Kumpulan Soal UN Bahasa Indonesia SMP Tahun 2013

Ditulis oleh: Soal dan Jawaban -
Adik-adik pelajar sekolah menengah pertama (SMP) sebentar lagi akan menghadapi UN jadi perlu banyak berlatih dengan soal ujian nasional tahun sebelumnya. Salah satu soal ujian yang dapat dipelajari yaitu "soal UN bahasa Indonesia SMP tahun 2012/2013" yang akan dibagikan sekarang ini. Pastinya adik-adik semua membutuhkannya bukan?

Kenapa sebuah kumpulan soal UN? Tentunya kumpulan berarti lebih dari satu atau dua soal. Soal-soal tersebut merupakan soal tahun 2013 lalu yang terdiri dari 21 paket soal bahasa Indonesia yang lengkap ditulis dengan kode soalnya. Soal-soalnya dalam format pdf dan dapat langsung di print atau dicetak untuk segera dipelajari bersama-sama.

Contoh Soal UN Bahasa Indonesia
1. Keluarga kami hidup sederhana . Pakaian yang kami kenakan tidak ada yang berharga mahal. Lauk –pauk untuk makan sehari-hari pun hanya sekedar memenuhi kriteria gizi.Bila kami mengalami kejenuhan dalam bekerja, kami berekreasi dengan menciptakan permainan sendiri.

Gagasan pokok paragraf tersebut adalah...................
hidup sederhana
pakaian tidak ada yang berharga
lauk-pauk asal ada
penciptaan hiburan untuk rekreasi

Bacalah teks berikut dengan saksama kemudian kerjakan soal nomor 2 dan 3!

Novel The Da Vinci Code karya Dan Brown dan Laskar Cinta karya musisi Ahmad Dhani (Dewa), menuai kontroversi.Kedua karya itu bersitegang dengan persoalan yang menyangkut sastra dan agama atau estetika-etika. Baik Brown maupun Dhani adalah seniman yang berkarya pada wilayah estetika (kesenian) dengan bingkai teologi.

Perbedaan Brown dan Ahmad Dhani terletak pada medianya.Brown berkarya lewat buku sastra (novel), sedangkan Dhani berkarya lewat lagu dan musik. Brown bisa jadi menerima kritik dari kalangan gereja antaran karyanya memuat tentang Yesus yang pernah menikah dengan Maria Magdalena dan mempunyai anak. Sementara Dhani, selain menerima kritik dari FPI lantaran menginjaka-injak karpet berkaligrafi lafdzul dzalalah, juga mendapat banyak kritik lantaran syair-syair lagunya dianggap sesat.

Kritik itu antara lain datang dari budayawan Betawi, Ridwan Saidi. Majelis Ulama Indonesia (MUI) juga mengeluarkan sikap. MUI bisa menerima kaligrafi bintang segi delapan di atas panggung yang digunakan Group Dewa mengekspresikan aksinya. Akan tetapi , MUI juga meminta kepada Group Dewa untuk mencabut logo yang ada pada sampul album terbaru mereka, Laskar Cinta.

2. Kalimat utama paragraf kedua teks tersebut terdapat pada kalimat...............
a. pertama 
b. kedua 
c. ketiga 
d. keempat

3. Kalimat yang berisi pendapat pada teks tersebut adalah ..................

a. kalimat pertama paragraf pertama
b. kalimat kedua paragraf kedua
c. kalimat ketiga paragraf ketiga
d. kalimat ketiga paragraf kedua


Soal UN Bahasa Indonesia SMP Tahun 2013





Pengkodean Kode BHS_SP_44_Dampak_Gempa:
Kode BHS_SP_44 (ini adalah kode yang ada pada sampul setiap soal terletak pada sebelah kanan sampul)
Dampak_Gempa (ini adalah kata pertama dalam teks bacaan pada soal nomor 1 dan nomor 2)

Sebelum menyalin soal tersebut di atas jangan lupa untuk melihat dulu screenshot atau gambar file soal yang disediakan jadi nantinya tidak kaget karena file soalnya dalam format pdf. Jika dibutuhkan, adik-adik semua juga dapat menyalin soal dan pembahasan UN bahasa Indonesia.