Bukan hanya tambah pintar tapi akan meningkatkan kepercayaan diri kita dalam menjawab berbagai soal tes yang ada.

Kan memang sudah tidak asing lagi, biasanya saat akan menghadapi tes masuk baik itu untuk perguruan tinggi maupun kerja kita sering membutuhkan berbagai referensi soal untuk latihan misalnya latihan untuk test tpa.

Beberapa yang sering kita butuhkan berkaitan dengan tes potensi akademik antara lain sebagai berikut:
  1. Soal tpa sbmptn
  2. Contoh soal tes kompetensi dasar cpns
  3. Download latihan soal snmptn 2011
  4. Soal bidang studi dasar snmptn
  5. Soal tpa terbaru 2017
  6. Download soal tpa
  7. Soal tpa dan pembahasan
  8. Soal tpa pdf
  9. Soal tpa online
  10. Soal tpa bappenas
  11. Soal tpa snmptn

Pertama, biasanya kita akan mencari berbagai referensi latihan yang terbaru untuk melengkapi berbagai koleksi latihan soal yang sudah ada dari tahun-tahun lalu. Maka dari itu kita membutuhkan soal terbaru tahun ini.

Kemudian biasanya kita juga akan mencari berbagai referensi soal latihan yang bisa dipelajari dan dikerjakan di rumah, makanya kita membutuhkan yang bisa di unduh. Selain itu, dalam rangka mempersiapkan diri biasanya kita belajar juga dengan soal dan juga kunci jawabannya sekaligus. 

Selain beberapa referensi di atas tak jarang pula kita perlu mengukur kemampuan kita dengan mengikuti tes latihan secara online baik itu untuk kebutuhan mendaftar perguruan tinggi, melamar pekerjaan dan lain sebagainya.

Kesemua bahan latihan tersebut kita butuhkan untuk dipelajari agar kita lebih mengetahui cukup pengetahuan untuk menghadapi tes potensi akademik. Sekarang mari kita lihat beberapa latihan berikut!

1) Contoh Soal Tes Potensi Akademik Terbaru

Agar dapat memiliki sedikit gambaran mengenai soal tes yang akan dihadapi nantinya silahkan sobat semua simak langsung contoh soal tes potensi akademik yang saya maksud berikut ini.

Soal
1. ACEH: SERAMBI MEKAH =
A. Michael Jackson : King of Pop
B. Michael Shumacher : Pembalap
C. Miochael Gorbachev : Pemimpin Soviet
D. Madonna : Seksi
E. Ka’bah : Arab Saudi

2. KANTUK: KEPENATAN =
A. Mimpi : Tidur
B. Marah : Kegeraman
C. Muka : Ekspresi
D. Ceria : Akting
E. Senyum : Kegembiraan
3. BUNGA: RIBA =
A. Hasrat : Ekstravaganza
B. Hemat : Kikir
C. Khawatir : Bangkrut
D. Akrab : Sengit

4. BAIT: PUISI =
A. Bendera : Lagu Kebangsaan
B. Loteng : Bangunan
C. Sajak : Prosa
D. Hiasan Dinding : Lukisan
E. Rumah : Keluarga

5. HUTAN: POHON =
A. Papan : Kayu
B. Armada : Kapal
C. Mawar : Duri
D. Rak : Buku
E. Baris : Peleton

6. ANALGESIK: NYERI =
A. Ketahanan : Perkakas
B. Improvisasi : Musik
C. Pelumas : Gesekan
D. Kepercayaan : Tipuan
E. Masalah : Pening

7. FILM: SKENARIO =
A. Drama : Panggung
B. Sandiwara : Plot
C. Teater : Acara
D. Resital : Tinjauan

Bagaimana, bisa mengerjakan semua latihan di atas? Tenang, ini cuma latihan jadi jika ada soal yang sulit tidak perlu di pikirkan terlalu serius dan stress.

Yang perlu di lakukan adalah mendalami berbagai soal latihan tersebut agar jika kita mendapatkan soal di atas kita bisa mengerjakannya dengan mudah dan benar.

2) Pembahasan Soal TPA Terbaru

Sudah coba berlatih dengan beberapa contoh di atas? Kalau sudah sekarang saatnya kita mencoba mendalami berbagai contoh tersebut dengan melihat jawaban dan juga pembahasan yang sudah disiapkan. Berikut ini adalah kunci jawaban sekaligus pembahasan soal dari latihan yang sudah kita kerjakan di atas.

1. Aceh mempunyai julukan Serambi Mekah. Katakata yang mempunyai padanan hubungan dengan soal adalah Michael Jackson: King of Pop, karena Michael Jackson mempunyai julukan King of Pop.
Jawaban: A

2. Kantuk muncul akibat sebuah kepenatan. Maka, kata-kata yang mempunyai padanan hubungan dengan soal adalah Senyum: Kegembiraan, karena senyum muncul akibat sebuah kegembiraan.
Jawaban: E

3. Bunga adalah sebuah konotasi yang baik dari kata riba. Maka, kata-kata yang mempunyai padanan hubungan dengan soal adalah Hemat: Kikir, karena hemat adalah sebuah kono-tasi yang baik dari kata kikir.
Jawaban: B

4. Bait merupakan salah satu bagian yang terdapat pada sebuah puisi. Maka, kata-kata yang mempunyai padanan hubungan dengan soal adalah Loteng: Bangunan, karena loteng merupakan salah satu bagian yang terdapat pada sebuah bangunan.
Jawaban: B

5. Hutan merupakan tempat berkumpulnya pepohonan. Maka, kata-kata yang mempunyai padanan hubungan dengan soal adalah Armada: Kapal, karena armada merupakan tempat berkumpulnya kapal-kapal.
Jawaban: B

6. Analgesik merupakan sesuatu yang dapat mengurangi nyeri. Kata-kata yang mempunyai padanan hubungan dengan soal adalah Pelumas: Gesekan, karena pelumas merupakan sesuatu yang dapat mengurangi gesekan.
Jawaban: C

7. Di dalam sebuah film ada satu bagian yang disebut skenario. Kata-kata yang mempunyai padanan hubungan dengan soal adalah Sandiwara: Plot, karena di dalam sebuah sandiwara ada satu bagian yang disebut plot.
Jawaban: B

Akan lebih baik jika contoh soal ini dipelajari dengan lebih serius secara menyeluruh. Untuk itu, bagi yang berminat untuk mempelajari contoh soal tpa terbaru ini dapat langsung memanfaatkan tautan yang disertakan untuk menyalin soal dan pembahasannya.

Soal TPA Terbaru dan Pembahasan

Saya cukupkan sampai disini saja informasi yang dapat diberikan melalui update soal dan jawaban kali ini tentang Contoh Soal Tes Potensi Akademik (TPA) Terbaru dan Pembahasan ini, semoga informasinya dapat bermanfaat bagi sobat yang membutuhkan.