Soal Matematika SD Kelas 3 Semester 1 dan Pembahasan

Ditulis oleh: Soal dan Jawaban -
Kumpulan Soal Matematika SD Kelas 3 Semester 1 dan Pembahasan - Berikut ini adalah sebuah soal terkait dengan operasi hitung bilangan yang dipruntungkan untuk para siswa-siswi kelas 3 semester 1. Yang mana soal ini adalah soal sebagai sebuah media pembelajaran untuk para adik-adik semua khususnya untuk pelajaran Matematika.

Mudah-mudahan dapat meudahkan adik-adik semua dalam menghadari ulangan ataupun ujian. Tetapi untuk mencapai sebuah keberhasilan tentulah harus didorong juga dengan sebuah semangat yang tinggi dan kerja keras, serta jangan pernah lelah untuk meminta petunjuk kepada tuhan. 

Hal ini adalah sebuah kendaraan anda semua dalam menuju kesuksesan, agar jalan menuju kesuksesan dapat diraih dengan mudah. Tanpa perlu berpanjang lebar, marilah kita simak bersama-sama tentang sebuah soal yang bisa menjadi media belajar adik-adik semua. 

Isilah dengan benar soal matematika di bawah ini, pastikan anda mengeceknya kembali setelah mengerjakannya. Selesaikan soal-soal cerita berikut!

Contoh Soal Matematika Sd Kelas 3 Semester 1 

1) Amir menghitung banyak kelereng yang ia kumpulkan sejak kelas 1 SD. Seteah dihitung kelereng warna hijau ada 1.375 dan kelereng warna merah ada 973. Berapa banyak kelereng Amir seluruhnya?

Di atas adalah sebuah soal yang berbentuk cerita yang menceritakan sebuah jumlah kelereng warna merah dan warna hijau yang dimiliki oleh Amir. Dalam soal tersebut yang menjadi pertanyaan adalah berapakah jumlah keseluruhan kelereng yang dimiliki oleh Amir, sedang kelereng yang berwarna hijau sebanyak 1.375, sedang yang berwarna merah sebanyak 973. 

2) Seorang petani memanen jeruk sebanyak 3.718 dan memanen mangga sebanyak 2.123. Berapa banyak jeruk dan mangga yang di panen petani tersebut?

Soal di atas menjelaskan tentang sebuah petani yang memanen mangga dan jeruk. Dalam soal tersebut yang menjadi pertanyaan adalah berapakah jumlah keseluruhan jeruk dan mangga yang dimiliki oleh petani. Sedang soal tersebut hanya mencantumkan jumlah mangga dan jeruk secara terpisah, jadi berapakah jumlah total keseluruhan antara mangga dan jeruk..?

3) Jumlah penduduk kelurahan Sukatani 1.231 dan Jumlah penduduk kelurahan Ciparai 2.385. Berapa banyak jumlah penduduk kedua kelurahan tersebut?

Soal tersebut adalah soal yang menjelaskan tentang jumlah penduduk dari pada masing-masing kelurahan, yaitu kelurahan Sukatani, dan kelurahan Ciparai. Jumlah penduduk yang dimiliki oleh kelurahan Sukatani sebanyak 1.231, sedangkan penduduk yang dimiliki oleh kelurahan Ciparay mencapai 2.385. Pertanyaannya adalah berapakah total keseluruhan jumlah penduduk kelurahan Sukatani, dan kelurahan Ciparai jika dijumlahkan.

4) Pak Asep memanen 1.350 jambu merah, 1.875 jambu hijau, dan 873 jambu putih. Berapa banyak panen jambu Pak Asep seluruhnya?

Soal di atas adalah soal yang mempunyai pengertian tentang sebuah hasil panen yang dimiliki oleh pak Asep, yang meliputi jambu merah, jambu hijau, dan jambu hijau. Untuk jambu merah mempunyai jumlah 1.350, jambu hijau sebanyak 1.875, sedangkan jambu putih 873. Berapakah jumlah keseluruhan jambu yang dipanen oleh pak Asep..?

5) Agni ingin menghitung banyak halaman buku matematika dari kelas 1 sampai kelas 3 SD. Buku kelas 1 SD sebanyak 145 halaman, buku kelas 2 SD sebanyak 130 halaman. Berapa banyak halaman buku yang dihitung Agni seluruhnya?

Soal ini mempunyai sebuah pengerian tentang jumlah buku yang hendak dihitung oleh Agni. Yang mana pada cerita soal tersebut sudah tertulis bahwa Agni ingin menghitung keseluruhan jumlah halaman buku matematika dari kelas 1 sampai kelas 3.

Untuk kelas 1 sebanyak 145 halaman, kelas 2 sebanyak 130 halaman, berapakah jumlah keseluruhan jumlah halaman yang buku matematika tersebut..?

Contoh Soal Matematika dan Pembahasan

Demikianlah tadi contoh soal matematika kelas 3 yang sudah bisa langsung dikerjakan oleh adik-adik semua. Selain soal di atas masih ada beberapa soal latihan lain yang bisa dipelajari. Silahkan pilih dibagian bawah.