Soal Latihan Bahasa Inggris SMK Kelas 1

Ditulis oleh: Soal dan Jawaban -
Referensi soal untuk siswa smk masih sedikit jadi kali ini saya akan membahas soal latihan pelajaran bahasa Inggris untuk smk. Saya berharap soal latihan kelas 1 smk ini dapat menjadi jembatan untuk soal-soal smk lainnya seperti soal kelas 2 dan soal smk kelas 3.

Sekilas Mengenai Bahasa Inggris SMK. Tidak seperti bahasa Inggris untuk SMU, bahasa Inggris SMK memberikan pengetahuan yang selaras dengan kebutuhan para siswa didiknya yaitu yang berkaitan dengan dunia usaha dan industri (dudi) jadi materi yang dibahas dalam bahasa Inggris smk akan dikaitkan dengan kebutuhan tersebut.

Untuk pokok-pokok pembelajarannya sudah jelas bahwa siswa sekolah menengah kejuruan akan diarahkan untuk menjadi terampil dan berwawasan guna mempersiapkan diri menghadapi dunia kerja. 

Pokok-pokok materi yang diutamakan adalah materi-materi yang tentunya berhubungan dengan dunia kerja yang akan dihadapi nantinya setelah siswa lulus dari sekolah. 

Untuk materi lain mungkin akan tetap diajarkan dengan penyesuaian-penyesuaian di dalamnya sebagai contoh materi telephoning (making a phone call) akan diajarkan kepada siswa smk agar mereka mampu menerima dan melakukan panggilan telepon secara resmi sebagai seorang pegawai di kantor.

Perbedaan lain yang dapat dilihat adalah bahwa contoh-contoh dalam materi bahasa Inggris untuk smk biasanya sedapat mungkin akan dikaitkan dengan kebutuhan pada dunia kerja. 

Oleh karena itu, sobat pelajar smk tidak perlu heran jika materi yang diajarkan tidaklah sama dengan rekan-rekan pelajar lain khususnya pelajar sekolah menengah atas (SMA).

Salin Latihan Soal SMK Kelas 1. Kembali kepada topik hari ini, bagi rekan yang membutuhkan latihan soal khususnya siswa kelas 1 smk, dapat melihat beberapa contoh latihan soal yang telah dibagikan pada blog ini sebagai berikut:
  1. Soal Latihan Listening Section
  2. Soal Latihan Reading Section
Dua pembahasan tersebut akan mengupas satu sesi latihan soal khusus kelas 1 yang juga akan disertakan kunci jawaban dan atau pembahasan dari masing-masing soal latihan yang ada. Sebagai tambahan berikut akan saya share juga cuplikan soal untuk latihan-latihan di atas.


Cuplikan Soal Listening

1. What does the man do?
a. He is a reporter.
b. He is an accountant.
c. He is a businessman.
d. He is a keeper.

2. What does the man imply?
a. He wants to check Mr Assegaf.
b. He wants to wait Mr Assegaf.
c. He wants to speak to Mr Assegaf.
d. He wants to make Mr Assegaf free.

3. What does the man express?
a. He is ready to serve the woman.
b. He is asking for information from the woman.
c. He wants to buy a new LCD projector.

Cuplikan Soal Reading
11. What does paragraph 2 talk about?
a. How the cell phone company relays the radio signal.
b. How the voice changes into an electric signal.
c. How you make a call to your friend.
d. How the satellite connects calls.

12. What changes an electric signal back into a voice?
a. A wire.
b. A plastic disc.
c. A telephone.
d. A mouthpiece.

13. How does an electric signal travel?
a. It travels through wires.
b. It travels through the air.
c. It travels through a radio.
d. It travels through the sea.


Saya rasa cukup pengantar saya kali ini untuk pembahasan “Soal Latihan Bahasa Inggris SMK Kelas 1”, semoga dengan bertambahnya soal-soal latihan tersebut sobat semua dapat lebih giat belajar dan lebih cepat dalam memahami materi pelajaran yang diberikan.