Contoh Soal PKN tentang Organisasi Kelas 5 SD

Ditulis oleh: Soal dan Jawaban -
Contoh Soal PKN tentang Organisasi Kelas 5 SD - Ada lagi nih, latihan yang bisa kita gunakan untuk belajar agar lebih paham dengan materi yang sudah diajarkan di sekolah. Latihan ini untuk pelajaran pendidikan kewarganegaraan yaitu soal PKN untuk kelas 5 sekolah dasar. Soal berikut khusus untuk materi tentang organisasi yang bisa untuk latihan bersama.

Sementara ini hanya akan disertakan sebanyak 10 soal pkn yang masing-masing tidak disertai dengan jawaban. Jadi soal ini untuk latihan dalam mengukur seberapa paham kita terhadap pelajaran yang sudah di dapat.

Sebelum kita berlatih dengan soal berikut ada baiknya kita juga memperbanyak membaca berbagai materi pelajaran PKN yang sudah kita miliki. Dengan begitu kita akan ingat kembali berbagai hal yang sudah dipelajari sebelumnya dan bahkan bisa lebih paham lagi. Kita dapat melakukan pendalaman materi tersebut dengan cara yaitu:

1) Membaca kembali buku cetak
2) Membaca rangkuman materi tentang organisasi
3) Membaca buku catatan yang dimiliki
4) Belajar dari buku LKS (lembar kerja siswa

Dengan melakukan beberapa hal di atas maka kita akan lebih siap untuk berlatih dengan soal latihan. Dan bukan hanya itu tentunya, kita akan lebih ingat, paham dan mengerti serta siap untuk mengikuti ulangan semester 2 yang segera akan kita hadapi. Sekarang mari kita kerjakan latihan tersebut di bawah ini.

Contoh Soal PKN tentang Organisasi Kelas 5 SD
A. Isilah titik-titik dibawah ini dengan jawaban yang tepat! 
  1. Pengertian organisasi adalah.....
  2. Manusia memiliki kebutuhan untuk berkumpul dan berkomunikasi dengan manusia lain karena manusia merupakan mahluk......
  3. Tujuan struktur kepengurusan dalam sebuah organisasi adalah.....
  4. Beberapa kumpulan hewan dalam sebuah kebun binatang bukan termasuk organisasi karena......
  5. Berdasarkan jenisnya, sekolah sebagai suatu organisasi termasuk organisasi.......

B. Jawablah pertanyaan dibawah ini dengan jawaban yang tepat! 
  1. Jelaskan ciri organisasi lokal yang diprakarsai oleh masyarakat setempat? 
  2. Apa tujuan yang ingin dicapai oleh sebuah organisasi? 
  3. Jelaskan peran siswa dalam mewujudkan tujuan sekolah sebagai sebuah organisasi? 
  4. Apa dasar hukum setiap warga Indonesia memiliki kebebasan berorganisasi? Jelaskan! 
  5. Jelaskan apa yang dimaksud dengan Organisasi lokal? 

Jadi, dengan Soal Latihan UTS untuk pelajaran PKN Kelas 5 SD di atas kita bisa lebih mantap dan lebih siap dalam menghadapi ujian semester 2. Diharapkan dengan lebih paham dan ingat berbagai pelajaran terdahulu kita bisa mendapatkan nilai yang memuaskan, naik kelas dan tambah pintar.

Contoh Soal PKN Organisasi

Setelah selesai mengerjakan contoh soal PKN organisasi di atas jangan lupa juga untuk berlatih dengan berbagai soal lain. Selamat mengerjakan soal pkn kelas 5, soal uts sd pkn semester genap, soal uts sd semester genap tersebut!