Contoh Soal UAS IPA Kelas 2 SD dan Jawaban

Ditulis oleh: Soal dan Jawaban -
Contoh Soal UAS IPA Kelas 2 SD dan Jawaban - Tak bosan kita mengingatkan bahwa berlatih merupakan merupakan kunci yang sangat penting. Dalam belajar kita bisa berlatih contoh soal untuk meningkatkan pemahaman materi.

Seperti misalnya soal UAS IPA khusus untuk kelas 2 sekolah dasar (SD) yang akan segera kita kerjakan berikut. Contoh soal Uas Sd kali ini akan memberikan kesempatan kita untuk uji kebolehan dalam mengerjakan soal khususnya untuk mata pelajaran ilmu pengetahuan alam. 

Seperti tipe-tipe soal untuk SD yang biasanya, soal latihan ini juga akan terdiri dari dua bagian yaitu soal bagian A dan soal bagian B.

Pada soal A kita akan diminta untuk mengisi titik-titik pada soal yang ada sedangkan pada bagian B kita akan diminta untuk menjawab pertanyaan yang diberikan.

Soal latihan pertama akan terdiri dari 15 soal Uas sedangkan yang berikutnya terdiri dari 10 soal uraian. Untuk latihan kali ini situs soal dan jawaban secara khusus akan memberikan jawaban atau kunci jawaban bagi masing-masing latihan yang ada. 

Jadi dengan adanya kunci jawaban tersebut kita akan lebih mudah memahami dan juga mempelajari materi atau bagian materi yang belum di pahami. Tapi, perlu di ingat bahwa jawaban yang diberikan juga belum tentu benar maka dari itu tugas kita juga untuk mencari jawaban yang paling tepat. 

A. Latihan Soal UAS IPA Kelas 2 SD

Terserah kita, kita dapat mengerjakan langsung latihan ini atau menyalinnya untuk dapat dikerjakan di rumah. Yang ingin langsung berlatih bisa mulai dengan menyiapkan alat tulis sedangkan yang ingin mengerjakan latihan ini di rumah bisa menyiapkan catatan untuk menyalin soal berikut.

Bisa juga agar lebih mudah soalnya di cetak atau di print saja. Latihannya terdiri dari dua bagian, soal pertanyaan dan soal isian.

Mari kita kerjakan soal latihan tersebut dengan baik agar kita bisa lebih pandai dan lebih paham dengan berbagai materi yang sudah di pelajari di sekolah. Jangan lupa nanti bisa juga sambil melihat kembali buku catatan materi yang dari sekolah. 

A. Isilah titik-titik dibawah ini!
  1. Setrika merupakan peralatan rumah tangga yang menghasilkan.....
  2. Sumber energi panas dapat diperoleh dari....
  3. Alat untuk memanaskan dan mendinginkan air minum disebut...
  4. Mobil-mobilan remote menggunakan energi dari...
  5. Mematikan TV jika tidak ada yang menonton merupakan salah satu cara.........energi
  6. Matahari terbit pada...........hari
  7. Matahari terbenam pada.............hari
  8. Bayang-bayang lebih pendek pada..............hari
  9. Setelah matahari terbenam maka hari menjadi.....
  10. Motor dan mobil memperoleh energi dari......
  11. Contoh alat yang dapat menghasilkan energi cahaya adalah...
  12. Bumi di siang hari selalu terang karena adanya.......
  13. Matahari merupakan.................terbesar di bumi
  14. Yang menciptakan matahari adalah....
  15. Sumber energi panas alami adalah...
B. Jawablah pertanyaan berikut dengan tepat
  1. Kerjakan juga soal IPS SD tentang sejarah uang
  2. Sebutkan ciri-ciri penampakan matahari di pagi hari?
  3. Mengapa cahaya matahari penting bagi tumbuhan?
  4. Mengapa nelayan menjemur ikan di waktu siang?
  5. Sebutkan 5 peralatan yang menghasilkan cahaya?
  6. Mengapa kita harus menghemat energi?
  7. Berikan 3 contoh menghemat energi di rumah?
  8. Bagaimana cara melindungi tubuh dari panas matahari?
  9. Tuliskan 4 contoh benda cair?
  10. Tuliskan 4 contoh hewan yang hidup di darat?
  11. Terangkan penampakan bayang-bayang tubuh di pagi hari dan di siang hari?

Bisa dikerjakan semua, bagus kalau memang sudah bisa dikerjakan semua. Yang masih mengalami kesulitan tidak perlu berkecil hati, ini hanya latihan yang terpenting adalah kita bisa memahami dan mengingat kembali apa yang sudah pernah kita pelajari dan diajarkan oleh bapak dan ibu guru di sekolah.

B. Jawaban Latihan Soal UAS IPA Kelas 2 SD

Sudah siap untuk melihat hasil dari jawaban yang di peroleh? Mari siapkan catatan untuk mencatat mana yang kurang bagus hasilnya. Berikut sudah disiapkan jawaban dari latihan yang sudah kita kerjakan di atas.

Tapi sebelumnya kami minta maaf karena kunci jawaban yang diberikan tidak semua melainkan hanya bagian A saja. Untuk bagian kedua yaitu soal uraian bisa kita kerjakan sendiri dengan melihat catatan pada buku pelajaran di rumah.

Jawaban soal bagian dua tidak diberikan karena jawabannya agak sedikit panjang dan perlu waktu untuk menulisnya disini. Jadi sementara ini kita bisa berlatih dengan soal jawaban yang ada. Berikut kunci jawaban soal di atas.

A. Isilah titik-titik dibawah ini!
  1. Panas
  2. Listrik
  3. Dispenser
  4. Baterai
  5. Menghemat
  6. Pagi
  7. Sore
  8. Siang
  9. Gelap
  10. Bensin
  11. Lampu
  12. Matahari
  13. Sumber energi
  14. Tuhan
  15. Matahari

Dengan sering mengulang dan membaca kembali catatan yang ada dan juga berlatih dengan Contoh Soal UAS IPA Kelas 2 SD dan Jawaban tersebut mudah-mudahan kita tambah paham dengan pelajaran tersebut.

Jadi, saat kita akan menghadapi ujian kenaikan kelas kita tidak perlu takut-takut dan cemas. Jangan lupa kerjakan juga beberapa soal SD lainnya di bagian bawah. Khusus untuk persiapan menghadapi ujian akhir sekolah ada banyak kok. Di pilih saja ya!