Soal Latihan IPA tentang Gaya Gesek

Ditulis oleh: Soal dan Jawaban -
Advertisement
Contoh Soal Latihan IPA tentang Gaya Gesek - Beberapa waktu lalu kita telah mempelajari materi tentang gaya gesek dan sekarang tiba waktunya bagi kita untuk menguji pemahaman kita terhadap materi yang sudah kita pelajari tersebut. Jadi kali ini seperti biasa kita akan berlatih untuk mengerjakan beberapa soal yang berkaitan dengan pembahasan pada pelajaran tersebut. Untuk siswa sekolah dasar (SD) kelas 5 maka materi ini masuk kedalam pelajaran ilmu pengetahuan alam. 

Dalam latihan untuk Soal Latihan IPA Kelas 5 Semester 2 ini tentu saja intinya adalah untuk meningkatkan pemahaman kita terhadap materi yang dipelajari. Jadi dalam mengerjakan soal tersebut kita tidak perlu takut, ragu atau khawatir salah karena latihan ini tidaklah masuk dalam sistem penilaian di sekolah melainkan hanya untuk belajar saja. Sebelum membahas mengenai latihan ini mari kita simak juga beberapa soal dan jawaban lain yang sudah dibahas sebelumnya, antara lain yaitu:

1) Contoh soal gaya gesek fisika
2) Contoh soal gaya gesek pada bidang miring
3) Contoh soal gaya gesek smp
4) Contoh soal gaya gesek beserta jawabannya
5) Contoh soal gaya gesek dan pembahasan
6) Contoh soal gaya gesek kelas 8
7) Artikel tentang gaya gesek
8) Rumus gaya gesek

Latihan kali ini masuk dalam standar kompetensi gerak dan perubahannya. Dalam latihan ini kita akan mengerjakan contoh soal sebanyak 10 soal latihan yang merupakan bentuk soal isian. Tidak perlu lama-lama mari kita jawab pertanyaan Soal Latihan IPA tentang Gaya Gesek berikut ini: 
  1. Gaya yang berasal dari bumi disebut...........atau.............. 
  2. Saat prajurit sedang mengasah pedang, gaya yang terjadi adalah gaya......... 
  3. Salah satu pemanfaatan bahan karet untuk memperbesar gaya gesekan adalah....... 
  4. Untuk memperkecil gaya gesekan, mesin jahit harus sering diberi....... 
  5. Dua benda yang makin.............gaya.................makin kecil. 
  6. Apa yang dimaksud dengan gaya gravitasi dan gaya gesekan? 
  7. Mengapa ban mobil yang permukaannya sudah halus harus segera diganti? 
  8. Mengapa pendaki gunung bersalju mengenakan sepatu besi? 
  9. Sebutkan dan jelaskan manfaat gaya gesekan? 
  10. Sebutkan kerugian dari gaya gesekan? 

Bisa di jawab semua? Tenang, kalau ada yang tidak bisa dijawab juga tidak apa-apa. Sekarang untuk meningkatkan pemahaman kita terhadap materi ini mari kita ingat kembali beberapa poin penting yang berkaitan dengan materi gaya gesek sd di bawah ini. Semoga dengan sedikit rangkuman ini maka soal di atas bisa dipahami lebih baik lagi.

Gaya gesek adalah gaya yang menimbulkan hambatan ketika dua permukaan benda saling bersentuhan. Gaya gesek timbul ketika terjadi gesekan. Contohnya mobil yang melaju di jalan raya akan mengalami gesekan antara ban mobil dengan jalan. 

Gaya gesek mempengaruhi gerak benda
Gerak benda pada permukaan yang kasar berbeda dengan benda yang permukaannya halus. Semakin kasar permukaan benda, semakin besar gaya geseknya, sehingga gerakan benda semakin lambat. Begitu pula sebaliknya, jika permukaan licin, gaya gesekan yang terjadi juga kecil, sehingga benda semakin mudah bergerak.

Gaya gesek dapat diperbesar maupun diperkecil
Kita dapat tergelincir di jalan yang licin karena gaya gesek yang kecil antara alas sepatu dengan permukaan jalan. Agar tidak tergelincir, kita harus memperbesar gaya gesek antara alas sepatu dengan permukaan jalan, yaitu dengan memakai sepatu dengan alas yang kasar.

Sedangkan tindakan untuk memperkecil gaya gesek, contohnya ketika pemberian pelumas atau oli pada rantai sepeda. Contoh lain ketika kita mendorong lemari, agar lemari mudah untuk didorong kita harus meletakkan keset di antara lemari dan lantai agar gaya gesek menjadi kecil. Jadi, memperhalus permukaan benda yang bergesekan dapat memperkecil gaya gesek.

Gaya gesek dapat memberikan manfaat maupun kerugian.
Manfaat gaya gesek, antara lain:
  • Ketika kita memakai sepatu/sandal dengan alas yang kasar di jalan yang licin agar menimbulkan gaya gesek yang besar sehingga dapat mencegah kaki tergelincir
  • Korek api dapat dinyalakan
  • Saat mengerem sepeda. Perputaran roda dapat dihentikan karena gaya gesek antara kampas rem dan pelek.
  • Benda dapat dipegang
  • Tangga dapat disandarkan pada tembok tanpa tergelincir.
Kerugian adanya gaya gesek, antara lain:
  • Menghambat atau memperlambat gerak benda
  • Permukaan yang bergesekan cepat aus

Demikianlah pembahasan kita kali ini untuk Soal Latihan IPA tentang Gaya Gesek. Agar latihan seperti ini lebih maksimal hasilnya jangan lupa untuk lebih giat dan rajin lagi dalam belajar. Di sekolah kita harus memperhatikan penjelasan guru, di rumah kita bisa mengulang kembali materi yang diajarkan dengan membaca berbagai buku cetak dan catatan yang ada. Kemudian secara rutin kita bisa berlatih dengan latihan-latihan seperti itu. Itu saja, mudah-mudahan soal tentang gaya gesek di atas bermanfaat!