Soal Semester Bahasa Indonesia SMA Terbaru

Ditulis oleh: Soal dan Jawaban -
Pada pembahasan kali ini saya akan membahas mengenai soal semester untuk mata pelajaran Bahasa Indonesia khusus untuk kelas XII SMA. Ini bukan bocoran soal tetapi hanya soal latihan yang dapat dipergunakan untuk mempertajam pemahaman dalam rangka mempersiapkan ujian semester. Berikut pembahasan mengenai Soal Semester Bahasa Indonesia SMA selengkapnya.

Belajar dengan latihan soal merupakan salah satu jalan yang biasanya ditempuh para siswa guna mempersiapkan kegiatan ujian baik itu ulangan harian, ujian tengah semester.

Atau ujian kenaikan kelas (ukk) atau yang sering disebut juga ujian semester. Belajar seperti ini banyak memberikan keuntungan antara lain dengan belajar soal kita bisa:

1. Mengetahui berapa jauh pemahaman terhadap materi yang telah diajarkan
2. Mengetahui kelemahan yang dimiliki dalam menjawab soal
3. Mengetahui materi mana saja yang belum dipahami
4. Melatih keterampilan menjawab soal
5. Menguatkan mental agar tidak minder dalam mengikuti ujian

Dari berbagai keuntungan di atas jelas sekali terlihat bahwa melakukan latihan dengan soal-soal seperti ini bisa sangat membantu proses belajar bagi para siswa. Wajar jika kemudian banyak yang meluangkan waktu untuk banyak-banyak berlatih.

Dalam latihan ini siswa atau pelajar dapat menggunakan soal dari lembar kerja siswa, soal dari guru dan bahkan soal latihan dari sumber lain seperti dari situs http://kumpulan-soal-dan-jawaban.blogspot.com/ ini.

A. Contoh Soal Semester Pilihan Ganda

Agar tidak terlalu banyak dalam latihan ini akan disajikan 5 contoh soal yang akan kita bahas dalam ulasan kali ini. Simak langsung contoh soalnya berikut.

1. Bacalah resensi berikut dengan seksama!
“Insiden” kecil ini mewarnai karya Suwarno, yang kalau tidak salah juga merupakan disertasinya. Suwarno adalah orang Yogya. Pendeknya, ia hidup disana dan merasakan demikian membudaya. Suwarno terlalu mengagumi Hamengku Buwono IX. Akibatnya, buku itu over repective, kurang bermutu, dan kurang perbandingan.

Penggalan resensi di atas merupakan unsur resensi yang menunjukkan…
a. Isi pokok buku
b. Ketangguhan buku
c. Kelemahan buku
d. Deskripsi buku
e. Tujuan penulisan buku

2. Bacalah paragraf analogi berikut dengan seksama!
Mangga, pisang, durian dan sebagainya merupakan jenis tumbuh-tumbuhan. Sebagaimana jenis tumbuhan yang lain, tumbuh-tumbuhan tersebut sangat memerlukan air. Begitu pula dengan sapi, kuda, anjing, kucing dan sebagainya. Binatang-binatang tersebut dan juga binatang yang lainnya sangat memerlukan air.

Simpulan yang dapat ditarik dari analogi tersebut adalah…
a. Tumbuh-tumbuhan sangat memerlukan air.
b. Semua binatang sangat membutuhkan air.
c. Semua mahluk hidup memerlukan air sebagai kebutuhan pokok.
d. Semua tumbuhan dan binatang memerlukan air sebagai kebutuhan pokok.
e. Semua tumbuhan memerlukan air sebagai kebutuhan pokok.

3. Bacalah paragraf berikut dengan seksama!
Konser music gratis “Bangkitlah bangsaku” yang diadakan di Alun-alun Utara Yogyakarta ini, juga sebagai upaya sosialisasi pesan-pesan moral anti kekerasan dan sebagai upaya merengkuh cinta kasih sesama untuk persatuan dan kesatuan bangsa. Sebab, musik dan lagu selain sebagai sarana penghibur juga berfungsi sebagai sarana menyampaikan pesan perdamaian.

Tanggapan yang tepat berdasarkan ilustrasi di atas adalah…
a. Membangun bangsa ternyata tidak hanya melalui ekonomi saja.
b. Membangun bangsa ternyata tidak hanya melalui pembangunan fisik saja.
c. Membangun bangsa ternyata dapat dilakukan lewat seni.
d. Membangun bangsa lebih baik dilakukan lewat seni.
e. Seni sangat baik sebagai sarana pembangunan bangsa.

4. Bacalah paragraf berikut dengan seksama!
Akhir-akhir ini media masa sering membuat foto-foto seksi artis, tetapi para artis itu membantah bahwa itu hanya teknik canggih yang dikuasai fotografer.

Kalimat opini yang tepat sesuai ilustrasi diatas adalah…
a. Saya membaca berita yang serupa itu di surat kabar “Jawa Post”.
b. Berani sekali para artis itu berfoto seperti itu padahal foto seperti itu akan membuat mereka tercemar.
c. Sudah lebih sepuluh orang artis berfoto seksi dimuat disurat kabar ibu kota.
d. Artis-artis yang berfoto seksi tersebut tidak semuanya mengaku bahwa itu tubuh seksi mereka.
e. Salah seorang artis berfoto seksi itu telah dipanggil ke kepolisian karena dianggap melanggar kesusilaan.

5. Bacalah paragraf berikut dengan seksama!
(1) RSU ini direncanakan merupakan salah satu alternatif tepat pemilihan pengobatan di kota ini. (2) Di RSU ini dipasang alat canggih untuk mendeteksi kelainan jantung. (3) Pengelola RSU berusaha melengkapi pengobatan setingkat RSU di kota besar. (4) Jika pertambahan penduduk meningkat 2% pertahun, RSU ini menjadi alternatif pertama dalam pemilihan kesehatan. (5) Ada kasus bahwa pelayanan kesehatan bermutu lebih mudah dikenal dari kecanggihan infrastruktur klinik maupun rumah sakit.

Kalimat yang mengandung fakta terdapat di nomor…
a. (5)
c. (3) 
e. (1)
b. (4) 
d (2)

Beberapa latihan di atas tidak disertai dengan kunci jawaban atau pembahasan jadi rekan pelajar semua bisa menguji kemampuannya dengan berusaha menjawab soal tersebut.

Setelah selesai dengan soal di atas rekan semua bisa berdiskusi dan atau mengecek kembali buku catatan yang ada untuk memastikan jawabannya. Selanjutnya rekan semua bisa mencoba memahami lebih jauh berbagai bentuk soal di atas.

B. Download Soal Semester Bahasa Indonesia SMA Terbaru

Untuk mempelajari soal-soal semester bahasa Indonesia yang dimaksud dalam postingan kali ini, silahkan salin atau download soal semesternya melalui link yang ada.

Jangan lupa untuk mengecek tautan yang ada tersebut sebelum mendownload. Beberapa pembahasan mengenai soal semester nya dapat sobat lihat sebagai berikut:
  1. Kumpulan Latihan Soal Semester 1
  2. Kumpulan Latihan Soal Semester 2

Agar tidak susah-susah mencari soal, rekan pelajar juga dapat berlangganan soal-soal yang dibahas di blog ini dengan memasukkan email rekan pelajar. Sekian pembahasan kita mengenai soal kali ini semoga soal tersebut dapat menambah pengetahuan dan meningkatkan hasil belajar rekan pelajar semua.