Soal PKN Kelas 5 SD Semester Genap

Ditulis oleh: Soal dan Jawaban -
Contoh Soal Essai PKN Kelas 5 SD Semester Genap - Adik-adik, belajar pelajaran PKN yuk, kali ini pelajaran pendidikan kewarganegaraan kita akan membahas latihan soal untuk siswa sekolah dasar kelas 5. Tapi tentu saja yang bukan dari SD juga bisa berlatih dengan latihan-latihan berikut kok. Mau ikutan?

Karena pelajaran yang kita pelajari di sekolah kan memang berjenjang dan merupakan lanjutan dari pelajaran sebelumnya jadi meski sudah smp sekalipun pelajaran sd juga berhubungan. Kali ini essai ya, jadi kita akan belajar menguraikan atau menjelaskan jawaban kita. 

Soal kali ini adalah contoh soal pkn semester 2, soal-soal tersebut akan terdiri dari dua bagian seperti biasanya yaitu soal dalam bentuk isian titik-titik dan soal esai. Soal latihan ini dapat kita gunakan untuk meningkatkan kemampuan pelajaran yang dibahas dan juga tentunya dapat digunakan untuk persiapan dalam menghadapi ujian kenaikan kelas.

Jadi, meski belum waktunya ulangan atau semesteran tapi Soal UKK PKN Kelas 5 SD UAS Semester 2/Genap ini tentu bisa digunakan sebagai latihan agar lebih paham dengan materi yang di ajarkan bapak dan ibu guru di sekolah. Ya sudah, sekarang langsung saja kita kerjakan Contoh Soal PKN Kelas 5 SD tersebut di bawah ini!

A. Isilah titik-titik dibawah ini dengan jawaban yang benar! 
  1. Bahasa Indonesia adalah bahasa......... 
  2. Menjaga ketertiban sekolah merupakan tanggungjawab.......... 
  3. Pengertian organisasi adalah.... 
  4. Tugas bendahara dalam organisasi adalah..... 
  5. Contoh organisasi di lingkungan sekolah...... 
  6. Baitul mal, TPA, pesantren termasuk organisasi....... 
  7. Keputusan dalam musyawarah diambil secara.... 
  8. Dalam musyawarah kita harus....................pendapat orang lain. 
  9. Dalam pengambilan keputusan tidak mencapai mufakat, maka cara lain yang dapat dilakukan....... 
  10. Sikap kita terhadap keputusan yang sudah disepakati bersama adalah..... 
Masih ada yang lain, di atas baru 10 soal PKN dan sekarang mari kita lanjutkan ke soal bagian kedua. Pada latihan bagian kedua akan terdiri dari 5 soal. Coba kerjakan sendiri ya, tidak sulit kok apalagi jika kita sudah rajin belajar selama ini. 

B. Jawablah pertanyaan dibawah ini dengan tepat! 
  1. Sebutkan 3 cara untuk menjaga keutuhan bangsa? 
  2. Sebutkan sikap yang baik saat mengajukan usul dalam musyawarah? 
  3. Sebutkan 5 organisasi yang ada dalam lingkungan sekolah? 
  4. Bagaimana sikapmu terhadap keputusan musyawarah? 
  5. Sebutkan 5 partai politik yang kamu ketahui? 

Kalau sudah selesai dengan latihan di atas maka waktunya bagi kita untuk memahami berbagai materi yang ada di soal tersebut. Kita sebaiknya mencari jawaban dari berbagai latihan tersebut dibuku cetak atau catatan yang kita miliki.

Jika sudah ketemu maka sebaiknya kita berusaha memahami masing-masing jawaban tersebut. Dengan begitu selesai latihan kita akan lebih paham lagi.

Soal PKN Kelas 5 SD

Kalau sudah jangan lupa kerjakan juga beberapa soal lain yang ada di sini, misalnya soal uas semester genap, soal ukk sd, soal ulangan sd, soal-soal uas sd, dan berbagai soal latihan lain. Jangan lupa juga untuk mencatat alamat situs ini untuk referensi berbagai latihan yang sering kita butuhkan. Itu saja, semoga bermanfaat!