Contoh Soal Ulangan tentang Satuan Panjang

Ditulis oleh: Soal dan Jawaban -
Contoh Soal Ulangan tentang Satuan Panjang - Masih semangat untuk berlatih dengan berbagai soal dan jawaban bersama situs ini? Baiklah, sekarang kita akan memperdalam pengetahuan kita tentang satuan panjang. Dalam hal ini kita akan belajar menghitung berbagai perubahan satuan panjang, misalnya dari meter ke cintimeter, dari cintimeter ke milimeter dan lain sebagainya.

Untuk itu, sebagai persiapan kita bisa membuka kembali buku cetak dan buku catatan kita mengenai materi ini. Karena tanpa mempelajari terlebih dahulu bagaimana materinya maka latihan soal tentu tidak akan ada gunanya.

Latihan kita kali ini adalah untuk pelajar atau siswa kelas 4 SD khususnya untuk meningkatkan pemahaman kita mengenai materi satuan panjang.

Maka dari itu diharapkan soal ulangan tentang satuan panjang ini bisa membantu kita lebih pintar dalam menghitung dalam berbagai bentuk satuan yang ada.

Dengan begitu jika ditanya satu meter itu berapa centimeter kita bisa dengan mudah menjawabnya, benar bukan? Sebelum berlatih dengan soal ini kerjakan juga soal berikut!

1) Contoh soal ulangan matematika SD
2) Soal semester matematika SD
3) Contoh soal uts matematika SD

Dalam latihan soal ulangan kita kali ini kita akan mengerjakan dua jenis soal. Soal yang pertama akan berisi tentang perubahan satuan misalnya dari meter ke milimeter, dari centimeter ke milimeter dan lain sebagainya.

Tujuannya kita bisa hafal masing-masing satuan tersebut jika dikaitkan dengan satuan panjang lainnya. Soal latihannya akan terdiri dari 10 soal ulangan yang singkat dan mudah untuk dikerjakan. Selengkapnya untuk latihan tersebut bisa langsung dikerjakan di bawah ini.

A. Isilah titik-titik dibawah ini dengan tepat! 
  1. 100 KM = ................. hm 
  2. 25 M = .................. mm 
  3. 2 hm = .................. cm 
  4. 241 dam = ................. dm 
  5. 10 cm = ................... mm 
  6. 3000 dm = ................. dam 
  7. 300 m = ................. hm 
  8. 2000 dam = ................. km 
  9. 1 dm = ................... mm 
  10. 20 dm = ....................m 

Soal bagian kedua akan berisi tentang penjumlahan panjang dalam beberapa satuan sekaligus. Sebagai contoh kita akan diminta menjumlahkan 10 meter ditambah 5 cintimeter ditambah 1 kilometer jumlahnya berapa meter.

Soal kedua ini sedikit rumit karena kita harus menyamakan terlebih dahulu satuan-satuan tersebut dengan satuan jumlah yang diinginkan. Latihan bagian kedua ini juga akan terdiri dari sepuluh soal. Selengkapnya untuk latihan tersebut bisa langsung dikerjakan di bawah ini.

B. Kerjakan soal-soal berikut dengan tepat! 
  1. 12 hm + 8 dam + 7 m = .............................. m 
  2. 6 km + 4 hm + 6 dam = .............................. dam 
  3. 1 m + 4 dm + 6 cm = .................................. mm 
  4. 3 km + 4 hm + 3 dam = .............................. m 
  5. 8 hm + 5 dam + 10 dm = ............................ m 
  6. 2 dam + 3 m + 60 cm = .............................. dm 
  7. 10 km + 30 dam + 200 m = ........................ hm 
  8. 2 km + 30 hm + 40 m = .............................. dam 
  9. 800 dam + 40 m + 7 dm = .......................... dm 
  10. 8 km + 3 hm + 120 dam = .......................... hm

Untuk soal bagian B ini cara mengerjakannya misalnya untuk soal nomor 1 kita kerjakan dengan cara kita samakan satuannya yaitu 12 hm itu berapa m, kemudian 8 dam itu berapa m. Setelah itu baru kita jumlahkan hasilnya dalam satuan m, bisa kan?

Ya sudah, sekarang kita kerjakan terlebih dahulu berbagai soal di atas sampai selesai. Setelah itu jika bingung kita bisa berdiskusi dengan rekan lain. Untuk mengingatkan kita terhadap perubahan satuan maka perhatikan gambar tangga satuan panjang di bawah ini.

Soal Ulangan tentang Satuan Panjang


Pendek saja untuk Soal Ulangan tentang Satuan Panjang kita kali ini. Mudah-mudahan setelah dengan serius berlatih mengerjakan soal di atas kita bisa lebih paham dengan materi ini. Untuk melengkapi latihan soal ulangan kita kali ini jangan lupa juga kerjakan beberapa soal lainnya di bagian bawah. Sampai disini, selamat mengerjakan!