Latihan Soal Bahasa Indonesia Semester 2

Ditulis oleh: Soal dan Jawaban -
Advertisement
Latihan Soal Bahasa Indonesia Semester 2 - Masa ujian nasional untuk tingkat 3 sudah hampir memudar, kini saatnya bagi siswa tingkat 1 dan 2 mulai giat belajar untuk mempersiapkan ujian semester yang sebentar lagi diadakan. Untuk itu, tidak ada salahnya bagi sobat pelajar untuk sesekali mengulas dan mempelajari lagi latihan soal semester 2 ini untuk sekedar menyegarkan ingatan kita pada materi-materi yang sebelumnya telah kita pelajari. 

Meski mungkin tidak ada kaitannya langsung dengan ujian semester 2 namun saya yakin dengan mempelajari latihan soal bahasa Indonesia ini sobat dapat lebih lincah lagi dalam menjawab dan mengerjakan soal-soal bahasa Indonesia. Soal latihan kali ini merupakan soal latihan untuk sobat kelas x sekolah menengah atas (SMA), silahkan langsung disimak ulasannya berikut.

Latihan Soal Semester 2 Kelas X 

Berikut latihan soal yang dapat sobat pelajari di rumah, tapi ingat soal yang saya tampilkan pada blog ini hanya merupakan cuplikan saja, soal lengkapnya dapat sobat salin nanti dibagian akhir uraian singkat saya. Silahkan disimak dahulu cuplikan latihan soal untuk semester 2 kelas x dibawah ini.

A. Pilihlah salah satu jawaban yang paling tepat.
Dalam rangka memeriahkan hari kemerdekaan Republik Indonesia, semua warga Desa Cikujang, Kecamatan Sagalaherang, Subang, melaksanakan kegiatan pawai. Pawai tersebut diikuti oleh dusun (RW), yakni Dusun Sempur, Dusun Cikujang, Dusun Sangkali, Dusun Cipancar, dan Dusun Pasir Kulon. Dalam pawai tersebut terjadi sebuah peristiwa yang cukup unik. Peristiwa tersebut membuat kegiatan pawai semakin meriah. Di tengah-tengah kegiatan, beberapa warga Dusun Sempur menerbangkan sebuah layang-layang raksasa. Layang-layang berbentuk ikan pari itu berdiameter 300 meter. Pada tali tebal yang membentang terdapat 45 layang-layang kecil yang berfungsi sebagai penyeimbang tekanan udara. Angka 45 tersebut menyimbolkan tahun kemerdekaan bangsa Indonesia.

Hal menarik yang disampaikan dalam informasi tersebut ialah....
a. Pawai Agustus yang diikuti oleh seluruh dusun di Desa Cikujang.
b. Warga Cikujang bersemangat mengikuti kegiatan.
c. Negara Indonesia telah mengalami alam kemerdekaan selama 62 tahun.
d. Indonesia merdeka pada tahun 1945.
e. Warga Dusun Sempur menerbangkan layang-layang raksasa.

2. Perhatikanlah bacaan berikut ini.
Lokasi Danau Maninjau terletak sekitar 38 km sebelah barat dari pusat Kota Bukittinggi. Jika menggunakan bus umum, dari Bukittinggi cukup mengeluarkan uang Rp2.000,00 untuk satu jam perjalanan. Airnya biru jernih dan bersih alami. Danau ini dikelilingi bukit-bukit yang indah sehingga menambah cantiknya pemandangan sekitar terletak 500 m di atas permukaan laut dengan panjang danau 17 km, lebar 18 km, dan kedalaman danau sekitar 480 m.

Pokok pembicaraan dalam bacaan tersebut adalah....
a. Potensi ekonomi Danau Maninjau
b. Letak geografis dan keadaan Danau Maninjau
c. Asal-usul Danau Maninjau
d. Peluang usaha di Danau Maninjau
e. Sumber Daya Alam di Danau Maninjau

3. Bacalah wacana berikut dengan saksama.
Jumlah anak jalanan meningkat dengan pesat. Hal ini merupakan salah satu dampak kenaikan harga barang-barang kebutuhan pokok. Jika diamati, pemerintah terkesan kurang tanggap terhadap permasalahan tersebut.
Pemerintah terlihat lebih sibuk mengurusi hal-hal lain yang dianggap lebih penting. Padahal, peningkatan jumlah anak jalanan merupakan ancaman berbahaya bagi masa depan bangsa.

Hal yang dikritisi dalam wacana tersebut ialah....
a. Keterpurukan sosial budaya Indonesia
b. Peningkatan angka kriminal
c. Sikap kurang tanggap pemerintah dalam menyikapi keberadaan anak jalanan
d. Kepedulian pejabat terhadap nasib kaum duafa
e. Keinginan anak jalanan untuk kembali ke bangku sekolah

4. Perhatikanlah karya sastra Melayu klasik berikut.
Maka hamba raja itu pun menjungjungkan titah baginda kepada orang tua itu. Maka sembah orangtua itu: "Daulat Tuanku, adapun patik ini hamba juga pada kebawah Duli Yang Maha
Mulia, karena asal patik ini duduk dikota Maligai.
Maka pada masa paduka Nenda berangkat pergi berbuat kenegeri ke Ayutia, mak patikpun dikerah orang pergi mengiringkan Duli Paduka Nenda berangkat itu. Setelah Paduka Nenda sampai kepada tempat ini, maka patik pun kedatangan penyakit, maka patikpun ditinggalkan oranglah pada tempat ini.

