Contoh Soal Pendidikan Agama Islam SMP

Ditulis oleh: Soal dan Jawaban -
Advertisement
Contoh Soal Pendidikan Agama Islam SMP - Melengkapi berbagai latihan yang sudah ada, masih ada soal latihan lain yang bisa dipelajari khususnya untuk mata pelajaran pendidikan agama Islam. Soal yang akan dibahas berikut ini bukan untuk soal mid, atau soal semester atau bahkan ujian tetapi hanya sekedar untuk latihan materi saja.

Dengan banyak belajar dan didampingi dengan banyak berlatih soal maka kita bisa lebih mudah dalam memahami materi yang diajarkan oleh bapak dan ibu guru di sekolah. Ingat, pelajaran PAI ini kan sangat penting untuk kehidupan masa depan, jadi kalau bisa nilainya juga harus bagus-bagus, benar bukan?

Latihan seperti ini bisa untuk ajang uji coba kemampuan sekaligus untuk mengukur pemahaman kita terhadap materi pelajaran yang sudah dipelajari. Kalau sudah sering berlatih diharapkan akan lebih mampu mengerjakan berbagai test atau ujian yang dihadapi. Makanya, kenapa tidak rutin belajar mengerjakan soal-soal?

Yang kali ini adalah latihan untuk jenis soal pilihan ganda (PG). Soalnya ada 10 soal agama islam yang pilihan ganda-nya sampai huruf d. Latihan ini sebenarnya akan diberikan dengan kunci jawaban tetapi belum sempat jadi diberi pembahasan atau penjelasan dari masing-masing soalnya. Berikut selengkapnya latihan tersebut!

1. Memanjangkan suara ketika membaca huruf-huruf yang wajib dibaca panjang disebut bacaan…
a. qalqalah
b. mad
c. waqaf
d. ikhfa’

Soal pertama ini maksudnya, bacaraan pada huruf yang wajib dibaca panjang ketika memang huruf tersebut wajib dibaca panjang. Seperti misal dalam Al-Quran, contoh huruf yang wajib di baca panjang meliputi harakat yang berdiri, atau menyerupai alif tetapi bentuknya kecil. Adapun di depan huruf tersebut terdapat huruf lam. Apa nama yang semacam itu coba?

2. Alif, Wawu, dan Ya’ adalah huruf-huruf …
a. qalqalah
b. idzhar
c. waqaf
d. mad

Biasanya bacaan pada al-qurran juga banyak variasi cara melafalkannya. Macam-macam variasi pelafalan tersebut tentu tergantung dari pada harakat, dan huruf yang ada pada bacaan tersebut. Adapun kandungan atau maksud dari soal ini adalah terkait dengan sebuah huruf yang meliputi Alif, Wawu, dan Ya’. Pertanyaannya adalah di sebuat huruf apakah huruf-huruf tersebut..?

3. Mad thabi’i disebut juga …
a. mad asli
b. mad jais munfashil
c. mad wajib muttashil
d. mad badal

Maksudnya adalah sebuah pengertian atau nama lain dari pada mad thabi’i, yang bisa anda pilih jawabannya di bawah. Mad thabi’i juga termasuk ke dalam salah satu sebuah istilah yang sering digunakan dalam istilah kaidah pembacaan al-quran. Dan di dalam soal ini, apakah  nama lain dari pada mad thabi’i..?

4. Mad thabi’i menurut bahasa artinya?
a. syariat
b. berhenti
c. tabiat
d. kaifiat

Sebuah soal yang menjelaskan tentang pengertian mad thabi’i secara bahasa. Dalam kaidah membaca al-quran memang haruslah penting mengetahui definisi dari pada mad thabi’i secara bahasa. Dengan mengetahui isi dari mad thabi’i secara bahasa, maka andapun bisa memahami mad tahabi’i secara istilah. Dan apakah pengertian mad thabi’i secara bahasa..?

