Soal Latihan Semester Matematika Kelas 5

Ditulis oleh: Soal dan Jawaban -
Contoh Soal Latihan Semester Matematika Kelas 5 SD - Masih dengan soal latihan ulangan kenaikan kelas kali ini kita akan belajar pelajaran Matematika. Latihan ini untuk adik-adik sekolah dasar khususnya kelas 5.

Jika ingin melakukan persiapan silahkan kerjakan Soal Matematika SD berikut! Latihan semester ini terdiri dari dua jenis yaitu soal isian dimana siswa diminta untuk mengisi titik-titik yang kosong. Paham ya?

Pada soal kedua yaitu soal pertanyaan dimana siswa diminta untuk menguraikan jawaban yang diminta. Bisalah, adik-adik semua kan rajin belajar di rumah. Kalau hanya soal seperti ini pasti bisa semua.

Tapi ingat, dalam belajar dengan soal latihan semester ada baiknya adik semua memperkuat pemahaman materi yang telah di ajarkan.

Memperbanyak latihan seperti ini akan lebih baik dari pada adik semua mencari bocoran soal yang tentunya hanya akan merugikan kita sendiri.

Jika cara belajar kita baik dan teratur maka mudah-mudahan dengan dilengkapi dengan soal latihan Semester seperti ini akan lebih maksimal lagi hasilnya. Agar tidak kelamaan silahkan langsung kerjakan soalnya berikut!

Isilah titik-titik pada pertanyaan dibawah ini!
  1. Banyak simetri putar pada bangun persegi adalah….
  2. Banyak sumbu simetri pada bangun persegi panjang adalah….
  3. Luas sisi kubus yang panjang rusuknya 15 cm adalah….cm2.
  4. Banyaknya rusuk pada bangun dibawah ini adalah….
  5. Pecahan decimal dari 3/6 ….
  6. Sebuah balok berukuran panjang 24 cm, lebar 10 cm, dan tinggi 15 cm. Volume balok tersebut adalah …. cm3.
  7. Gaji Paman sebulan Rp.1.500.000.000; sebanyak 3/5 bagian digunakan untuk keperluan rumah tangganya. Sisanya untuk biaya sekolah anak-anaknya dan ditabung. Biaya untuk sekolah dan uang yang ditabung sebanyak…
  8. Hasil penjumlahan dari 2/3 ....
  9. Rika memiliki koleksi 60 buku cerita komik dan novel. Jika perbandingan cerita komik dan novel 2:3. Banyaknya buku cerita dan novel Rika ada….buku.
  10. Rani menabung di bank tiap 6 hari sekali. Sari menabung tiap 4 hari sekali mereka menabung bersama setiap ….hari.
B. Jawablah pertanyaan berikut dengan menggunakan cara yang sesuai!
  1. Sebuah kaleng berisi 25 liter minyak tanah. Sebanyak 3/4 dari minyak tanah itu diisikan kedalam kompor. Berapa liter sisanya?
  2. Tuliskan sifat-sifat bangun  segitiga sama sisi?
  3. Skala sebuah peta 1:1.500.0000. Jarak kota A dan kota B pada peta 5 cm. Dengan mengendarai sepeda Usman dari kota A menuju kota B, dengan kecepatan rata-rata 10 KM perjam. Jika Usman berangkat pukul 07.15, pukul berapakan Usman tiba di kota B?
  4. Perbandingan uang Junaidi dan uang Arya 2:5 jika jumlah uang mereka Rp.21.000,00; berapa rupiah banyak uang masing-masing?
  5. Kebun pak Tani berbentuk persegi panjang dengan panjang 30 meter dan lebar 12 meter. Kebun tersebut akan dijual dengan harga Rp.50.000,00;/meter2. Berapa harga kebun pak Tani jika dijual seluruhnya?
Jika mengalami kesulitan dalam mengerjakan Soal Latihan Semester Matematika Kelas 5 di atas silahkan buka lagi buku catatannya. Adik semua juga bisa belajar kelompok dan mendiskusikan soal-soal yang dianggap sulit.

Soal Latihan Semester Matematika Kelas 5
Gambar: Ilustrasi Belajar Kelompok SD Kelas 5
Semoga soal uas kelas 5, soal ukk sd, soal-soal uas sd tersebut bermanfaat! Kalau sudah selesai mengerjakan soal di atas silahkan cek kunci jawaban yang ada. Bisa juga dibuat kerja kelompok agar lebih paham.