Kunci Jawaban Buku Tematik Tema 3 Kelas 5 Sd Lengkap

Ditulis oleh: Soal dan Jawaban -
Kalau ada adik-adik pelajar khususnya kelas 5 sekolah dasar (SD) yang baru saja berlatih dengan buku tematik dari kurikulum 2013 dan ingin melakukan koreksi jawaban yang di dapat maka bisa melihat Kunci Jawaban Buku Tematik yang akan diberikan kali ini yaitu khususnya untuk Tema 3 Kelas 5 Sd.

Kunci jawaban ini akan diberikan secara lengkap melalui beberapa pembahasan sekaligus.  Rencananya kunci jawaban ini akan diberikan secara lengkap mulai dari awal sampai akhir namun tentunya pembahasannya akan diberikan secara bertahap.

Dari mulai halaman pertama sampai halaman akhir. Agar tidak berantakan dan bisa diakses dengan mudah jawaban buku tematik lengkap ini akan dibagikan dalam beberapa artikel ke depan. Secara lengkap pembahasan tersebut akan dibagi menjadi tiga yaitu:

1. Jawaban Halaman 20 sampai Halaman 50
2. Jawaban Halaman 51 sampai Halaman 100
3. Jawaban Halaman 101 sampai Halaman 110

Tiga jawaban tersebut akan dibahas secara terpisah, dan untuk halaman satu sampai sepuluh akan disertakan langsung pada pertemuan ini. Adik-adik yang membutuhkan Kunci Jawaban Buku Tematik Tema 3 Kelas 5 Sd tersebut khususnya untuk halaman 1 s.d 10 bisa langsung mempelajarinya di bawah ini.

Kunci Jawaban Halaman 1
  1. Yang dilakukan Edo adalah menyapu halaman
  2. Yang dilakukan Ibu adalah membuang sampah
  3. Yang dilakukan ayah dan tetangga adalah membersihkan selokan
  4. Bentuk kerukunan di dalam keluarga: bergotong royong membersihkan rumah, makan bersama keluarga, belajar bersama keluarga , bermain bersama keluarga.
  5. Bentuk kerukunan di sekolah: belajar kelompok, bermain bersama teman, mengerjakan piket, tidak membeda-bedakan teman berdasarkan agama dan suku.
  6. Bentuk kerukunan di masyarakat:Membersihkan lingkungan bersama-sama, Menjenguk salah satu warga yang sakit, Bekerja sama dalam menjaga keamanan lingkungan, Saling menghormati orang yang berbeda agama, tidak membeda- bedakan suku, bergotong-royong membangun lingkungan sekitar

Kunci Jawaban Halaman 2
  1. Perilaku yang ditunjukkan oleh kedua orang pada gambar adalah: bergotong royong mengangkat kulkas.
  2. Barang yg dapat di beli di toko pada gambar yaitu: kulkas, mesin cuci, dispenser, televisi, radio dan setrika.
  3. Barang-barang tersebut ada yang dihasilkan dari dalam negri dan ada juga yang dihasilkan dari luar negri.
  4. Cara mendatangkan barang dari luar negri yaitu dengan cara mengimpor.
  5. Selain perdagangan, bentuk lain kerukunan hidup antar bangsa di dunia yaitu: melakukan kerjasama di bidang sosial (ILO, IRO, UNICEF, WHO), kerjasama di bidang kebudayaan (pendidikan dan IPTEK), kerjasama di bidang pertahanan & keamanan (SEATO, ANZUS, NATO, CENTO)

Kunci Jawaban Halaman 3
Hal-hal yang kuketahui tentang telepon genggam:
Telepon seluler (ponsel) atau telepon genggam (telgam) atau handphone (HP) atau disebut pula adalah perangkat telekomunikasi elektronik yang mempunyai kemampuan dasar yang sama dengan telepon konvensional saluran tetap, namun dapat dibawa ke mana-mana dan tidak perlu disambungkan dengan jaringan telepon menggunakan kabel.

