Contoh Soal dan Jawaban Medan Magnetik Fisika

Ditulis oleh: Soal dan Jawaban -
Contoh Soal dan Jawaban Medan Magnetik Fisika - Apakah sudah pernah mendengar dan mempelajari tentang materi Fisika Medan Magnetik? Kalau sudah bagus sekali, kalau belum juga tidak usah khawatir, karena disini akan diulas sedikit mengenai materi ini lengkap dan jelas. Berikut Soal dan Jawaban Medan Magnetik tersebut

Magnetisme adalah salah satu fenomena yang terjadi pada materi/benda yang dapat memberikan gaya menarik atau menolak terhadap benda lainnya.

Beberapa benda yang memiliki sifat magnet adalah besi, dan beberapa baja, serta mineral Iodeston; namun, seluruh benda pasti terpengaruh oleh adanya gaya magnet ini walaupun kecil.

Ada tiga aturan garis-garis medan magnet, yaitu : 
  1. Garis-garis medan magnet tidak pernah memotong satu sama lain 
  2. Garis-garis medan magnet selalu keluar dari kutub utara dan memasuki kutub selatan dan membentuk kurva tertutup. 
  3. Jika garis-garis medan magnet di daerah tertentu rapat, maka medan magnetis pada daerah itu kuat, demikian sebaliknya jika garis-garis medan magnet renggang, maka medan magnetis di daerah itu lemah.
Bagaimanakah contoh soal materi Medan Magnetik Fisika SMA Kelas XII? Berikut beberapa contoh soal dan jawaban yang dapat dipelajari. Silahkan baca Soal dan Jawaban Medan Magnetik berikut!

1. Kuat garis-garis gaya magnet disebut…… 
a. medan magnet
b. induksi magnetik
c. diamagnetik
d. paramagnetik
e. feromagnetik

2. Saat elektron memasuki medan magnet, electron Mendapat gaya Lorentz yang searah dengan........ 
a. sumbu x positif
b. sumbu y positif
c. sumbu z positif
d. sumbu z negatif
e. sumbu y negatif

3. Di antara contoh-contoh di bawah ini, yang merupakan bahan diamagnetik...... 
a. aluminium, tembaga, besi
b. aluminium, perak, tembaga
c. tembaga, emas, perak
d. aluminium, tembaga, wolfram
e. wolfram, bismuth, magnesium

4. Gaya gerak listrik induksi yang terjadi dalam suatu rangkaian besarnya berbanding Lurus dengan cepat perubahan fluks magnetik yang dilingkunginya.Hukum ini Diungkapkan oleh….. 
a. Lorentz
b. Biot – Savart
c. Faraday
d. Henry
e. Lentz

5. Dua kawat amat panjang dipasang vertikal sejajar dengan jarak d. Kawat pertama dialiri arus I ke atas. Titik P (dalam bidang kedua kawat itu) terletak diantaranya dan berjarak 1/3 d dari kawat pertama. Jika induksi magnetik di titik P besarnya nol, ini berarti arus yang mengalir dalam kawat kedua adalah …
a. 1/3 I ke bawah
b. ½ I ke bawah
c. 3I ke atas
d. 2I ke atas
e. 2I ke bawah

Demikian beberapa Soal dan Jawaban Medan Magnetik yang dapat dijadikan sebagai latihan, lain waktu akan diberikan berbagai soal lain yang lebih banyak dan lebih lengkap lagi agar bisa digunakan sebagai referensi soal untuk berbagai kebutuhan kita.


Masih banyak soal dan jawaban lain yang bisa dipelajari, silahkan cari soal-soalnya dikolom pencarian. Itu saja, selamat mengerjakan Soal dan Jawaban Medan Magnetik!