Latihan Soal Bahasa Indonesia Pelajaran 2

Ditulis oleh: Soal dan Jawaban -
Latihan Soal Bahasa Indonesia Pelajaran 2. Untuk dapat lebih meningkatkan pemahaman dalam pelajaran Bahasa Indonesia khusus untuk pelajaran 2 maka kali ini saya akan sedikit memberikan latihan soal yang dapat dipelajari dan digunakan untuk menguji kemampuan sobat pelajar dalam penguasaan materi. Soal Bahasa Indonesia ini merupakan soal semester i untuk sobat pelajar SMA kelas X. Selengkapnya mengenai latihan soalnya silahkan disimak sebagai berikut.

Materi Soal Pelajaran 2 

Pelajaran 2 merupakan materi lanjutan dari pelajaran 1 yang didalamnya sobat pelajar akan antara lain mempelajari mengenai diskusi. Meskipun singkat, namun jika dijadikan soal, soal dari materi pelajaran 2 ini akan lumayan panjang dan sedikit menyita waktu seperti soal-soal Bahasa Indonesia lainnya. Untuk itu penting bagi sobat pelajar untuk secara teratur berlatih dengan soal-soal dari materi yang diajarkan di sekolah.

Soal yang akan saya bagikan pada ulasan ini merupakan soal pelajaran 2 yang membahas mengenai materi-materi sebagai berikut:
  1. Memperkenalkan Diri dalam Forum Resmi 
  2. Menemukan Ide Pokok dengan Membaca Cepat 
  3. Menulis Puisi 
Dengan rutin berlatih mengerjakan soal tentang beberapa materi di atas saya yakin sobat akan lebih mudah nantinya dalam mengerjakan soal yang berkaitan dengan materi tersebut. Oleh karena itu, jangan beranjak dahulu sebelum membaca dan mempelajari soal-soal yang akan saya bagikan.

Latihan Soal Bahasa Indonesia Semester I 

Seperti yang telah saya sampaikan diawal pada kesempatan ini saya akan membagikan beberapa latihan soal untuk pelajaran Bahasa Indonesia khusus yang saya ambil dari materi semester 1. jika sobat berminat untuk memperdalam pemahaman tentang materi yang diajarkan ini silahkan simak latihan soalnya berikut:

Kerjakanlah soal-soal berikut.

1. Diskusi
a. Unsur-unsur apa sajakah yang jadi pendukung dalam sebuah kegiatan diskusi?
b. Apa peranan moderator dalam sebuah diskusi?

2. Kecepatan Membaca
a. Apakah yang harus Anda lakukan untuk meningkatkan kecepatan membaca?
b. Carilah sebuah teks bertemakan lingkungan yang terdiri atas 400–600 kata.
c. Bacalah teks tersebut dengan saksama.
d. Hitunglah kecepatan membaca Anda dengan langkah-langkah seperti yang telah dipelajari sebelumnya.
e. Catatlah pokok-pokok penting yang ada dalam bacaan itu.

3. Tulislah sebuah puisi bertemakan lingkungan. Anda dapat mencari inspirasi dengan mengamati lingkungan sekitar.

Untuk soal yang saya berikan kali ini memang agak sedikit pendek karena materinya tidak berkaitan dengan bahan bacaan yang harus dibaca terlebih dahulu, namun sobat tidak perlu khawatir jika ingin mendapatkan soal-soal yang lebih panjang karena pada pembahasan selanjutnya saya akan mengulas soal dari materi yang lumayan panjang dan memerlukan lebih banyak waktu dalam menentukan jawaban soal tersebut.

Sampai di sini saja ulasan mengenai soal dan pembahasan kali ini. Semoga apa yang saya ulas dan bagikan pada kesempatan ini dapat menambah sumber belajar online sobat semua.

Referensi
Adi Abdul Somad, dkk. Aktif dan Kreatif Berbahasa Indonesia untuk Kelas X. BSE