Beberapa pertanyaan yang diajukan oleh Edo dan teman-teman di antaranya sebagai berikut:

1. Di mana kita dapat membeli telepon genggam itu?
Jwb: telepon genggam dapat di beli di toko elektronik atau toko yang khusus menjual Telepon genggam.

2. Apa sajakah fungsi telepon genggam itu? 
Jwb: Selain berfungsi untuk melakukan dan menerima panggilan telepon, ponsel umumnya juga mempunyai fungsi pengiriman dan penerimaan pesan singkat (short message service, SMS). Ada pula penyedia jasa telepon genggam di beberapa negara yang menyediakan layanan generasi ketiga (3G) dengan menambahkan jasa videophone, sebagai alat pembayaran, maupun untuk televisi online di telepon genggam mereka. Sekarang, telepon genggam menjadi gadget yang multi fungsi. Mengikuti perkembangan teknologi digital, kini ponsel juga dilengkapi dengan berbagai pilihan fitur, seperti bisa menangkap siaran radio dan televisi, perangkat lunak pemutar audio (MP3) dan video, kamera digital, game, dan layanan internet (WAP, GPRS, 3G). Selain fitur-fitur tersebut, ponsel sekarang sudah ditanamkan fitur komputer. Jadi di ponsel tersebut, orang bisa mengubah fungsi ponsel tersebut menjadi mini komputer. Di dunia bisnis, fitur ini sangat membantu bagi para pebisnis untuk melakukan semua pekerjaan di satu tempat dan membuat pekerjaan tersebut diselesaikan dalam waktu yang singkat.

3. Di mana telepon genggam itu dibuat?
Jwb: Ada 2 pabrik yang mulai memproduksi ponsel jenis smartphone yakni Axioo dan Polytron.
  • PT Tera Data Indonusa, produsen elektronik dengan merek Axioo memiliki 2 pabrik yang terletak diSunter dan Cakung Jakarta Utara.
  • POLYTRON memiliki 3 pabrik, di Kudus Krapyak, di Kudus Sidorekso (2009) dan di Sayung Semarang.

1. Menurutmu, adakah pabrik telepon genggam di Indonesia? 
Jwb: Ada

2. Jika ada, di manakah letaknya?
  • Axioo memiliki 2 pabrik yang terletak di Sunter dan Cakung Jakarta Utara.
  • POLYTRON memiliki 3 pabrik, di Kudus Krapyak, di Kudus Sidorekso (2009) dan di Sayung Semarang.
3. Berasal dari negara mana Telepon genggam yang beredar di Indonesia?
  • Indonesia: Polytron, Axioo, Mito, IMO, Cross, Nexian, Tiphone. 
  • Jepang: Sony, Panasonic,Toshiba, Sharp, Kyocera, DoCoMo, Casio. > > > China: K-Touch, Huawei, Haier, G-Tide, Lenovo, Oppo, ZTE. 
  • Taiwan: HTC, Acer, Asus, Ben Q. > > Korea: Samsung, LG. 
  • Amerika Serikat: Apple Iphone, Motorolla. 
  • Kanada: blackberry. 
  • Finlandia: Nokia. 
  • Jerman: Siemens.
  • Prancis: Alcatel, Sagem. 
  • Belanda: Philips. 
  • Inggris: Vertu Ti .
  • Malaysia: Ninetology, CSL Blueberry.
  • Thailand: I-mobile. 
  • Singapura: MicXon.
  • India: OliveSmart, Idea

Setelah beberapa kunci jawaban dan juga pembahasan di atas jika masih membutuhkan kunci jawaban untuk soal latihan di halaman berikutnya bisa melihat langsung dari tautan yang ada di bagian atas.


Segera setelah semua siap maka Kunci Jawaban Buku Tematik 5 Sd akan langsung diberikan disini. Mudah-mudahan dengan adanya gambaran ini bisa memperlancar proses belajar adik-adik semua.