5. Iman kepada Rasul Allah termasuk rukun iman yang ke …
a. 2
b. 3
c. 4
d. 5

Iman artinya takut kepada kekuasaan-kekuasaan Allah. Dan kita sebagai manusia atau hambanya yang tidak berdaya, sudah seharusnya beriman kepada-Nya dan cipta-ciptanNya. Salah satu yang tidak boleh dilewatkan untuk diimani adalah Rosullullah SAW. 

Karena beliaulah yang memabawa dari jaman kebodohan ke jaman berkemajuan. Selain itu Rosullulah juga merupakan Rosul terakhir yang wajib untuk diimani oleh umat manusia. Dan pertanyaannya adalah rukun iman keberapakah yang menyuruh kita iman kepada Rosull..?

Bagaimana, bisa dikerjakan semua soalnya? Kalau bisa itu berarti teman semua sudah paham dengan materi pelajaran yang berkaitan tema ini. Tinggal ditingkatkan lagi saja. Nah, tapi di atas baru lima soal, silahkan dilanjut ke soal berikutnya mulai dari nomor enam sampai selesai.

6. Fathanah ialah sifat wajib bagi Rasul, artinya …
a. menyampaikan
b. benar
c. dapat dipercaya
d. cerdas

Nabi Muhamad SAW, sebagai rosul terakhir yang diutus oleh Allah, dan harus diimani oleh umat manusia, memiliki sebuah sifat-sifat terpuji atau sebuah sifat-sifat wajib yang melekat kepadanya. Salah satu sifat wajib bagi Rosul adalah sifat Fathanah, dan pertanyaannya apa arti dari fathanah dalam sifat wajib bagi Rosul..?

7. Dibakar api tidak mempan adalah mukjizat dari …
a. Nabi Isa As.
b. Nabi Zakariya As.
c. Nabi Nuh As.
d. Nabi Ibrahim As.

Allah telah memberikan sebuah kemukjizatan bagi para nabi dan rosulnya. Namun tidak semua nabi dan rosul memiliki sebuah mukjizat, ada beberapa nabi yang memang dianugrahkan sebuah mukjizat untuk menyebarkan agama-Nya. Salah satu mukjizat yang pernah diturunkan Allah kepada nabinya adalah tidak mempan dengan bara api, siapakah nabi yang diberikan mukjizat yang demikian tersebut..?

8. Salah satu Rasul Ulul Azmi adalah …
a. Nabi Zakariya As.
b. Nabi Sulaiman As.
c. Nabi Syu’aib As.
d. Nabi Isa As.

Ulul Azmi adalah sebuah mukjizat yang Allah turunkan untuk para Rosullnya, untuk mereka pergunakan menyebarkan agama Allah. Ada 5 Rosul yang mendapatkan gelar ulul Azmi ini, dan diantara kelima rosul tersebut nabi Muhamad SAW, juga termasuk yang mendapatkan gelar tersebut. Dan pertanyaannya adalah siapakah salah satu dari nama-nama nabi dan rosul di bawah ini yang mendapatkan gelar ulul Azmi..?

9. Tugas semua Nabi dan Rasul adalah sama yaitu …
a. melindungi kaumnya dari musuh
b. menjauhi yang dijalankan rasul
c. menyampaikan ajaran tauhid
d. memberi hukuman kaumnya

Allah mengutus nabi dan Rosul tentu bukan sebuah tanpa alasan. Karena memang Allah sejatinya mempercayakan kepercayaan sebesar-besarnya kepada nabi-nabi dan Rosulnya. Namun apakah sebenarnya tujuan nabi dan Rosul Allah di utus ke dunia ini..?

10. Mustahil Rasul bersifat kizib, artinya …
a. menyembunyikan
b. menyampaikan
c. dapat dipercaya
d. dusta

Selain sebuah sifat wajib yang melekat pada diri Rosullulah, ada juga sebuah sifat mustahil bagi rosullulah. Sifat mustahil artinya sifat yang memang tidak ada dan tidak pernah ada pada diri Rosullulah, sebab itulah disebuat sifat mustahil bagi Rosul. Salah satu sifat mustahil bagi Rosul adalah sifat Kizib, apa yang dimaksud dengan sifat Kizib..?