Unsur intrinsik yang tampak pada kutipan tersebut ialah....
a. tema
b. alur
c. penokohan
d. latar
e. amanat

5. Perhatikanlah informasi berikut.
Sangat enak menjadi koruptor di negeri ini. Enak karena sekalipun telah dihukum dan mendekam di penjara, gaji sebagai pejabat publik jalan terus. Enak karena kendati telah menjadi terpidana, jabatannya tidak dicopot. Enak sebab tidak ada surat pemberhentian dari presiden. Enak, karena begitu keluar dari penjara, langsung bisa bekerja di tempat semula.
Isi dari informasi tersebut ialah....
a. Enaknya menjadi koruptor.
b. Suka duka sebagai koruptor.
c. Sindiran terhadap kenikmatan hidup koruptor.
d. Tips-tips agar dijauhkan dari perilaku korupsi.
e. Keinginan pemerintah untuk memberantas korupsi.

6. Hal-hal yang tidak perlu ditayangkan dalam menentukan pokok-pokok informasi ialah....
a. Tentang apa isi informasi tersebut?
b. Di mana tempat terjadinya informasi?
c. Kapan informasi terjadi?
d. Bagaimana cara menyebarkan informasi?
e. Mengapa informasi terjadi?

7. Contoh ungkapan persetujuan yang tepat adalah....
a. Saya setuju jika pemerintah memberlakukan denda bagi perokok karena saya benci rokok
b. Saya setuju saja jika harga barang pokok dinaikkan asalkan saya diberi rizki untuk membelinya
c. saya setuju jika pemerintah memberlakukan denda bagi perokok yang merokok di tempat umum. Alasannya, selain merugikan kesehatan si perokok, asap rokok pun berbahaya bagi orangorang di sekitar perokok tersebut. 
d. Saya setutju jika bangsa kita dipimpin oleh pemimpin yang sekarang
e. Saya setuju jika fakir miskin diberi tunjangan setiap hari

8. Perhatikanlah pernyataan persetujuan berikut.
Setelah menyimak permasalahan tersebut, saya setuju jika setiap siswa diwajibkan menggunakan atribut yang sama di lingkungan sekolah. Atribut tersebut meliputi baju seragam, celana atau rok, dasi, kaos kaki, dan sepatu. Adapun kelengkapan lain, misalnya jaket, sebaiknya tidak dipakai saat kegiatan belajar sedang berlangsung. Hal ini diberlakukan untuk meningkatkan kedisiplinan dan meminimalisir tingkat kesenjangan antar siswa. Tidak semua siswa memiliki kemampuan untuk membeli sepatu atau atribut lainnya di luar apa yang telah ditentukan sekolah. Di samping itu, hal ini pun bertujuan untuk menghindari gaya yang mengikuti perkembangan mode.

Nenda berangkat itu. Setelah Paduka Nenda sampai kepada tempat ini, maka patik pun kedatangan penyakit, maka patikpun ditinggalkan oranglah pada tempat ini.

Alasan dalam pernyataan tersebut adalah....
a. Adanya kesenjangan antarsiswa dan gaya berpakaian berlebih
b. Kewajiban siswa untuk menggunakan atribut yang sama
c. Menghindari tawuran
d. Penyetaraan atribut siswa
e. Kesewenag-wenangan siswa yang lebih mampu cukup menganggu kegiatan belajar

9. Nilai terdominan dalam karya sastra Melayu klasik adalah....
a. nilai kemanusiaan
b. nilai teknologi
c. nilai gotong-royong
d. nilai didaktik (pendidikan)
e. nilai sosial
Adi Abdul Somad, dkk. 2008. BSE - Aktif dan Kreatif Berbahasa Indonesia untuk Kelas X. 

Salin Latihan Soal Bahasa Indonesia SMA 

Sembilan soal cuplikan telah saya berikan di atas, kini giliran sobat untuk memutuskan ingin menyalin semua soal-soal latihan yang ada atau cukup membaca cuplikan di atas. Jika sobat ingin mempelajari semua soal latihan bahasa Indonesia ini maka silahkan salin soal-soal tersebut melalui tautan yang ada.

Download Lengkap

Dengan mempelajari seluruh soal bahasa Indonesia SMA ini saya berharap sobat semua akan lebih mantap dalam menghadapi ujian semester yang sebentar lagi diadakan dan semoga hasil ujian semester nanti dapat lebih baik dari semester sebelumnya. Tetap belajar dan semangat meraih cita-cita. Salam sukses dari blog kumpulan soal dan jawaban.