Latihan Soal Bahasa Indonesia Pelajaran Kelas 10

Ditulis oleh: Soal dan Jawaban -
Latihan Soal Bahasa Indonesia Pelajaran 1 Kelas 10 - Meneruskan ulasan kita mengenai Kumpulan Soal dan Jawaban, pada kesempatan ini saya akan membahas mengenai latihan soal untuk mata pelajaran Bahasa Indonesia pelajaran ke-1. 

Pembahasan mengenai soal palajaran I ini akan menjadi pembahasan pembuka yang akan menghantarkan kita pada ulasan mengenai soal latihan uji kompetensi semester i khusus pelajaran Bahasa Indonesia. 

Latihan soal ini merupakan latihan soal untuk sobat pelajar sekolah menengah atas kelas X untuk semester I, silahkan simak langsung latihan soalnya berikut:

A. Materi Soal Pelajaran 1 Kelas 10

Pelajaran 1 yang saya maksud disini merupakan pokok bahasan pertama yang diajarkan kepada sobat pelajar yang didalamnya mencakup beberapa sub materi yang harus dikuasai. Agar dapat membantu dalam menguasai materi tersebut, maka pada ulasan ini akan dibagikan soal untuk pelajaran ke 1 ini.

Soal untuk pelajaran ke 1 ini merupakan soal untuk menguji pemahaman sobat pelajar semua mengenai materi-materi yang diajarkan pada materi pertama. Seperti yang sesuai dengan pembahasan yang ada soal-soal berikut ini akan mencakup beberapa sub materi dari bahan yang diajarkan sebagai berikut:
  • Menceritakan Pengalaman 
  • Menulis Paragraf Naratif 
  • Membacakan Puisi 
Sekarang, sobat sudah tahu bukan soal-soal berikut ini akan membahas tentang apa? Makanya siahkan disimak langsung soal-soalnya berikut agar dapat mempertajam pemahaman sobat mengenai bahan ajar yang sudah saya sebutkan di atas.

B. Latihan Soal Bahasa Indonesia 

Agar tidak terlalu panjang dalam memberikan pengantar untuk latihan soal ini, maka silahkan sobat baca dan pelajari langsung soal Bahasa Indonesianya berikut ini.

Soal Pemahaman Pelajaran 1

Kerjakanlah soal-soal berikut.
  1. Susunlah sebuah cerita berdasarkan pengalaman Anda saat melakukankegiatan HUT Kemerdekaan Indonesia. Ceritakanlah pengalaman tersebut pada teman-teman Anda dengan menggunakan pilihan kata, ekspresi, jeda, dan intonasi. 
  2. Tulislah sebuah paragraf naratif tentang kegiatan ekstrakurikuler yang Anda ikuti. Anda pun dapat menarasikan berbagai prestasi yang pernah diraih dalam kegiatan ekstrakurikuler tersebut. 
  3. Baca puisi berikut ini dengan saksama. Kemudian, berilah marka (tanda) jeda pada puisi tersebut agar dapat dibaca dengan lafal, nada, tekanan, dan intonasi yang baik. 
Yogya 2006

ketika duka
membingkai pesona

1
setiap kali bumi mengirimkan sandi
dengan gemuruh lava dan asap tuba
mengisi celah lembah dan tebing kali
menggenggam sabda luka bencana
2
ketika lahar memijar
gelombang laut selatan
mengirim obor lampor
bukit-bukit pun longsor
dalam siklus waktu
bumi mengaduh
melelehkan keluh
3
tanah dan batu selalu menyimpan pijar
sejak jauh tak terukur awal penciptaan
tertatih mencari jawab tak pernah benar
jajaran peta abai menguraikan jawaban
betapa dalam magma menyiapkan dendam
gemuruh gempa seperti gelisah yang teredam
berapa tinggi kepundan menggugurkan cemas
pada lahar dan awan panas gigil takut mengeras
4
kami tak punya rupa untuk bersuka
kami tak punya daya untuk berduka
ketika kaukenalkan petaka tiba-tiba
timbunan sesal membekukan lava alpa

Karya Bambang Supranoto  (Sumber: Antologi Puisi Jogja 5,9 Skala Richter, 2006)

Latihan Soal Bahasa Indonesia Pelajaran 1


Itulah tadi beberapa soal yang dapat saya bagikan dalam uraian singkat kali ini. Semoga dengan membaca dan memahami serta mengerjakan soal-soal bahasa Indonesia di atas pemahaman dan penguasaan materi pelajaran tersebut dapat lebih baik lagi. Selamat mengerjakan! 

Referensi
Adi Abdul Somad, dkk. Aktif dan Kreatif Berbahasa Indonesia untuk Kelas X. BSE