Soal Dimensi dan Alat Ukur

Ditulis oleh: Soal dan Jawaban -
Contoh Soal tentang Dimensi dan Alat Ukur - Belajar kalau tidak rutin itu berat, untuk pelajaran apapun dan untuk materi apapun. Maka dari itu, sebagai siswa sudah seharusnya kita selalu rajin belajar karena tugas kita hanya belajar agar pintar. 

Bagi rekan yang sedang mencari bahan untuk latihan soal bisa ikut bergabung di sini. Kali ini kita akan belajar untuk materi dimensi dan alat ukur. Sudah belajar materi ini bukan?

Pada bagian ini kita akan mendalami dua materi sekaligus dengan beberapa soal yang sudah disiapkan. Pertama, kita akan mendalami materi tentang dimensi melalui beberapa soal yang sudah disiapkan. 

Dengan latihan soal ini diharapkan kita bisa paham dan menguasai materi tersebut. Yang kedua, kita akan berlatih soal tentang alat ukur. Disini nanti akan disiapkan beberapa contoh soal yang bisa dipelajari lebih lanjut. 

Dua jenis soal tersebut masing-masing akan terdiri dari 5 soal latihan yang akan diberi penjelasan untuk masing-masing soalnya. Mohon maaf, kali ini kita akan berlatih tanpa jawaban atau pembahasan. 

Jadi, pada soal ini kita akan latihan mengerjakan seluruh soal yang diberikan. Karena tidak ada kunci jawaban yang disediakan maka contoh soal ini bisa dijadikan bahan test untuk mengetahui sejauh mana pemahaman terhadap materi yang dipelajari.

1) Soal tentang Dimensi
1) Satuan percepatan adalah....
A. meter.sekon−2
B. meter−2 . sekon
C. kilogram.meter.sekon−2
D. kilogram.meter−2 .sekon
E. kilogram. (meter.sekon)−2

Di atas adalah sebuah soal tentang satuan percepatan, yang mana sebagai sebuah bahan refrleksi. Biasanya soal tersebut selalu muncul pada ujian harian, atau setiap semester tiba. 

Soal tersebut adalah sebuah soal yang mudah untuk dikerjakan, bila memang anda tahu jalan yang harus anda lakukan. Jalan yang mseski harus anda lakukan adalah anda mesti rajin belajar, dengan demikian soal yang demikian ini bisa sangat mudah anda kerjakan.

2) Satuan-satuan berikut dapat digunakan untuk menyatakan besar momen gaya yang bekerja pada suatu benda:

(1) newton.meter
(2) dyne.cm
(3) joule
(4) erg 

Yang benar adalah...
A. 1, 2 dan 3
B. 1 dan 3
C. 2 dan 4
D. 4
E. 1, 2, 3 dan 4

Sebuah soal terkait tentang satuan yang bisa menyatakan besar momen gaya yang bekerja pada suatu benda. Yang mana bagian bawahnya ada sebuah daftar tentang kumpulan-kumpulan sbeuah daftar satuan yang menyatakan besar momen gaya yang bekerja pada suatu benda. Yang manakah kiranya satuan tersebut..?

3) Perhatikan besaran-besaran berikut ini.
(1) gaya
(2) daya
(3) berat 
(4) energi 

Besaran-besaran dengan dimensi yang sama adalah....
A. 1 dan 2
B. 1 dan 3
C. 1 dan 4
D. 2 dan 3
E. 2 dan 4

Soal tersebut menerangkan tentang sebuah besaran yang mempunyai sebuah dimensi yang sama. Seperti yang kita semua ketahui memang, besaran dalam sebuah dimensi memang beragam, tetapi ada yang sama. 

Dalam daftar tersebut ada sebuah besaran yang mempunyai dimensi yang sama. Pertanyaannya adalah yang mana besaran yang mempunyai dimensi yang sama..?


4) Perhatikan besaran-besaran berikut ini.
(1) tekanan
(2) momen gaya
(3) usaha 
(4) berat 

Besaran-besaran dengan dimensi yang sama adalah...
A. 1 dan 2
B. 1 dan 3
C. 1 dan 4
D. 2 dan 3
E. 2 dan 4

Masih dalam soal yang sama yaitu sebuah besaran yang mempunyai sebuah dimensi yang sama. Pada soal ini juga sudah dicantumkan tentang sebuah daftar tentang beberapa pilihan besaran, yang diantara besaran tersebut mempunyai sebuah dimensi yang sama. Pertanyaannya adalah pada bagian manakah dimensi yang sama pada daftar besaran tersebut..?


