Contoh Soal Structure and Written Expression

Ditulis oleh: Soal dan Jawaban -
Soal Structure and Written Expression - Dibawah ini ada 5 soal Structure and Written Expression yang bisa dikerjakan untuk bahan latihan di rumah. Soal berikut ini merupakan salah satu jenis soal untuk latihan test toefl yang banyak dibutuhkan. Nah, jika anda sedang persiapan toefl mungkin bisa dijadikan referensi tambahan.

Untuk membantu memahami setiap butir soal, latihan kali ini juga telah disertai dengan pembahasan singkat. Dengan begitu kita bisa berlatih untuk memahami dengan baik setiap butir soal yang diberikan.

Silahkan coba dikerjakan soal-soal berikut sebagai bahan belajar dalam mendalami materi Structure and Written Expression. Seperti apa latihan kali ini, apakah cukup sulit atau sebaliknya? Berikut soal-soal selengkapnya.

1. Martha Graham, ____________ of the
pioneers of modern dance, didn’t begin
dancing until she was 21.
(A) who, as one
(B) she was
(C) one
(D) was one

Dalam menjawab soal seperti ini, hal pertama yang harus kita ketahui adalah kalimat utama (main sentence) dari soal tersebut. Seperti soal di atas kalimat utamanya sudah ada Martha Graham didn’t begin dancing until she was 21. 

Berarti diantara koma tidak bisa dalam bentuk kalimat, jawaban yang benar adalah C. Fungsi ungkapan diantara koma sebagai appositive (menjelaskan subject kalimat utama). Bagaimana, tidak begitu sulit bukan?

2. There are thousand of different types of roses.
       A               B                C               D

Jawabannya jelas B karena to be nya dalam bentuk jamak are, There sudah benar karena are tidak digaris bawahi, different sebagai adjective menjelaskan types, of preposition menghubungkan kata types dan roses.

3. Sponges have neither heads or separate body organs.
         A                  B               C                  D
Disini permasalahannya adalah fixed pattern, either...or, neither....nor, not only....but also, jadi jawabannya jelas C



4. Tiger moths __________ wings marked with
stripes or spots.
(A) have
(B) with
(C) their
(D) whose

Di soal ini, kalimat utama belum ada jadi kita harus memilih jawaban yang membuat soal menjadi kalimat, tentu saja jawabannya A, karena cuma A yg merupakan kata kerja (verb) heehheehehe

5. The first recorded use of natural gas to light street lamps it was in the town of Frederick, New York, in
                       A                                      B                           C              D

1825.

Di soal ini kalimat utamanya adalah The use of natural gas was in the town. Jadi kata it tidak diperlukan lagi karena double subject. Jawabannya adalah C.

Jadi setiap memulai mengerjakan Soal Structure and Written Expression, biasakan untuk mencari kalimat utama dari soal, baru kemudian menganalisa kemungkinan lainnya.

SWE ini terdiri dari 40 soal, 15 soal Structure dan 25 soal Written Expression. Dalam menjawab soal Structure, kita mencari yang benar dari 4 jawaban yang tersedia sedangkan untuk soal Written Expression kita mencari Yang salah dari 4 jawaban yang tersedia. Untuk lebih jelasnya, berikut contoh barangnya

Contoh Soal Structure:
Sometimes __________ to place physics and chemistry into separare caragories.
A. difficult
B. is difficult
C. it is difficult
D. that it is difficult

Dalam menjawab soal type ini, biasanya yg dicari yg benar dari 4 pilihan jawaban. Pertama yg harus kita lakukan ialah membagi2 kalimat kedalam kelompok2 (akan dijelaskan secara rinci pada postingan berikutnya). Kita lihat kalimat diatas belum ada subject dan verb, bearti jawaban yg benar yg ada subject dan verbnya yaitu C.

Mengapa D salah padahal ada subject dan verb juga? Karena di jawaban D ada connector 'that', connector bearti ada yg dihubungkan sedangkan kata 'sometimes' cuma kata keterangan dan dalam konteks ini tidak perlu connector.

Sekarang kita lihat contoh soal Written Expression berikut ini:
A principle of manager is to ensure that every action or decision achieves a carefully planned goal.
                           A                                           B             C                                        D

(Note: A. manager     B. action      C. decision       D. planned. Penulis beri catatan disini krn setelah di preview, susunannya berubah

Ilustrasi Soal Structure and Written Expression

Dalam menjawab soal type ini, Written Expression (WE), yang kita cari adalah yang salah dari pilihan jawaban yang digaris bawahi. Untuk mencari yang salah, kita harus berpatokan pada yang benar yaitu semua kata atau ungkapan yang TIDAK digarisbawahi.

Untuk jawaban soal diatas, yang benar adalah A, mengapa? karena kata "manager" tidak sesuai dengan makna kalimat, key word nya adalah "principle". Seharusnya "management" BUKAN "manager".