Soal Latihan Ulangan Matematika SD Kelas 4

Ditulis oleh: Soal dan Jawaban -
Contoh Soal Latihan Ulangan Matematika SD Kelas 4 - Belajar matematika paling menyenangkan karena bisa pintar berhitung. Adik-adik SD jangan malas belajar ya, apalagi kalau di rumah. di sekolah memperhatikan penjelasan guru. 

Di rumah juga harus mengulang apa yang sudah dijelaskan di sekolah. Adik-adik harus membaca kembali buku catatan atau buku cetak yang ada.

Kalau sudah rajin seperti itu tinggal melengkapi dengan latihan soal. Latihan soal ini bisa untuk menguji kemampuan kita, bisa juga untuk mengingat kembali pelajaran yang sudah dipelajari. Selain itu juga untuk melatih dengan berbagai jenis soal ulangan atau soal ujian.

Kali ini latihan kita untuk pelajaran matematika SD yaitu khususnya untuk adik-adik kelas 4 (empat). Latihan ini diambil dari materi semester 1 (satu) yang sudah dipelajari. Mudah-mudahan bisa jadi sarana untuk mengingat dan memahami berbagai materi yang sudah dipelajari di sekolah.

A. Pilihlah jawaban yang benar!
1) Kelipatan 4 antara 20 dan 30 adalah...
a. 24, 28
b. 20, 24, 28, 32
c. 24, 28, 32
d. 20,24,28

Soal di atas adalah sebuah soal tentang sebuah kelipatan yang ada pada mata pelajaran matematika. Yang mana pada printah soal di atas adalah kelipan 4 antara 20 dan 30 adalah. Pada bagian bawahnya sudah tersedia sebuah jawaban, dan anda hanya diperkenankan untuk memilih satu yang menurut anda benar. 

2) Bilangan yang termasuk kelipatan 8 adalah...
a. 24
b. 21
c. 36
d. 27

Soal di atas adalah sebuah soal yang menjelaskan tentang sebuah materi terkait dengan kelipatan. Yang aman pada soal di atas memberikan sebuah angka 8 sebagai sebuah media dalam soal tersebut. 

Dan perintah soal tersebut adalah berapakah kelipatan dari pada angka 8. Dan anda bisa memilih salah satu dari jawaban yang ada.

3) Faktor dari 45 adalah...
a. 1,3,5,9
b.1,5,9,15,45
c.3,5,15
d.1,3,5,15,45

Soal di atas adalah sebuah soal terkait dengan sebuah faktor dari 45. Yang mana sudah ada 5 jawaban pada bagian bawah, dan anda hanya diperkenankan untuk memilih jawaban satu saja. Pilihlah jawaban yang menurut anda benar, dan hati-hati dalam memilih agar tidak menyesal nantinya.

4) Faktor 20 yang kurang dari 15 adalah...
a. 1,2,5
b. 1,2,3
c. 1,2,4,5,10
d. 1,2,4,5,15

Adalah sebuah soal yang terkait dengan sebuah faktor. Yang mana pada soal di atas menjelaskan tentang sebuah soal yang berisi faktor 20 yang kurang dari 15 adalah. Pada bagian bawah sudah tersedia sebuah jawaban terkait dengan sebuah soal di atas. Diantara kelima jawaban tersbut hanya satu yang merupakan jawaban yang benar.

5) Faktor prima dari 60 adalah...
a. 2 dan 3
b. 3 dan 5
c. 2 dan 5
d. 2,3 dan 5

Soal di atas adalah sebuah soal yang menjelaskan tentang sebuah faktor prima. Yang mana bunyi soal di atas adalah faktor prima dari 60 adalah. Pada bagian bawah soal sudah terdapat jawaban yang berjumlah 5. Anda hanya dipertkenankan untuk memilih salah satu dari jawaban tersebut.

6) Bilangan yang termasuk kedalam persekutuan 16 dan 24 adalah...
a. 48
b. 32
c. 50
d. 72

Soal di atas adalah sebuah soal yang berisi dan mempunyai maksud tentang bilangan persekutuan. Yang mana printah soal di atas adalah bilangan yang temasuk ke dalam persekutuan 16 dan 24 adalah. Pada bagian bawah sudah terdapat sebuah daftar jawaban yang berjumlah 5, pilihlah salah satu.

7) Faktor persekutuan dari 18 dan 12 adalah...
a. 1,2,3
b. 1,2,3,6
c. 1,2,4
d. 1,2,4,6

Masih dalam soal terkait dengan sebuah faktor. Yang mada pada soal di atas menjelaskan tentang sebuah faktor persekutuan dari 18 dan 12 adalah. Pada bagian bawah sudah tersedia sebuah jawaban terkait dengan sebuah jawaban dari soal tersebut. Tetapi hanya satu jawaban yang benar, untuk itulah pilihlah 1 jawaban yang menurut anda benar.

8) Faktor persekutuan terkecil (KPK) dari 15 dan 20...
a. 60
b. 40
c. 35
d. 15

Soal di atas adalah sebuah soal terkait dengan sebuah perseukutuan terkecil. Yang mana printah dari pada soal di atas adalah faktor persekutuan terkecil dari 15 dan 20 adalah. Pada bagian bawah sudah tersedia sebuah jawaban terkait dengan soal yang ada. Anda diperkenankan untuk memilih salah satu dari jawaban tersebut.

9) Faktor persekutuan terbesar (FPB) dari 24 dan 30...
a. 15
b. 18
c. 6
d. 24

Soal di atas adalah sebuah soal terkait dengan sebuah faktor persekutuan terbesar. Yang mana pada sebuah printah dalam soal tersebut adalah faktor dari persekutuan terbesar dari 24 dan 30 adalah. Pada bagian bawah sudah tersedia sebuah jawaban terkait dengan sebuah soal yang sudah disediakan. 

10) Tina membungkus 48 jeruk dan 20 apel ke dalam beberapa kantong plastik. Jeruk akan dibagikan secara merata ke setiap kantung plastik. Paling sedikit kantung plastik yang dibutuhkan adalah.....buah.
a. 5
b. 4
c. 15
d. 12

Soal di atas adalah sebuah soal teekait dengan sebuah soal crita. Yang mana soal di atas menjelaskan tentang Tina yang membungkus 48 jeruk dan 20 apel ke beberapa plastik. Terkait dengan sebuah pertannyaan adalah berpakah banyak plastik yang dibutuhkan untuk buah Tina yang hendak dibungkus.

Soal Latihan Ulangan Matematika SD Kelas 4

Bagaimana, bisa tidak mengerjakan soal matematika kelas 4 di atas? Pasti bisa dong. Kan sudah dijelaskan mengenai apa yang diminta oleh soal tersebut. 

Pokoknya terus berlatih ya. Adik-adik jangan sampai malas belajar. Belajar yang rutin di rumah. Dengan membaca kembali buku catatannya dan juga buku cetaknya. Selain itu diselingi juga dengan latihan soal. Biar cepat paham ya.