Contoh Soal CPNS Falsafah dan Ideologi

Ditulis oleh: Soal dan Jawaban -
Contoh Soal CPNS Falsafah dan Ideologi - Masih dengan persiapan menghadapi test masuk CPNS kali ini kita akan membahas soal test lainnya yaitu soal mengenai falsafah dan ideologi. Selain bisa berlatih mengerjakan soal cpns, dari contoh ini diharapkan juga kita bisa menambah wawasan kebangsaan kita dan kecintaan kita pada tanah air.

Sebelum lebih jauh membahas soal falsafah dan ideologi akan kita ingat lagi sekilas mengenai pengertian falsafah dan juga ideologi. Dengan begitu kita mengerjakan soal test tersebut bisa lebih mendalami.

Seperti kita ketahui, falsafah adalah pandangan hidup seseorang atau sekelompok orang yang merupakan konsep dasar mcngenai kehidupan yang dicita-citakan.

Filsafat juga diartikan sebagai suatu sikap seseorang yang sadar dan dewasa dalam memikirkan segala sesuatu secara mendalam dan ingin melihat dari segi yang luas dan menyeluruh dengan segala hubungan.

Falsafah dan ideologi juga menjadi pokok pikiran. Hal ini tampak dari makna falsafah dalam Pembukaan UUD 1945. Sedangkan ideologi berasal dari kata idea, yang artinya pemikiran, konsep, atau gagasan dari kata logos, yang artinya pengetahuan.

Secara sederhana ideologi berarti pengetahuan tentang ide-ide, keyakinan atau gagasan. Secara lebih luas, ideologi adalah seperangkat prinsip-prinsip yang dijadikan dasar untuk memberikan arah dan tujuan yang ingin dicapai dalam melangsungkan dan mgngembangkan kehidupan nasional suatu bangsa dan negara.

Dari pengetahuan ideologi ini, dapat ditarik kesimpulan bahwa dalam konsep ideologi terkandung hal-hal sebagai berikut:

1. Berisi prinsip-prinsip hidup berbangsa dan bernegara.
2. Menjadi dasar hidup berbangsa dan bernegara.
3. Memberikan arah dan tujuan dalam hidup berbangsa dan bernegara.

Dengan demikian, bagi bangsa dan negara ideologi sangatlah penting karena memberikan dasar arah dan tujuan bagi bangsa dan negara dalam menjalankan kehidupannya, tanpa ideologi, suatu bangsa tidak akan dapat berdiri kokoh dan mudah terombang-ambing oleh derasnya persoalan kehidupan berbangsa dan bernegara.

Lalu, falsafah dan juga ideologi diujikan dalam Tes CPNS? Tentu saja, salah satu materi pokok yang diujikan dalam soal tes cpns adalah materi Sejarah & Pemerintahan Tata Negara dan tentunya materi yang sedang kita bahas juga ada didalamnya.

Syarat penting untuk bisa menjadi pegawai negeri adalah harus menguasai seluk beluk sejarah Indonesia dan sejarah penting dunia. Serta memahami sistem pemerintahan dan tata negara Indonesia.

Dengan demikian, anda haruslah mempelajari materi ini secara serius serta memperbanyak soal - soal test masuk seperti ini dan referensi soal dan jawaban sehingga mampu menguasainya dengan baik.

Contoh Soal CPNS Falsafah dan Ideologi
Contoh Soal CPNS Falsafah dan Ideologi

Bagi anda yang membutuhkan bahan latihan dan Contoh Soal CPNS Falsafah dan Ideologi anda bisa mendapatkan latihan tersebut dengan cara download soal cpns yang ada melalui tautan di atas. Diharapkan dengan memperbanyak latihan anda bisa lebih percaya diri dan tentunya mampu menjawab dengan benar berbagai pertanyaan yang ada.

MetaTag :
Contoh soal CPNS, download soal cpns, soal ujian cpns, soal cpns, lowongan cpns, kumpulan soal cpns, download soal cpns, soal cpns gratis, latihan soal cpns, ujian nasional, soal ujian, bank soal, smp un, bank soal, soal ujian nasional, soal ujian uan, soal ujian un, smp to sma, soal ujian sd, presiksi un, soal ujian sekolah, pembahsan soal un, latihan ujian, kumpulan soal ujian