5) Dimensi [M][L]−1 [T]−2 menyatakan dimensi dari besaran....
A. impuls
B. energi
C. gaya 
D. momentum 
E. tekanan

Soal ini menjelaskan tentan sebuah dimensi, yang mana bisa anda lihat pada bagian atas ada sebuah rumus tentang dimensi. 

Dan rumus tersebut adalah sebuah rumus yang menyatakan sebuah dimensi pada suatu besaran. Pertanyaaannya adalah besaran apakah ini yang mempunyai sebuah rumusan dimensi tersebut..?


2) Soal tentang alat ukur
1) Berikut ini merupakan system pembacaan jangka sorong yang umum, kecuali…
A. System analog dengan garis garis berskala
B. System elektrik dengan penunjuk angka digital
C. System pembacaan dengan jam ukur
D. System penunjukan dengan model koordinat

Soal tersebut adalah soal yag menerangakan tentang sebuah sistem pembacaan jangka sorong secara umum. Pada bagian bawahnya sudah ada sebuah pilihan jawaban terkait dengan sebuah sistem pembacaan jangka sorong secara umum. Pertanyaannya adalah yang manakah yang bukan sebuah sisetm pembacaan jangka sorong secara umum..?

2) Dibawah ini cara penggunaan jangka sorong, kecuali…
A. Buka pengunci
B. Tempatkan benda kerja di rahang bawah dan rahang  atas
B. Buka rahang jangka dan posisikan di kedua sisi benda yang diukur
D. Dorong rahang terhadap benda

Soal tersebeut menjelaskan tentang sebuah cara penggunaan jangka sorong. Pada bagian bawahnya ada sebuah keterangan  berupa jawaban yang terkait dengan jawaban tersebut. 

Diantara 4 jawaban tersebut hanya 1 yang tidak termasuk ke dalam cara pemakaian jangka sorong. Yang manakah yang bukan termasuk ke dalam sebuah cara pemakaian jangka sorong pada jawaban di atas..?

3) Salah satu tujuan alat  ukur jangka sorong di kalibrasi sebelum digunakan adalah?
A. Menjamin hasil pengukuran secara tepat dan akurat
B. Mencari angka nol
C. Mencari jenis ketelitian alat ukur jangka sorong
D. Menguji kelayakan alat ukur jangka sorong

Soal tersebut menjelaskan tentang sebuah tujuan alat ukur jangka sorong di kalibrasi sebelum diguanakan. Yang mana pada bagian bawah sudah tersedia sebuah beberapa jawaban dari pertanyaan di atas. 

Diantara jawaban tersebut hanya satu jawaban yang memang benar. Pertanyaan tersebut adalah tujuan dari pada alat jangka sorong di kalibrasi sebelum digunakan adalah..?

4) Nama bagian jangka sorong pada hurup B adalah.. 
A. Internal jows
B. locking crew
C. Metric scale
D. External jows

Soal tersbeut menerangkan tentang sebuah nama pada bagian jangka sorong. Dan pada bagian bwahnya sudah tertera sebuah gambar alat jangka sorong beserta sebuah abjad yang menunjukan bagian-bagiannya. Pertanyaannya adalah bagian yang ditandai dengan hufur B pada bagian gambar jangka sorong diatas adalah..?

5) Berikut ini adalah nama lain dalam menyebut jangka sorong, kecuali ..
A. Schuifmatt
B. Straight gauge
B. Mistar ingsut
C. Mistar sorong

Ada sebuah nama lain dari pada jangka sorong yang bisa digunakan untuk menamai alat ukur tersebut. Dan di atas sudah ada sebuah daftar tentang nama-nama dari pada jangka sorong yang ada.

Salah satu dari daftar jawaban di atas ada salah satu yang bukan termasuk ke dalam nama dari pada jangka sorong. Yang manakah yang bukan termasuk ke dalam nama jangka sorong..?

Soal Dimensi dan Alat Ukur

Demikianlah tadi beberapa soal latihan dimensi dan alat ukur. Dengan soal dimensi dan alat ukur di atas mudah-mudahan kita bisa lebih paham lagi. Silahkan dikerjakan. Kalau sudah selesai bisa lanjut ke latihan berikutnya.